Bimakuru.com – Jika Anda ingin terjun ke dalam dunia usaha, tips sukses bisnis retail ini mungkin akan membantu Anda. Sebagai pemula yang akan masuk di dalam dunia bisnis, tak jarang jika mengalami keraguan untuk memulainya. Hal ini wajar saja terjadi, namun janganlah menjadi penghalang Anda dalam memulai sebuah bisnis terutama bisnis retail.

Berbicara mengenai bisnis retail, apakah Anda sudah mengetahui maksudnya? Jika belum berikut adalah pemaparannya :

Bisnis retail adalah bisnis eceran yang menjadikan pelaku bisnis sebagai penyalur barang atau jasa kepada masyarakat yang berperan sebagai consume akhir. Contoh bisnis retail dalam skala kecil adalah warung rokok, warung kelontong, penjaja sayur, pengasong, dan lain-lain.

Untuk contoh skala besar dalam bisnis retail adalah indomart, alfamart, dan berbagai supermarket serta hypermarket lainnya.

Lalu, apa sajakah kiat sukses yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis retail ini? Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Mulai bisnis kecil-kecilan

Semua hal yang besar berawal dari yang kecil, begitu pula sebuah bisnis retail, semuanya harus dimulai dari nol. Dengan memulai bisnis secara kecil-kecilan Anda akan lebih berpengalaman dalam mengembangkan sebuah bisnis, pasalnya naik turunnya usaha sudah dapat Anda rasakan sendiri. Jadi ketika Anda usaha retail bisnis sedang mengalami keterpurukan, Anda tidak mudah menyerah begitu saja.

Tentu berbeda dengan orang yang memulai usaha dalam skala besar dan bukan dari tangannya sendiri, pastilah jika mengalami keterpurukan akan mudah menyerah dan sulit untuk mengembangkan usahanya, karena belum berpengalaman.

  1. Cermat dalam memperhitungkan laba

Kiat sukses selanjutnya dalam bisnis retail adalah cermat dalam menghitung laba yang diperoleh. Lebih baik memperoleh laba yang sedikit tapi memperoleh omset yang besar, daripada mendapatkan laba yang besar namun perputaran uang menjadi lambat.

  1. Berikan layanan terbaik

Pelayanan yang terbaik kepada pelanggan menjadi kiat sukses dalam menjalankan bisnis retail. Di tengah persaingan dunia bisnis retail yang begitu ketat, pelayanan yang ramah menjadi prioritas utama dalam memperoleh pelanggan tetap.

  1. Perhatikan investasi penunjang usaha

Hal penting yang harus Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis retail adalah dengan melakukan perhitungan secara cermat semua aspek penunjang usaha seperti halnya pegawainya, perlengkapan tokonya, hingga manajemen bisnisnya.

Bisnis Retail

Yang terpenting dalam menjalankan bisnis retail adalah memulai usaha dengan sebaik-baiknya dan menjaga loyalitas dari pelanggan. Janganlah ragu dalam memulai sebuah bisnis, karena memiliki usaha sendiri lebih menguntungkan daripada harus bekerja dengan orang lain.

Comments

comments