Home » Features » Umum

Category: Umum

40 Aset Pembangunan Anak

40 Aset Pembangunan, Pengembangan Positif untuk Kaum Muda

40 Aset Pembangunan, Pengembangan Kaum Muda Positif – Kerangka Kerja (Framework) 40 Developmental Assets® (40 Aset Pembangunan) ini dibuat oleh Search Institute yang terdiri dari tindakan pencegahan, pengalaman positif, dan kualitas yang dibutuhkan remaja untuk tumbuh sehat, peduli, dan bertanggung jawab.

Aset-aset ini adalah faktor protektif yang telah ditunjukkan secara konsisten, melalui penelitian, untuk melindungi kaum muda dari risiko.

Semakin banyak aset seorang anak memiliki kemungkinan lebih tinggi bahwa anak tidak akan terlibat dalam perilaku seperti: kehamilan remaja, putus sekolah, penyalahgunaan zat, kenakalan atau kekerasan.

Aset adalah pengalaman dan kualitas yang konkret, positif, masuk akal:

  1. Berikan pemahaman tentang apa yang dibutuhkan kaum muda untuk berhasil dan menjadi sehat
  2. Fokus pada solusi daripada masalah
  3. Merupakan prediktor perilaku yang kuat
  4. Faktor pelindung yang menghambat perilaku seperti alkohol dan penyalahgunaan narkoba, hubungan seksual, dan kegagalan sekolah
  5. Faktor peningkatan yang mendorong perkembangan positif
  6. Faktor ketahanan yang membantu remaja mengatasi dan menghindari situasi sulit

Ada dua persediaan aset: aset eksternal dan aset internal. Aset eksternal adalah aset yang berpusat pada pengalaman positif dari orang-orang dan pengalaman dalam kehidupan anak muda. Detail terkait 40 Aset Pembangunan, Pengembangan Positif untuk Kaum Muda ini kami dapat dari laman Youtherie.

Aset internal adalah aset yang berfokus pada kualitas individu yang memandu pilihan positif dan mengembangkan rasa percaya diri, hasrat, dan tujuan. Di bawah kategori eksternal dan internal adalah sub kategori: dukungan, pemberdayaan, batasan dan harapan, penggunaan waktu yang konstruktif, komitmen untuk belajar, nilai-nilai positif, kompetensi sosial, identitas positif.

Aset Eksternal

Dukungan

(1) Dukungan Keluarga

(2) Komunikasi Keluarga Positif

(3) Hubungan Orang Dewasa Lainnya

(4) Lingkungan Peduli

(5) Iklim Sekolah Peduli

(6) Keterlibatan Orangtua di Sekolah

Pemberdayaan

(7) Nilai Komunitas Pemuda

(8) Remaja sebagai Sumberdaya

(9) Layanan untuk Orang Lain

(10) Keamanan

Batas dan Harapan

(11) Batas Keluarga

(12) Batas Sekolah

(13) Batas Lingkungan

(14) Model Peran Dewasa

(15) Pengaruh Peer Positif

(16) Harapan Tinggi

Penggunaan Waktu yang Konstruktif

(17) Aktivitas Kreatif

(18) Program Pemuda

(19) Komunitas Agama

(20) Waktu di Rumah

 

Aset Internal

Komitmen untuk Belajar

(21) Motivasi Berprestasi

(22) Keterlibatan Sekolah

(23) Pekerjaan rumah

(24) Ikatan ke sekolah

(25) Gemar Membaca

Nilai Positif

(26) Peduli

(27) Kesetaraan dan Keadilan Sosial

(28) Integritas

(29) Kejujuran

(30) Tanggung jawab

(31) Menahan diri

Kompetensi Sosial Kompetensi Sosial

(32) Perencanaan dan Pengambilan Keputusan

(33) Kompetensi Interpersonal

(34) Kompetensi Budaya

(35) Keterampilan Perlawanan

(36) Resolusi Konflik Damai

Identitas Positif Identitas Positif

(37) Kekuatan Pribadi

(38) Harga diri

(39) Sense of Purpose

(40) Pandangan Positif tentang Masa Depan Pribadi

Sumber: hxxps://www.youtherie.com/the-assets

Investasi Rumah Subsidi

3 Kota Anti Mainstream untuk Investasi Rumah yang Menggiurkan

Bimakuru.com3 Kota untuk Investasi Rumah Subsidi. Banyak orang yang memutuskan untuk investasi rumah di sekitar Jabodetabek dengan alasan perkembangan yang bagus serta kepastian harga jual yang tinggi. Tapi nyatanya, Indonesia adalah negara luas dengan beragam kota dan kini sedang digalakkan pembangunan dari Sabang sampai Merauke, bukan hanya terfokus lagi di sekitar Ibukota saja.

Tentu saja tujuannya adalah agar seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan hasil dari pembangunan yang semakin memudahkan hidup. Fasilitas serta sarana prasarana semakin banyak, bisa dimanfaatkan sebaiknya – baiknya oleh warga. Seiring dengan itu, muncullah kota – kota dengan potensi besar lainnya yang kini menjadi sunrise property area.

Dimana investasi properti pada kota tersebut dinilai sedang bagus – bagusnya dan menjanjikan keuntungan berlipat ganda. Dimana saja? Berikut adalah 3 kota anti mainstream yang bisa dipilh tuk investasi jual beli rumah menggiurkan:

Palangka Raya

Namanya sedang naik daun akibat isu pemindahan Ibukota dan diduga kuat kota ini adalah pilihan utama. Kota Palangka Raya memang sedang berbenah sekarang, harga jual beli rumah pun sedang meningkat drastis. Bahkan data – data juga fakta terbaru di lapangan menunjukkan hasil yang sama yakni peningkatan harga jual beli rumah. Karena banyak mata sedang tertuju pada kota ini, hal tersebut memang bisa dibilang lumrah terjadi.

Berbagai opsi tipe dan juga variasi range harga hunian tapak hadir disini. Mulai dari hunian tapak subsidi, hunian tapak sederhana sampai hunian tapak mewah turut meramaikan jagad jual beli rumah Palangka Raya. Dari situ bisa disimpulkan bahwa market bisnis hunian tapak disini bukan hanya mengincar masyarakat kelas bawah atau menengah saja. Tetapi juga menyediakan opsi bagi para masyarakat kelas atas yang tertarik menanamkan modalnya dalam kegiatan pembelian landed house disini.

Sidoarjo

Terkenal karena kemajuan dalam bidang industri Sidoarjo kini semakin dilirik untuk menjadi tujuan penanaman modal dalam bidang properti. Rumah dijual di Sidoarjo paling banyak berupa rumah subsidi pemerintah, untuk menjaring pembeli dari kalangan pekerja pabrik. Ketersediaan lahan masih luas, sehingga harga rumah dijual di Sidoarjo belum semahal harga rumah dijual Surabaya yang merupakan kota tetangganya.

Tapi bukan berarti rumah dijual di Sidoarjo berupa landed house murah saja. Ada pula yang berupa landed house mewah dengan segala kelengkapan fasilitas serta sarana prasarana, namun jumlahnya tidak begitu banyak. Menurut prediksi, ROI bila Anda membeli rumah dijual di Sidoarjo bahkan bisa mencapai 100 persen apalagi kenyataannya memang banderol hunian diperjualbelikan disini belum mencapai titik jenuh.

Maros

Kota ini sepert sedang kebanjiran proyek strategis nasional seperti salah satunya adalah proyek Trans Makassar – Gowa – Maros. Tentu saja keadaan itu tidak dibiarkan lewat begitu saja oleh pengembang. Buktinya Ciputra Group sudah duluan membangun pemukiman berskala besar disini.

Didukung pula oleh hadirnya Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang semakin memudahkan mobilitas serta aksesibilitas, Maros meman layak disebut jadi sunrise area property.

Website Penyedia Gambar Vector Gratis

Website Penyedia Gambar Vector Gratis

Bimakuru.comWebsite Penyedia Gambar Vector Gratis. Vektor grafis adalah pembuatan gambar digital melalui urutan perintah atau pernyataan matematika yang mengkolaborasi/menempatkan garis dan bentuk dalam ruang dua dimensi atau tiga dimensi. Dalam fisika, vektor adalah representasi kuantitas dan arah pada saat bersamaan.

Ribet ya pernyataan di atas tadi. Intinya di artikel ini saya akan berbagi info terkait website penyedia gambar vector gratis. Kenapa Gambar Vector? bagi yang sudah paham, mohon skip aja langsung ke pokok artikel.

Nah bagi yang belum tahu, intinya adalah dengan menggunakan vector, maka desain atau gambar digital tidak pecah bila di perbesar. Berbeda dengan gambar yang sudah fix berformat jpg, png dan sejenisnya yang sudah memiliki resolusi tetap, akan nampak blur jika di perbesar berkali-kali dari ukuran aslinya.

Website Penyedia Gambar Vector Gratis

Berkaitan dengan kerjaan saya di Unit Media, maka seringkali saya harus berurusan dengan desain grafis. Untuk mempermudah dan mempercepat kerja saya, maka website penyedia gambar vector gratis menjadi penolong saya selama koneksi internet lancar.

Langsung saja ke inti pokok artikel ini, maka berikut ini deretan laman situs penyedia file vector gratisan yang dapat anda donlod sepuasnya.

Freepik.com

Pixabay.com

Vexels.com

All-Free-Download.com

Vecteezy.com

Allvectors.com

Freevector.com

Vectorstock.com/free-vectors

Pngtree.com/free-vectors

1001freedownloads.com/free-vectors/

Meskipun deretan situs diatas adalah penyedia Vector Free alias Gratisan, namun beberapa membatasi jumlah unduhan per hari untuk per user/pengguna. Tips: buatlah akun di masing-masing situs tersebut, kadang untuk pengguna/akun yang terdaftar jumlah download atau unduhan leih banyak atau malah unlimited dibanding yang akun tidak terdaftar.

Modem Indihome ZTE F609

Cara Mengganti SSID & Password Modem Indihome ZTE F609

Bimakuru.com – Masih terkait tekno nih, setelah sebelumnya di blog ini pernah membahas mengenai Cara Mengganti Nama SSID & Password Wifi Modem Indihome Huawei HG8245A. Nah, masih seputar perangkat internet kali ini kita akan membahas Modem Indihome ZTE F609.

Kebetulan setelah menempati tempat baru, kami berencana memasang jaringan internet. Baru setelah dua tahun ini terealisasi karena alasan jaringan penuh. Sempat berencana coba jaringan selain indihome, namun banyak alasan yang membuat kami belum juga memilih.

Mari kita coba…, btw tapi khusus hanya untuk perangkat modem ZTE F609 saja yaaa.

Connect dan Login Modem Indihome ZTE F609

Langkah pertama yang perlu anda pastikan sebelum anda dapat mengganti nama SSID & password wifi indihome, adalah anda sudah terkoneksi dengan modem. Koneksi bisa dengan wifi atau kabel LAN.

Setelah terkoneksi dengan baik, akses-lah alamat IP : 192.168.1.1 , akses menggunakan browser yang sudah ada di laptop atau komputer anda (Chrome, Firefox, Opera, dll).

Lihat gambar di awal postingan ini

Setelah muncul halaman login seperti gambar diatas, gunakan login berikut untuk dapat masuk ke dashboard admin.

  • Username : user
  • Password : user

Jika berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman berikut.

Modem Indihome ZTE F609

Sampai langkah ini, dapat dipastikan untuk proses pergantian nama SSID Wifi Modem Indihome ZTE F609 dan juga penggantian passwordnya dapat dilakukan selanjutnya.

Oke, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

Monggo….

Ganti Nama SSID / WIFI Modem Indihome ZTE F609

Modem Indihome ZTE F609

Klik menu +Network >> WLAN >> SSID Settings.

Pada bagian SSID Name silahkan ganti/isikan nama SSID/WIfi yang anda inginkan.

Contoh pada gambar di atas, maka SSID Wifi nantinya adalah nama_WIFI.

Setelah selesai mengganti nama SSID Wifi jangan lupa klik tombol Submit.

Ganti Password WIFI Modem Indihome ZTE F609

Modem Indihome ZTE F609

Untuk mengganti password silahkan klik menu +Network >> WLAN >> Security

  • Authentication type : WPA / WPA2-PSK
  • WPA Passphrase : password wifi
  • WPA Encryption : TKIP+AES

Setelah selesai setting/mengganti password jangan lupa klik tombol Submit.

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi – Salah satu cara membuat brand image produk usaha salah satunya adalah dengan menggunakan kostum atau seragam kerja. Bukan hanya sebuah pakaian saja, seragam kerja juga sebagai identitas karyawan atau personil bisnis anda. Nah, Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi adalah solusi bagi branding produk usaha anda.

Pemilihan seragam kerja tentu menjadi kebijakan masing-masing setiap perusahaan, jadi wajar jika berbeda. Selain penampilan luar, jenis kain yang dipakai juga penting, kain yang digunakan sebagai bahan dasar seragam ini harus nyaman. Hal ini tentu berkaitdan dengan kenyamanan karyawan dalam bekerja mengenakan seragam.

Beberapa jenis kain yang biasanya dijadikan bahan seragam kerja antara lain Drill, Tropical/ Oxford, Katun, Savana, dan lain- lain. Selain dari sisi bahan kain, model dan desain seragam kerja juga perlu disesuaikan dengan fungsinya dan brand jenis usaha perusahaan.

Seragam Kerja, hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat

  • Profil Usaha
    Terkait profil usaha/perusahaan, biasanya terdapat logo. Sehingga seragam kerja sedapat mungkin disesuaikan warna dan coraknya dengan logo usaha/perusahaan yang sudah ada sebelumnya.
  • Bidang Usaha
    Nyaman tidaknya seragam akan tergantung pada pemilihan bahan kain yang sesuai dengan jenis bidang usaha perusahaan. Misalnya jika berada di ruang ber-AC atau di lingkungan udara dingin tentunya bahan kain yang tebal lebih cocok. Lain lagi jika pekerja di luar ruangan (panas), maka pemilihan model dan bahan yang tidak terlalu tebal. Sehingga tidak panas, model lengannya yaitu lengan panjang sehingga lebih safety. Dapat dipesan di Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi.
  • Pemakai Seragam
    Model dan bahan seragam untuk tenaga teknis dan tenaga admin pastinya berbeda. Biasanya tenaga admin lebih memiliki seragam kerja yang lebih modis.
  • Desain dan Model Seragam Kerja
    Ada kaitannya dengan poin Pemakai Seragam, maka desain dan model seragam kerja pastinya akan tergantung pada karyawan yang memakai seragam.

Strategi Pemasaran Bisnis

Jika membahas usaha bisnis baik itu produk ataupun jasa pastinya juga akan menyentuh urusan Strategi Pemasaran Usaha. Nah, strategi pemasaran sendiri ini juga memiliki teori dalam prakteknya terkait Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi. Sudah banyak pakar yang membahas dan melahirkan berbagai macam teori tarkait Strategi Pemasaran Bisnis Usaha.

Berikut ini beberapa Teori Strategi Pemasaran menurut para ahli manajemen

“Strategi pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan besarnya pengeluaran pemasaran” – Philip Kotler.

Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan pengembangan kegiatan usaha yang meliputi kebijakan harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang atau jasa yang diarahkan pada suatu proses pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. – American Marketing Association

Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan. – Guiltinan dan Paul

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetapkan harga suatu produk sampai memasarkannya serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memberi kepuasan pembeli aktual serta potensial. – Stanton

Ada yang lain, perlu ditambahkan ?

Setiap perusahaan yang bersaing dalam suatu industri mempunyai strategi bersaing, termasuk juga Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi. Tidak selalu pada upaya mengenalkan produk sendiri namun juga harus paham produk dari pesaing dalam segmen industri yang sama. Ikhtiar dalam mengenali serta mempelajari pesaing adalah masalah utama yang perlu diselesaikan untuk melakukan perencanaan yang efektif.

Perusahaan seharusnya membandingkan terus-menerus produk, harga, saluran distribusi, dan promosi mereka dengan yang dilakukan oleh para pesaing dekatnya. Dengan cara ini, perusahaan dapat secara jelas melihat bidang-bidang keunggulan dan kelemahan pesaing potensial. Perusahaan dapat melancarkan serangan yang lebih mengena terhadap pesaingnya. Selain itu juga menyiapkan langkah pertahanan yang lebih kuat terhadap serangan lawan.

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi, Katalog

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi

Berbagai keunggulan ditawarkan oleh perusahaan konveksi seragam kerja Surewi ini. Maka tak salah jika urusan seragam anda dan perusahaan anda ataupun komunitas anda, percayakan pada Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi.

Berikut ini keunggulan dari Surewi sebagai konveksi seragam kerja:

  • Berpengalaman
  • Kualitas Terbaik
  • Harga Bersahabat
  • Bergaransi
  • Pengiriman Tepat Waktu
  • Ukur Badan dan Size

CV. SUREWI WARDROBE
Jl. Tanah Seratus No.15 RT.05/RW.11, Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug. Tangerang 15151.
Telp : 021-7333240
SMS / WA : 0878-0800-8637

belajar online kursus online

7 Startup Inovatif untuk Belajar Online

Bimakuru.com – Kemajuan teknologi, khususnya digital sudah banyak menyentuk berbagai aspek termasuk pendidikan. Kesempatan untuk meraih pendidikan tidak hanya di sekolah saja namun juga dapat dilakukan Belajar Online. Pendidikan alternatif dengan Belajar Online atau Kursus Online semakin mudah diakses.

Berbagai permasalahan yang muncul dan bersinggungan dengan negara-negara berkembang saat ini, paling sering beririsan dengan persoalan rendahnya kualitas pendidikan. Tiap negara pasti memiliki cara beragam untuk mengembangkan proses serta kualitas pendidikannya. Misalnya dengan mengembangkan Belajar Online dan Kursus Online.

Gerakan-gerakan sosial maupun profesional pun juga semakin marak tumbuh dan berkembang. Upaya ini sebagai wujud kesadaran untuk membangun peradaban yang lebih baik di masa depan.

Hingga akhirnya, banyak juga startup yang lahir untuk membantu pemerintah dengan menawarkan berbagai inovasi yang tepat guna. Hal ini ternyata juga terjadi di Indonesia yang kita ketahui memiliki problematika yang cukup kompleks dengan sistem dan kualitas pendidikannya. Berikut ini, 7 startup yang dinilai dengan inovasinya berhasil menciptakan perubahan nyata dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

belajar online kursus online

Belajar Online di HarukaEdu

HarukaEdu, sebuah startup e-learning inovatif yang memungkinkan kita mengikuti untuk berbagai macam pendidikan formal maupun informal secara online. Dalam rangka menyajikan keterjangkauan pendidikan yang lebih mudah, tersedia 3 program unggulan: Kursus Online, Kuliah Online, dan Sertifikasi Online.

Khususnya untuk Kuliah Online di HarukaEdu, dalam pelaksanaannya, perkuliahan metode online ini menerapkan berbagai macam teknologi dan metode pengajaran baru untuk memastikan pengalaman dan kualitas hasil pembelajaran yang menyamai atau bahkan melebihi, kuliah konvensional (tatap muka). Teknologi atau metode pengajaran baru tersebut adalah sebagai berikut: cloud computing, learning analytics, game-based learning, personalized learning environments, open content, dan mobile learning. Terkait Kuliah online, HarukaEdu menjalin kerja sama dengan universitas terakreditasi A dan B yang mengubah program offline degree mereka menjadi online degree. Setelah lulus ujian sertifikasi, maka pengguna akan mendapat sertifikat online.

Kursus Online di e-Tryout

Jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk menempuh ujian masuk perguruan tinggi, e-Tryout adalah jawabannya. E-Tryout merupakan startup yang menyediakan platform ujicoba ujian yang menjadi semacam bank soal bagi penggunanya. Melalui aplikasi ini, kita bisa melakukan tryout dan mendapatkan hasilnya secara live. Dengan e-Tryout, netizen dapat mengerjakan soal-soal ujicoba ujian. Mulai soal dari SD, SMP, SMA, soal UN, SBMPTN, hingga tes CPNS, dan bahkan soal-soal umum. Setelah mengerjakan soal, kita akan mendapatkan hasil dari jawaban serta nilai dan waktu pengerjaan yang kita butuhkan. Selain itu, kita juga bisa belajar dengan melihat kembali soal mana yang kita jawab dengan salah dan jawaban mana yang benar.

Melaui platform ini, e-Tryout menawarkan solusi atas masalah yang berkaitan dengan biaya, waktu dan jarak yang harus dikorbankan para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengikuti tryout konvensional. Dari segi harga, e-Tryout menawarkan layanannya dengan harga yang terbilang sangat murah, yakni misalnya Rp 1.100 untuk 200 soal, Rp 5.500 untuk 1.500 soal, dan seterusnya. Mulai sekarang, kita bisa melakukan tryout dengan biaya yang lebih murah, dan bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.

Belajar Online dan Kursus Online di TokoEdukasi

TokoEdukasi hadir menjadi jawaban atas kebutuhan sekolah dan pelajar dalam mencari produk dan peralatan yang menunjang proses pendidikan. TokoEdukasi bergerak di bidang e-commerce. Untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, saat ini, TokoEdukasi menyediakan ribuan produk yang berakitan dengan pendidikan. Produk-produk yang disediakan meliputi software, perangkat elektronik, alat peraga, furnitur, mainan, perlengkapan sekolah, buku, pakaian, dan ekstrakurikuler. Harga yang ditawarkan pun juga beragam. Mulai dari ribuan untuk peralatan ekstrakurikuler pramuka, hingga puluhan juta rupiah untuk produk seperti interactive whiteboard.

Kursus Online di IndonesiaX

IndonesiaX adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. Keterlibatan secara aktif Profesor Rhenald Kasali dalam mengembangkan layanan ini, tentu saja memberikan garansi atas manfaat yang bisa diberikan oleh IndonesiaX.

Melalui platform ini, kita bisa belajar tentang banyak hal secara gratis dari para pemateri terbaik di Indonesia. Secara online, siapapun berkesempatan untuk menimba ilmu langsung pada tokoh-tokoh besar seperti Wishnutama Kusubandio, Profesor Rhenald Kasali, Professor Iwan J Azis, Ir. Budi Rahardjo, MSc., PhD., Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. dan masih banyak lagi lainnya. IndonesiaX juga memiliki tema kursus yang beragam dan sangat sesuai dengan kebutuhan anak muda terkini. Di antaranya adalah, Change Management, Public Speaking, Digital Marketing, The Art of Startup, Sustainable Develpoment, serta masih banyak lagi tema lainnya yang siap menjawab kebutuhan kita.

Belajar Online di GMB-Indonesia

Berbeda dengan ke-enam startup lainnya, GMB-Indonesia menciptakan inovasi yang menyasar seluruh elemen pendidikan di Indonesia. Startup yang lebih dikenal dengan nama Gerakan Menulis Buku Indonesia ini mewadahi seluruh insan pendidikan, mulai dari guru, dosen, mahasiswa, organisasi/komunitas, hingga para pelajar dari seluruh jenjang pendidikan untuk menulis dan menerbitkan bukunya secara gratis.

GMB-Indonesia, sebuah startup berbasis sosial yang didirikan oleh Lenang Manggala ini merevolusi sistem penerbitan buku yang sebelumnya terkenal rumit, lama, dan hanya bisa dimanfaatkan oleh kalangan penulis profesional semata. Bekerjasama dengan Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud RI, GMB-Indonesia menciptakan platform penerbitan buku gratis yang mudah, cepat, menguntungkan sekaligus menyenangkan. Baru-baru ini, GMB-Indonesia menyelenggarakan program Adi Acarya Award untuk guru dan dosen, serta Gerakan Sekolah Menulis Buku untuk pelajar di seluruh penjuru Indonesia. Berkat inovasi dan dedikasinya di dunia pendidikan, GMB-Indonesia berhasil masuk dalam daftar Top 20 ASEAN Young Socialpreneurs.

Belajar Online di 7Pagi

Proses pendidikan yang komprehensif, melibatkan 4 pilar utama yang meliputi siswa, sekolah, guru dan orangtua. Hal ini nampaknya sangat dipahami oleh startup yang bernama 7Pagi. Memanfaatkan kemajuan teknologi terkini, 7Pagi menyajikan sebuah media digital yang mudah dan efektif untuk menjalin komunikasi antara guru dan orangtua.

Dengan platform tersebut, orang tua dapat memantau dan mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah hanya melalui smartphone di tangan mereka. Startup yang didirikan Yayan Ardhianto ini memiliki beberapa fitur unggulan yang di antaranya adalah Diary, Portfolio, Information, dan Class Activities. Diary berguna sebagai buku penghubung, fitur Portfolio untuk informasi mengenai portofolio siswa selama di sekolah, sedang Information dirancang untuk menggantikan surat edaran, dan fitur Class Activities bermafaat untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan di kelas. Dengan penggunaan smartphone yang kini semakin akrab di kalangan guru dan orangtua, startup 7Pagi mencoba menawarkan sistem komunikasi yang memantau perkembangan siswa secara lebih mudah, update dan modern.

Belajar Online di RuangGuru

RuangGuru mengajak kita untuk melupakan cara belajar yang ribet dan membosankan. Memanfaatkan teknologi internet, RuangGuru menciptakan sebuah platform yang mempertemukan pelajar dengan guru private yang berkualitas dengan cara yang sangat mudah dan sesuai kebutuhan. Kebebasan memilih guru, jam belajar hingga mata pelajaran, menjadikan RuangGuru sebagai salah satu startup yang cukup populer di kalangan pelajar.

Startup yang kini dipimpin oleh Adamas Belva Syah Devara ini juga menyediakan berbagai alat untuk melatih diri dan memantau hasil latihan untuk mengetahui progres dalam setiap latihan. Baru-baru ini, RuangGuru menggaet salah satu artis muda yang sedang naik daun. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, pemeran film sensasional yang berjudul Dilan ini diberitakan juga turut menjadi pengajar di platform RuangGuru. Melalui RuangGuru, Adamas Belva Syah Devar berhasil masuk dalam daftar 30 under 30 Majalah Forbes Asia 2017.

Sumber: hxxps://kumparan.com/inspirasi-indonesia/7-startup-inovatif-ini-siap-majukan-pendidikan-indonesia-1529914038728

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1439 H

Bimakuru.com – Pemerintah NKRI telah menyatakan dan menetapkan bahwa 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Keputusan tersebut diputuskan berdasarkan sidang isbat bersama di kantor Kementerian Agama (Kemenag) malam kemarin (15/5).

Sidang Isbat tersebut dimulai sekitar pukul 18.15 WIB seusai salat magrib. Sidang dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah, ormas-ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan lain-lain.

Terkait ibadah Puasa Ramadan 2018 ini, berikut kami sampaikan Jadwal Imsakiyah Ramadan 1439 H.