Bagaimana Cara Daftar Zoom Meeting

Bagaimana Cara Daftar Zoom Meeting – Di masa Work From Home (WFH) seperti sekarang ini banyak istilah yang sering kita dengar seperti Webinars, Video Conferencing, Web Conferencing dan juga Online Meeting. Tidak hanya WFH sih, School From Home juga menggunakan aplikasi-aplikasi online untuk melakukan kegiatan bersama.

Dari berbagai macam aplikasi yang sering dipakai saat ini, salah satu yang populer adalah Zoom Meeting. Dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini memungkinkan tatap muka secara daring/online untuk membahas sebuah topik, seperti layaknya bertatap muka langsung.

Aplikasi Zoom Meeting sendiri menyediakan beberapa fitur atau fungsi. Berbagai fitur di Zoom ini mempunyai empat macam paket yang bisa digunakan, yaitu Zoom Meetings Basic (Free/Gratis), Pro, Bussiness dan Enterpise. Pada layanan Basis sendiri dapat mendukung hingga 100 pengguna.

Aplikasi Zoom Meeting

Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) adakah sebuah perusahaan teknologi komunikasi Amerika Serikat yang berkantor pusat di San Jose, California. Perusahaan ini menyediakan layanan perangkat videotelefoni dan obrolan daring berbasis P2P komputasi awan yang digunakan untuk telekonferensi, bekerja jarak jauh, belajar jarak jauh, dan berhubungan sosial.

Layanan ini diberikan gratis untuk pertemuan konferensi video hingga 100 pengguna, dengan dibatasi waktu penggunaan hingga 40 menit. Zoom didirikan oleh insinyur dan mantan eksekutif perusahaan Cisco Webex, Eric Yuan, pada tahun 2011, dan meluncurkan layanan perangkat lunak sejak 2013.

id.wikipedia.org/wiki/Zoom_Video_Communications

Download Aplikasi Zoom Meeting

Zoom Meeting ini dapat anda akses melalui aplikasi yang dapat anda install baik itu di PC/Laptop dan perangkat Smartphone anda. Selain itu anda juga dapat mengkases Zoom Meeting hanya menggunakan browser aja, namun sepertinya dari pihak Zoom sekarang lebih mengarahkan penggunakan mengakses lewat aplikasi yang sudah terinstall.

Download Aplikasi Zoom Meeting di PC/Laptop

Download APlikasi Zoom Meeting di Smartphone


Bagaimana Cara Daftar Zoom Meeting? (menggunakan PC/Laptop)

Berikut cara mendaftar akun aplikasi Zoom Meeting menggunakan pc/laptop. Berikut coba kami bantu simulasikan cara mendaftar akun aplikasi Zoom Meeting lengkap dengan gambarnya.

  • Pastikan anda dapat mengkases url https://zoom.us/. Klik pada bagian SIGN UP, IT’S FREE di bagian kanan atas.
  • Isikan Bulan-Tanggal-Tahun Lahir, lalu klik Continue.
  • Isikan Email ada sebagai akun Zoom anda. Lalu, klik Sign Up.
  • Selanjutnya, cek inbox email anda yang tadi didaftarkan sebagai akun Zoom. Cari email baru dari Zoom dengan judul terkait Aktivasi Akun Zoom. Klik pada Activate Account atau tautan/link panjang di badan email tersebut.
  • Setelah klik Aktivasi tadi, akan ditersukan membuka halaman/tab baru di laman Zoom. Akan muncul pertanyaan Are You Signing up on behalf of a school? Saya pilih No. Karena akun ini saya daftarkan sebagai akun pribadi.
  • Langkah selanjutnya isikan Nama Depan, Nama Belakang dan Password akun Zoom anda. Pada bagian Password minimal harus terdiri dari 8 karakter; kombinasi dari angka dan huruf; serta minimal ada Huruf Besar dan Huruf Kecil.
  • Contoh kombinasi Huruf-Angka pada password: Rahasia123, 123Rahasia, aku789Saya.
  • Berikutnya anda diminta mengajak kawan-kawan anda untuk bergabung mendaftar akun Zoom, Skip saja tidak masalah. Klik/Centang pada bagian reCaptcha (i’m not a robot), lalu klik pada bagian Skip this step.
  • Selamat, anda sudah memiliki Akun Zoom Meeting

Bagaimana Cara Daftar Zoom Meeting di Smartphone?

Untuk mendaftar/membuat akun Zoom Meeting di smartphone langkah-langkahnya kurang lebih sama seperti yang dilakukan ketika mendaftar di PC/Laptop seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Nah, untuk tampilan atau screenshot dari smartphone saya tampilkan di bawah ini.

Semoga bermanfaat, Salam.