Bimakuru.com

Cara Membuat Blog, Tips Memulai di 2020

Cara Membuat Blog

Bimakuru.comCara Membuat Blog, Tips Memulai di 2020. Ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini terkait membangun, dan menayangkan cerita Anda secara online melalui media weblg atau blog pribadi anda.

Tampilkan Cerita Anda Secara Online

Anda memiliki cerita untuk dibagikan: cerita kecil, cerita besar, cerita bermakna. Tetapi karena tidak mengetahui tahapan pasti yang harus diambil, Anda ragu-ragu untuk memulai membuat blog.

Jika Anda belum pernah melalui prosesnya, mendesain blog Anda, menemukan host yang tepat, membuat konten, dan menjadi fasih dalam SEO akan terasa menakutkan.

Tapi begitu Anda mengetahui prosesnya, ada jalan yang langsung. Begitu banyak sehingga ada ratusan juta cara membuat blog di dunia. Banyak dengan blogger aktif yang memposting setidaknya sebulan sekali.

Satu-satunya kelemahan dari blog yang begitu mudah dibuat dan diperbarui adalah mereka semua bersaing untuk mendapatkan perhatian yang terbatas. Ini berarti Anda perlu membuat blog yang indah dengan konten berwawasan agar menonjol. Jadi, anda tidak hanya perlu tahu cara membuat blog, namunjuga bagaimana mempromosikannya.

Dan, konten itu perlu diposting secara teratur karena orang tertarik pada postingan cara membuat blog terbaru dan paling relevan yang tersedia.

Dengan melakukan proses langkah demi langkah, Anda dapat dengan cepat memperbanyak pemirsa dan berbagi konten yang bermakna dengan dunia.

Berikut ini cara membuat blog, tahap demi tahap yang perlu anda lalui.

Pilih Nama Domain, Langkah Awal Cara Membuat Blog

Sebelum Anda mendesain blog yang menarik, bagian awal dari cara membuat blog adalah Anda perlu memilih nama domain – dan menemukan tempat untuk menghostingnya. Nama domain adalah apa yang diketik pengguna di bilah alamat untuk sampai ke situs web Anda. Ini basis rumah Anda untuk seluruh merek Anda.

Nama domain terbaik bukanlah yang lucu atau yang mencolok; mereka adalah nama domain yang mudah diingat orang. Nama domain yang bagus juga membantu Google mengetahui tentang blog Anda.

Misalnya, “ToddTalksThaiFood” untuk blog tentang makanan Thailand lebih baik daripada “SawasdeeFromSiam”. Meskipun nama domain kedua terhubung dengan bahasa lokal dan “pintar”, orang akan kesulitan untuk mengetahui cara mengeja sawasdee & mdash plus, nama tersebut tidak menjelaskan tentang apa situs web tersebut.

Melalui Bluehost, Anda berdua dapat membeli nama domain Anda (benar-benar menjadikannya milik Anda) dan menggunakan layanan hosting web mereka.

Tips Cara Memilih Nama Domain

Pilih Host Web, bagian dari cara membuat blog

Setelah Anda memilih nama domain, Anda membutuhkan seseorang untuk menghostingnya. Meskipun ada lusinan opsi di luar sana, idealnya Anda ingin memilih penyedia hosting yang berspesialisasi dalam WordPress – platform blog paling populer di dunia.

Didukung oleh komunitas besar pengguna yang berdedikasi, WordPress adalah open-source, yang berarti Anda mendapat manfaat langsung dari semua kerja keras yang dilakukan oleh pengikut setianya ke dalam platform. Jadi, salah satu pilihan tepat adalah dengan memanfaatkan WordPress sebagai bagian dari cara membuat blog anda.

Ada ribuan plugin dan desain tema gratis yang dapat Anda pilih, menyediakan template dan alat yang Anda butuhkan untuk memastikan cara membuat blog Anda sesuai dengan merek atau konten Anda.

Namun, WordPress tidak hanya untuk blogger rumahan. Ini cukup kuat untuk beberapa perusahaan terbesar di dunia – jadi, itu mungkin akan memiliki cukup banyak giddyup juga untuk menjaga blog Anda berjalan dengan lancar.

Bluehost menawarkan berbagai paket hosting WordPress, dari paket standar untuk blogger pertama kali, hingga paket hosting yang dikelola sepenuhnya untuk mereka yang berencana membuat bisnis di blog mereka.

Cara Membuat Blog dengan WordPress

Pilih Tema Desain Blog

Saat Anda mencari tahu cara membuat blog, langkah penting untuk mendesain blog yang sukses adalah memilih tema yang tepat.

Tema Anda adalah keseluruhan tampilan, nuansa, dan gaya situs web Anda. Ini termasuk hal-hal seperti skema warna, tata letak, dan elemen gaya. Intinya, tema situs web Anda adalah representasi langsung dari merek Anda dan berdampak langsung pada pengalaman pengguna Anda.

Dengan ribuan tema untuk dipilih, proses pemilihan tema yang tepat dalam proses cara membuat blog Anda bisa menjadi sangat berat. Untungnya, Anda dapat menggunakan filter fitur WordPress untuk mempersempit pencarian Anda.

Fitur filter tema memungkinkan Anda mengurutkan berdasarkan subjek (dalam hal ini, Anda menginginkan tema blog), serta tata letak dan aspek desain penting lainnya.

Ini termasuk (tetapi tentu saja tidak terbatas pada):

Setelah Anda menemukan tema yang sempurna sebagai tahap cara membuat blog, inilah saatnya untuk mulai menyesuaikannya, sehingga cara membuat blog Anda menonjol dari yang lain sebagai milik Anda yang unik.

Cara Membuat Blog

Tip Desain untuk Kustomisasi

Anda ingin menyesuaikan cara membuat blog Anda untuk fungsionalitas dengan menambahkan berbagai plugin WordPress. Namun pada awalnya, mengikuti beberapa pedoman desain dasar akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

Oke, lanjut membahas bagian dari cara membuat blog ini…

1) Tingkatkan Ruang Putih untuk Mengurangi Kekacauan

Kami telah melewati beberapa dekade masa awal desain web. Ingat tombol berkedip dan situs web yang berantakan? Itu bukan cara membuat blog memulai dan mendesain blog.

Anda tidak ingin membuat situs web yang mengalihkan perhatian pemirsa dari inti konten Anda. Cara terbaik untuk membuat orang tetap fokus pada apa yang Anda katakan di cara membuat blog Anda adalah dengan membuat apa yang disebut ruang putih.

Ruang putih adalah ruang kosong di sekitar salinan dan gambar yang akan menjaga desain situs web Anda tetap bersih, sederhana, dan efektif.

2) Jangan Gunakan Foto Stok – Mereka Lebih Berbahaya daripada Baik

Kenyataannya adalah bahwa stok foto tidak menguntungkan blog Anda. Anda benar-benar ingin memasukkan media tambahan dengan teks dalam posting Anda, tetapi menggunakan gambar orang lain tidak memungkinkan blog Anda menjadi unik.

Jika Anda punya uang (atau keahlian), memasukkan gambar yang diambil secara profesional adalah cara terbaik untuk melakukannya. Tentu saja, itu bisa mahal.

Ya kalau ada dana berlimpah, cara membuat blog menjadi lebih mudah hahaha….

Untungnya, ponsel Anda sekarang cukup kuat untuk menangkap gambar yang dapat melengkapi posting blog Anda. Ini adalah solusi termudah saat Anda pertama kali mencari tahu cara membuat blog dan apa yang harus dikirim.

3) Konsistensi Dengan Ikon

Iblis ada dalam detailnya. Meskipun rata-rata pengunjung blog Anda tidak akan secara sadar memperhatikan jika Anda telah memilih ikon sosial Anda dari berbagai tempat, secara tidak sadar, hal itu akan memengaruhi seberapa profesional mereka menganggap blog Anda.

Anda tidak hanya ingin semua ikon Anda menggunakan desain dan font yang sama, tetapi Anda juga ingin menyimpan semua font di seluruh situs web dalam kategori yang sama – hanya dengan beberapa pengecualian.

4) Warna Kuat

Meskipun Anda ingin sangat bergantung pada ruang putih, saat Anda menggunakan warna, warnanya harus sangat kontras. Blog yang dirancang dengan baik memudahkan seseorang untuk menggunakan, membaca, dan berbagi.

Dengan menggunakan warna kontras, Anda meningkatkan keterbacaan dan retensi.

5) Jangan Gila Dengan Desain

Ada sejumlah konvensi desain dasar yang ingin Anda gunakan saat mencari tahu cara memulai blog. Anda tidak ingin membuat situs web Anda begitu eksentrik dan unik sehingga tidak memenuhi harapan fungsional dasar pengguna.

Masih banyak ruang untuk berkreasi dalam parameter dasar web deisgn ini. Tetapi ketika Anda baru memulai, sebaiknya Anda bekerja di dalam “kotak”, daripada berpikir di luar kotak.

Beberapa konvensi blog standar yang dapat digunakan meliputi:

poin-poin penting untuk memudahkan pemindaian

Headlines Buruk Blog Bog Down

Jika judul posting blog Anda tidak menarik, tidak ada yang akan membaca cukup jauh untuk menyadari betapa hebatnya konten Anda yang lain. Judul Anda adalah satu-satunya kesempatan Anda untuk menarik pembaca agar mengklik postingan dan menjelajahi pemikiran Anda tentang suatu topik.

Judul terbaik menjanjikan pembaca Anda menjawab dengan tepat masalah yang mereka coba selesaikan saat itu. Inilah salah satu alasan artikel “Bagaimana” sangat efektif.

Jika Anda tidak yakin apa subjek untuk judul (dan posting blog) berikutnya, ada beberapa cara berbeda untuk menentukan konten apa yang paling sesuai dengan target pasar Anda:

Setelah topik Anda diturunkan, Anda pasti ingin fokus membuat judul dengan pukulan. Kunci dari tajuk utama yang menarik adalah menggunakan kata kerja yang aktif dan dinamis. Secara umum, kata sifat akan membebani judul, sementara kata sifat mendorongnya ke depan.

Anda juga ingin menggoda pembaca Anda tanpa memuaskan mereka sepenuhnya – biarkan itu untuk sebagian besar posting. Terlalu sering, berita utama ditulis sedemikian rupa sehingga pembaca biasa bahkan tidak perlu membaca kalimat utama untuk menyembuhkan rasa ingin tahunya.

Namun, jangan menipu pembaca Anda. Anda mungkin mendapatkan banyak klik pada awalnya dengan berita utama yang menipu, tetapi Anda akan merusak reputasi dan merek Anda – serta memberi Anda label “click-baiter”.

Tulis Intro Blog yang Menarik Perhatian

Bagian ini juga masih dari tahap cara membuat blog. Setelah judul Anda menarik penonton, jangan berhenti. Fakta bahwa Anda telah membuat mereka tidak membaca berita utama sangatlah besar – banyak sekali orang Amerika yang hanya membaca berita utama.

Tapi, Anda sudah berhasil mengalahkan jebakan ini. Jadi sekarang yang harus Anda lakukan adalah membuat mereka tetap terlibat.

Yang tentu saja tidak mudah.

Kuncinya adalah memberi tahu pembaca Anda mengapa apa yang Anda tulis itu penting: bukan hal penting yang tidak berwujud, tetapi sesuatu yang penting bagi mereka secara khusus – saat ini.

Betul sekali; itu tidak hanya harus penting, tetapi juga harus ada kesegeraan untuk itu. Lanjut bahas cara membuat blog….

Kesalahan umum yang dilakukan orang saat menulis posting blog pertama mereka adalah melakukan kesalahan karena terlalu akademis atau terlalu kasar. Anda benar-benar menginginkan fakta nyata dalam pendahuluan Anda – jika tidak, mengapa orang harus mendengarkan Anda? Namun, sangat sedikit orang yang ingin membaca kuliah akademis tentang topik apa pun yang Anda jelajahi.

“Ini tindakan penyeimbangan. Tapi kamu bisa melakukannya. Temukan saja suaramu dan percayalah.”

Tips Membuat Judul Menarik dengan Headline Generator Tools

Jadikan Konten Blog Anda Berarti

Setelah anda mempraktekan cara membuat blog. Selanjutnya anda hanya perlu mengupdate. Tidak seperti konten YouTube, yang merupakan lubang hitam bagi pengguna (terutama saat larut malam), dibutuhkan lebih banyak upaya untuk terlibat dengan blog. Ini berarti Anda harus membuatnya sepadan dengan usaha audiens Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menepati janji yang dibuat oleh judul utama Anda – berikan solusi dan saran yang Anda katakan akan Anda lakukan.

Tujuannya adalah untuk membuat solusi (atau saran) Anda untuk masalah apa pun yang dihadapi pembaca Anda (tidak tahu bagaimana membuat kari Thailand yang enak, misalnya) sederhana dan tidak mungkin diabaikan.

Format Posting yang Ramah Pemindaian

Bahkan pembaca Anda yang paling berdedikasi akan mulai memindai entri blog Anda untuk mencari informasi yang paling relevan dengan situasi mereka.

Ada dua cara utama untuk membantu mereka melakukan ini: subjudul dan poin-poin.

Karena Anda tidak tahu apa yang sudah diketahui pembaca Anda, seringkali penting untuk menyertakan informasi latar belakang tentang topik Anda.

Untuk pembaca yang sudah memahami masalah yang Anda tangani, subjudul membantu mereka melewatkan informasi latar belakang untuk mendapatkan apa yang baru dan penting bagi mereka.

Anda akan ingin menggunakan subhead setiap kali Anda beralih ke subtopik yang berbeda dalam posting blog – setiap beberapa paragraf seringkali merupakan langkah yang baik bagi kebanyakan pembaca.

Ada beberapa kendala subhead yang ingin Anda hindari:

Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Sekarang setelah Anda memiliki blog yang bagus, dengan konten menarik, di hosting di layanan papan atas, Anda hanya perlu membuat blog anda mudah ditemukan di mesin pencari.

Mencegah postingan media sosial promosi Anda menjadi viral, penelusuran organik akan menghasilkan sebagian besar lalu lintas yang menuju ke situs Anda. Ini terutama benar jika Anda tidak berencana mengeluarkan uang untuk memasarkan blog Anda dengan iklan berbayar.

Ini berarti Anda harus menerapkan strategi SEO untuk blog Anda. SEO adalah akronim yang merupakan singkatan dari pengoptimalan mesin pencari – itulah yang membantu blog Anda muncul ketika audiens target Anda mencari topik yang relevan secara online.

Tujuan dari SEO yang baik adalah agar postingan blog Anda memiliki peringkat yang baik di halaman hasil mesin pencari (SERP). Inilah yang muncul setelah Anda mencari kueri di Google dan menekan tombol enter.

Jadi, anda tidak hanya perlu tahu cara membuat blog, namun juga harus mengoptimalkannya.

Penjelasan SEO dari Neil Patel

Kotak Hitam SEO

Google dan mesin pencari lainnya (ya, ada mesin pencari lain) tidak ingin blogger dan pemasar mempermainkan sistem. Tujuan mesin pencari adalah memberikan konten terbaik dan paling relevan untuk setiap pencarian tertentu kepada pengguna.

Jika perusahaan menjelaskan dengan tepat bagaimana mereka melakukan ini, pemasar akan mengeksploitasi kelemahan dalam sistem dan melemahkan tujuan layanan utama mesin pencari.

Untuk pengetahuan terbaik siapa pun yang bukan bagian dari pembuatan algoritme Google, ada lebih dari 200 sinyal peringkat pencarian. Karena Google lebih bergantung pada kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, beberapa sinyal ini menjadi lebih dinamis.

Ketika Anda hanya mencoba memahami cara membuat blog, ini semua mungkin terdengar seperti banyak hal yang harus diperhatikan.

Namun, tidak perlu stres karenanya. Terlepas dari kerumitan SEO secara keseluruhan, demi memulai blog pertama Anda, ada beberapa hal penting yang harus dipahami dan diterapkan.

Penyewa Inti SEO yang Kuat

Terima kasih masih memcara artikel cara membuat blog ini…..

Terlepas dari perubahan hampir setiap hari dalam algoritme pencarian Google, serta perombakan rutin, penyewa inti sebagian besar tetap sama.

Yayasan selalu (dan kemungkinan besar akan selalu) konten berkualitas. Sebagian besar penyesuaian pada algoritme Google sebenarnya adalah perusahaan yang mencoba melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengidentifikasi konten berkualitas yang relevan dengan kueri.

Untuk mendukung Google menemukan blog Anda, Anda ingin memfokuskan upaya SEO Anda di tiga area:

(1) Konten Ramah SEO

Cara terbaik untuk membuat konten Anda ramah-SEO adalah dengan menggunakan kata kunci. Kata kunci adalah kata atau frasa tunggal yang cenderung dimasukkan dalam kueri yang relevan dengan entri blog Anda.

Sudah lama berlalu saat Anda ingin memasukkan kata kunci dengan canggung sebanyak mungkin ke dalam teks Anda. Jika Anda secara alami dapat mengerjakan satu atau lebih kata kunci ke dalam posting blog 500 kata beberapa kali (termasuk di tajuk berita), maka Anda melakukan pekerjaan dengan baik!

Untuk memastikan Anda menargetkan kata kunci yang tepat dalam posting Anda, Anda akan ingin melakukan penelitian kata kunci.

Ada banyak alat di luar sana untuk membantu Anda melakukan ini (beberapa di antaranya bahkan gratis). Salah satu opsi berbayar terbaik adalah Ahrefs.

Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci yang melibatkan banyak kata dan, sebagai hasilnya, mewakili permintaan pencarian yang lebih spesifik – dan lalu lintas pencarian yang berkualitas.

Saat datang dengan kata kunci ekor panjang, gunakan beberapa fitur pencarian Google sendiri untuk membantu menyempurnakan penggunaan kata kunci (semantik) terkait dan subpos potensial untuk digunakan. Misalnya, gunakan Pelengkapan Otomatis Google saat Anda mengetik kata kunci untuk melihat variasi populer pada pencarian.

Kemudian, klik enter dan cari lebih banyak wawasan di bawah bagian “Orang Juga Bertanya” dan bagian “Pencarian terkait dengan” di bagian bawah SERP.

Meskipun penggunaan strategis kata kunci sangat penting untuk muncul dalam pencarian yang relevan, Anda akan menemukan bahwa jika Anda menulis konten berkualitas, sering kali secara alami akan menyertakan kata kunci yang berguna.

(2) Membangun Dengan Tautan Balik (backlink)

Tautan balik pada dasarnya adalah bagian teks yang dapat diklik di situs web yang membawa pengunjung ke situs web Anda.

“Semakin banyak backlink yang dimiliki situs Anda, semakin baik.”

Ini karena mesin telusur berasumsi bahwa entitas lain tidak akan menautkan ke situs web Anda kecuali situs Anda memiliki nilai.

Idealnya, Anda akan mendapatkan tautan balik ke blog Anda dari situs web yang diakui Google memiliki otoritas di ceruk pasar Anda.

Jika New York Times memberi blog Anda shoutout dengan backlink, lebih baik Anda yakin itu akan berdampak nyata pada SEO Anda. Namun, jika situs web yang dianggap memiliki tautan bernilai kecil ke situs Anda, itu tidak banyak membantu Anda.

(3) Bekerja Dengan Struktur Situs Web

Ada beberapa faktor dalam bagaimana situs web Anda terstruktur secara teknis yang akan memengaruhi upaya Anda dengan SEO.

Namun, ketiga aspek struktur teknis situs web Anda ini merupakan sinyal peringkat yang sangat penting:

Jika menurut Anda orang menjadi lebih tidak sabar, Anda benar. Ternyata jika butuh satu detik lebih lama untuk memuat halaman Amazon, perusahaan akan kehilangan $ 1,6 miliar dalam penjualan.

Betul sekali; dalam jangka waktu tersebut, sebagian besar pengguna akan keluar dari situs.

Karenanya, Anda ingin menjaga kecepatan memuat blog di bawah tiga detik. Dan itu benar-benar jumlah waktu maksimum absolut yang harus diambil.

Untuk melakukan ini, optimalkan file foto resolusi tinggi, jangan putar video secara otomatis, dan jangan gunakan terlalu banyak plugin WordPress.

Di masa lalu, Anda tidak perlu khawatir tentang sertifikat SSL saat mencari tahu cara memulai blog karena kemungkinan besar Anda tidak menangani informasi pribadi sensitif pengunjung yang perlu dienkripsi dan dilindungi. Namun, sekarang HTTPS adalah faktor peringkat resmi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasang sertifikat SSL.

“Sangat penting untuk memastikan blog Anda responsif seluler.”

Orang-orang semakin bergantung pada ponsel mereka untuk lebih dari pencarian Google cepat – mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca konten, mendengarkan musik, dan menonton video di ponsel mereka.

Google menyadari hal ini dan memberi peringkat situs web yang ramah seluler lebih tinggi daripada yang tidak (semua hal lain relatif sama) untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Bagaimana Anda Memulai Blog yang Hebat? Baru Memulai

Jangan biarkan memulai blog sudah membuat Anda kewalahan. Jika Anda menarik napas dalam-dalam dan memperlambat, cukup mudah untuk menyelesaikan prosesnya selangkah demi selangkah dan mencari cara untuk memulai sebuah blog.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengingat bahwa seluruh proses – mulai dari membuat nama domain hingga meningkatkan SEO Anda – adalah kreatif. Dan, jika Anda akhirnya tidak menyukai desain blog Anda atau berjuang dengan sisi SEO, Anda selalu dapat membuat penyesuaian dan berkembang.

Tidak ada blogger yang terjun ke dalam dan menyelesaikan semuanya dengan benar pada awalnya. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri dan nikmati prosesnya. Pengikut setia blog Anda akan senang Anda melakukannya dalam waktu lama.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara membuat blog ini. Jika topik cara membuat blog ini anda rasa bermanfaat, jangan lupa share agar makin banyak yang membaca.

Sekian dulu artikel terkait Cara Membuat Blog ini, sampai bertemu di kesempatan lainnya.

Sumber: https://www.bluehost.com/how-to-start-a-blog
Exit mobile version