Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Kampus mempunyai peran yang amat sangat penting dan strategis dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Perguruan tinggi sebagai center of excellence harus mampu mencipta pada lulusan yang berguna bagi masyarakat luas serta memiliki nilai kompetitif.

Perguruan Tinggi (PT) harus dapat menciptakan atau melahirkan  lebih banyak sumberdaya manusia yang unggul, terlebih dalam menghadapi persaingan global. Dengan semboyan Bersama UNTAN Membangun Negeri, Universitas Tanjungpura berkomitmen untuk ikut ambil bagian dalam Membangun Indonesia.

Dengan status itu, kampus wajib untuk mengembangkan berbagai sektor didalamnya menjadi unggul dan berkualitas. Keunggulan tersebut antar lain mencakup bidang ilmu pengetahuan dan akademik ataupun keunggulan di bidang non-akademik, termasuk di dalamnya pembangunan karakter, integritas, budi pekerti, moralitas, dan nilai-nilai luhur. Sungguh sangat mengejutkan jika di dalam kampus berkembang nilai-nilai yang berkebalikan dengan peran kampus sebagai center of excellence.

Nah, terkait tagline Bersama Untan Membangun Negeri, tentu juga harus diselaraskan dengan kerja dan praktek nyatanya. Berikut ini Visi, Misi dan Tujuan dari Universitas Tanjungpura dalam mencapai cita-citanya.

Visi Untan
Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi Untan
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Tujuan Untan
Dalam tahun 2015-2019 seluruh kegiatan Untan ditujukan untuk membangun Untan sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU).

Bersama UNTAN Membangun Negeri sendiri juga telah menerbitkan berbagai macam Jurnal Ilmiah. Berbagai Jurnal terbitan Untan juga dapat diakses secara digital, pada laman jurnal.untan.ac.id. Berbagai jurnal tersebut antara lain:

  • Jurnal JURAI
  • Jurnal Rekayasa Lingkungan Tropis
  • Jurnal Teknik Lingkungan
  • ICoTE Proceedings
  • Indonesian Journal of Pure and Applied Chemistry
  • Journal of English Language Teaching Innovation and Materials
  • Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
  • Jurnal Edukasi Khatulistiwa
  • Jurnal Fatwa Hukum
  • Jurnal Ilmu Olahraga
  • Jurnal Pengabdi
  • Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
  • Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Jurnal Edukasi Ekonomi
  • LAUT KHATULISTIWA
  • Jurnal Mahasiswa Teknik Lingkungan
  • International Journal of Information Technology, Computer Science and Management

Portal Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura (PJI-UNTAN) merupakan Portal Jurnal milik Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Portal ini menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Universitas Tanjungpura.

Bersama UNTAN Membangun Negeri, Pilihan Fakultas Eksakta

Peserta didik di UNTAN dapat memilih Jurusan di Fakultas sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Pilihan Fakultas yang ada di UNTAN terdiri atas sembilan fakultas. Yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Serta masih ada lagi Kehutanan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi didirikan pada tahun 1959 dan juga merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura. Fakultas Eonomi terus mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Kalbar untuk menjadi Pusat Informasi Ekonomi di Kalbar. Dan menjadi lembaga dengan lulusan kompeten untuk kondisi ekonomi Indonesia lebih baik.
  • Fakultas Pertanian
    Pada tahun 2020, Bersama UNTAN Membangun Negeri, Fakultas Pertanian ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam ilmu pertanian. Fakultas Pertanian terus mengembangkan ilmu pertanian lingkungan dan lanjutan di daerah lokal atau nasional. Program Studi Diploma: Budidaya Tanaman Pertanian. Program Studi Sarjana: Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan serta Manajemen Sumber Daya Perairan. Program Studi Pascasarjana: Magister Agroteknologi, Magister Agribisnis.
  • Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik terus menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial guna kemjuan bangsa dan terus mengembangan penerapan ternologi dalam pembangunan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi. Bersama UNTAN Membangun Negeri Program Studi Diploma: Perpustakaan. Program Studi Sarjana: Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan IPS. Program Studi Pascasarjana: Magister Administrasi Pendidikan, Magister Pendidikan Sosiologi, Magister Teknologi Pembelajaran, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Ekonomi, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNTAN memiliki visi menjadi sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan. Bersama UNTAN Membangun Negeri FMIPA memiliki 9 program studi dengan jenjang pendidikan sarjana (S1) dan 1 program studi dengan jenjang pendidikan magister (S2). Program Studi Sarjana: Sistem Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geofisika, Ilmu Kelautan, Statistik. Program Studi Pascasarjana: Magister Kimia.
  • Fakultas Kedokteran
    Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan profesional di regional, nasional, maupun internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Kami membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan.

Bersama UNTAN Membangun Negeri, Pilihan Fakultas Non-Eksakta

  • Fakultas Hukum
    Pada tahun 2020, Fakultas Hukum ingin menjadi lembaga pusat studi hukum di kalimantan barat, menghasilkan SDM lebih baik dapat bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Bersama UNTAN Membangun Negeri, Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan dan melanjutkan, Fakultas Hukum terus menghasilkan lulusan yang baik dengan kompetensi akademik yang tinggi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia secara umumnya dengan tujuan selalu mempertahan kan nilai2 luhur serta aspek aspek sosial dalam kehidupan berpolitik atau sebaliknya.
  • Fakultas Kehutanan
    Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (UNTAN) memiliki visi pada tahun 2020, menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Bersama UNTAN Membangun Negeri Fakultas Kehutanan juga memproduksi sarjana profesional yang kompeten untuk kebutuhan lokal, nasional, dan internasional. Fakultas Kehutanan memiliki 3 program studi dengan jenjang pendidikan sarjana (S1) dan 1 program studi dengan jenjang pendidikan magister (S2). Program Studi Sarjana: Kehutanan. Program Studi Pascasarjana: Magister Ilmu Kehutanan, Magister Ilmu Lingkungan.

 

Bersama UNTAN Membangun Negeri, Alamat Kampus

Bersama UNTAN Membangun NegeriKampus Universitas Tanjungpura (UNTAN) beralamatkan di Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124). Dapat dihubungi melalui telepon dengan nomor (0561) 739630. Fax: (0561) 739637. Dan dapat juga dibuhungi melalui surat elektronik (surel/email) di alamat untan_59@untan.ac.id.

 

Comments

comments