Apa itu Website? Perlukah saya membuat Situs Web?


Bimakuru.comApa itu Website? Dalam Bahasa Indonesia website diterjemahkan sebagai situs web. Dijaman digital sekarang ini tentu website bukan sebuah hal yang asing.

Terlebih jika anda setiap harinya berkegiatan dan berinterkansi dengan internet. Pastinya website menjadi salah satu hal yang anda sentuh (secara maya) ketika sedang berselancar di internet.

Website atau Situs Web dapat diartikan sebagai sekumpulan halaman web (digital) yang saling berhubungan (atau dapat berdiri sendiri) yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan oleh perorangan, kelompok, atau organisasi.


Sebuah situs web (website) biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan area lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.

Wikipedia

Website adalah …

Dengan kata sederhana, situs web (website) adalah kumpulan halaman web. Halaman web adalah dokumen (digital) yang diakses melalui Internet, seperti ini.

Situs web dapat berisi konten seperti teks, gambar, video, audio. Halaman web adalah apa yang anda lihat di layar komputer (atau layar ponsel) saat anda mengetik alamat web atau saat anda mengklik di suatu tempat pada link atau membuat kueri di mesin pencari.

Halaman web adalah dokumen, biasanya ditulis dalam teks biasa dengan beberapa petunjuk pemformatan Hypertext Markup Language (HTML). Halaman web dapat berisi elemen dari situs web lain dengan penanda markup yang sesuai.


Halaman web diakses dan diangkut dengan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yang mungkin aman atau tidak. Jika aman maka akan menggunakan HTTPS jika tidak maka akan menggunakan HTTP. Aplikasi pengguna, biasanya browser web, menerjemahkan konten halaman sesuai dengan petunjuk markup HTML-nya ke terminal tampilan.

Sebuah situs web di-host di server web, dapat diakses melalui jaringan seperti Internet melalui alamat Internet yang dikenal sebagai Uniform Resource Locator (URL). Semua situs web yang dapat diakses publik secara kolektif dikenal sebagai World Wide Web (WWW).

Situs web mungkin memiliki ukuran yang berbeda. Sebuah situs web hanya dapat memiliki satu halaman sementara situs web lain mungkin memiliki ribuan halaman, tergantung pada apa yang coba disampaikan oleh pemilik situs.

Hal penting lainnya yang terkait dengan sebuah website adalah Home Page (Index). Saat seseorang memberikan alamat webnya kepada Anda, dalam banyak kasus, itu adalah alamat Beranda situs webnya, yang seharusnya memperkenalkan anda pada apa yang ditawarkan situs tersebut, tujuan situs web, atau sesuatu yang terkait dengan pemilik situs web. Dari halaman beranda, anda dapat mengklik link untuk menjangkau bagian lain situs.

Jenis Website (Situs Web)

Sesuai fungsinya, situs web dapat berupa situs web pribadi, situs web komersial, situs web pemerintah, atau situs web organisasi nirlaba. Tetapi kami membahas jenis situs web berdasarkan perilaku mereka atau teknologi yang mereka gunakan.

Dengan teknologi, yang saya maksud adalah metode yang menjadi dasar situs atau metode yang digunakan untuk membangun situs.

Metode ini sebenarnya memutuskan bagaimana situs web menangani datanya, konten, dan bagaimana antarmuka disediakan untuk pengunjungnya. Biasanya divisi semacam ini berurusan dengan programmer dan developer website.

Dengan sudut pandang pengguna, perbedaannya adalah bagaimana dia berinteraksi dengan situs web atau dengan data situs web. Ini adalah:

  • Website Statis
  • Website Dinamis

Website Statis

Situs web statis adalah situs yang menampilkan konten yang sama setiap saat kepada semua pengguna, yaitu situs web atau informasinya tidak berubah seiring waktu dan tetap dalam bentuk yang sama seperti yang dikirim oleh server web.

Situs web statis sebagian besar dikodekan dalam Html dan CSS. Situs web statis relatif mudah dibuat karena hanya membutuhkan HTML dan CSS. Seseorang dapat membuat situs web statis tanpa pengetahuan bahasa-bahasa ini dengan menggunakan perangkat lunak pengembangan situs web seperti Dreamweaver, CoffeeCup, Front Page yang dapat digunakan untuk menguntungkan pengembang.

Saat ini malah banyak muncul berbagai macam Sistem Manajemen Konten yang memudahkan pengembang website untuk membangun Situs Web mereka. Beberapa Sistem Manajemen Konten yang cukup terkenal antara lain adalah WordPress, Joomla, Tumblr, Wix, Blogspot, Magento, Weebly dll.

Website Dinamis

Tidak seperti situs web statis, situs web dinamis menyampaikan informasi dinamis kepada pengguna, yaitu situs web yang dapat berubah seiring waktu ketika dikirim ke pengguna sesuai dengan beberapa kriteria. Situs web dinamis adalah situs web yang berubah atau menyesuaikan sendiri bergantung pada pengguna.

Situs web dinamis dapat menggunakan database yang memverifikasi pengguna dan menampilkan konten berdasarkan profil pengguna. Saat Anda menggunakan akun Facebook Anda, ini menunjukkan informasi yang berbeda kepada pengguna yang berbeda berdasarkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda masukkan. Profil Anda mungkin memiliki sampul profil yang berbeda dan teman Anda mungkin berbeda.

Nah, blog juga bisa termasuk jenis website dinamis kan yaa…

Situs web dinamis dapat dibuat dengan bantuan bahasa pemrograman yang berbeda, beberapa bahasa terkenal adalah JavaScript, PHP, Python, ASP.Net. Kami tidak akan membahas bahasa ini dalam tutorial ini, Anda dapat mempelajarinya dari W3School.com.

Mengapa saya membutuhkan Website?

Sekarang pertanyaannya adalah Mengapa saya membutuhkan website? Jawabannya sangat sederhana, Dengan situs web Anda sendiri, bisnis Anda buka sepanjang hari, setiap hari! Dimanapun Anda berada.

Bahkan saat Anda tidur atau bermain game atau pergi liburan, situs web online atau toko elektronik Anda (situs web eCommerce) dapat menerima pesanan, melayani pelanggan, dan membantu Anda menghasilkan uang!

Internet telah menjadi sumber informasi yang besar bagi orang-orang dari semua kelompok umur. Baik Anda seorang pengusaha atau pelajar, Anda menemukan keuntungan dari tampil di Internet. Ini adalah kemudahan penggunaan dan cara beriklan yang paling hemat biaya.

Anda dapat melakukan hampir semua hal dengan situs web Anda sendiri. Dengan situs web Anda sendiri, Anda dapat:

  • Mempromosikan Produk Anda
  • Mempromosikan Layanan Perusahaan Anda
  • Promosikan Ide anda dengan orang lain
  • Menawarkan layanan 365 * 24 * 7 kepada pelanggan anda
  • Meningkatkan Branding produk Anda
  • Menjangkau Pasar Global
  • Menyebarkan kesadaran tentang layanan baru produk anda
  • Meningkatkan Komunikasi
Kata Kunci lain: membuat website, membuat website gratis, jasa pembuatan website murah, jasa website murah, jasa pembuatan website toko online.

Tinggalkan Balasan