Google Doodle Munculkan Sosok Samaun Samadikun

Samaun Samadikun Google Doodle
Samaun Samadikun Google Doodle

Bimakuru.com – Hari ini, Jumat (15/4/2016) Google memunculkan gambar seorang pria dengan keterangan “Hari Lahir ke-85 Samaun Samadikun. Lalu siapakah sosok tokoh yang muncul di Google Doodle pada laman Google.co.id tersebut ?

Di lansir dari laman Wikipedia, tokoh yang lahir di Magetan, Jawa Timur tersebut memiliki nama lengkap Prof. Dr. Samaun Samadikun. Ia ternyata adalah seorang insinyur, pendidik dan ilmuwan Indonesia.

Prof. Samaun Samadikun dikenal sebagai seorang figur dosen ITB dan pendidik yang sangat menonjol sebagai teladan, banyak orang menyebutnya Bapak Mikroelektronika Indonesia. Suami dari Roesdiningsih dan ayah dari M. Samawi dan Wisnu RP semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang berpenampilan sangat sederhana dan bersahaja tanpa mengurangi wibawa dan kehormatannya.

Masih dari sumber yang sama, Samaun Samadikun juga merupakan salah satu pendiri dari Akademi Ilmu Pengetahuan Islam (1986) serta Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selanjutnya pada periode tahun tahun 1987 hingga 1992 ia bertugas menjadi Anggota MPR RI sebagai Utusan Golongan.

Samaun Samadikun piagam penghargaan ITB
Piagam Penghargaan dari ITB

Jasa-jasanya di bidang elektronika diakui dunia ilmu pengetahuan, termasuk cita-citanya menjadikan kota Bandung sebagai “Kota Chip” di Indonesia. Ia memprakarsai program Bandung High Technology Valley (BHTV). Ia selalu mendorong adanya investasi global untuk industri elektronika agar terbuka lapangan kerja di bidang ini.

Prof. Samaun Samadikun juga menginginkan industri elektronika Indonesia untuk lebih berorientasi ekspor, agar industri ini dapat menghasilkan devisa. Baginya, kemajuan industri elektronika Indonesia harus diukur dari jumlah nilai ekspor dan jumlah lapangan kerja.

Comments

comments

  • ini adalah nama yang paling disebut pada jaman saya dulu mengikuti kelas semi konduktor mas 🙂