Bimakuru.com – Nyamuk, dalam bahasa Inggris disebut sebagai Mosquito (mosca + ito), dalam istiah Spanyol berarti lalat kecil. Nyamuk dergolong dalam spesies keluarga Culicidae.

Kebanyakan nyamuk betina adalah ektoparasit yang memiliki mulut seoerti tabung belalai yang dapat menembus kulit untuk mengkonsumsi darah organisme lainnya.

Meskipun kehilangan darah (dihisap oleh nyamuk) jarang setiap korban langsung mendapat efek negatif, namun air liur nyamuk sering menyebabkan ruam ataupun rasa gatal. Jauh lebih serius meskipun, adalah peran dari banyak spesies nyamuk sebagai vektor penyakit.

Dalam menginjeksi darah-darah organisme satu dengan lainnya, beberapa nyamuk dapat menularkan infeksi yang sangat berbahaya seperti malaria, demam kuning, Chikungunya, virus Nil barat, demam berdarah, filariasis, virus Zika dan arbovirus lainnya. Menjadikan nyamuk menjadi salah satu hewan paling mematikan di dunia.

hewan mematikan hit obat nyamuk

Dibandingkan dengan hewan lain di dunia yang dapat menyebabkan kematian, nyamuk nyatanya lebih membunuh banyak manusia di setiap tahunnya.

Setiap tahunnya korban meninggal akibat gigitan nyamuk mencapai jumlah hingga 725.000 jiwa. Orang-orang ini meninggal karena digigit nyamuk yang membawa virus penyakit menular dan dapat mengakibatkan kematian, seperti dikuti dari Mosquito Week. Dengan banyaknya orang yang meninggal karena gigitan nyamuk, pastikan selalu waspada agar rumah dan lingkungan anda terbebas. Salah satu caranya dengan semprot HIT obat nyamuk supaya aman dan terlindungi dari gigitan nyamuk.

kasus dbd 2016 - hit obat nyamuk

Dalam tahun 2016, dikutip dari laman HIT Terinspirasi Ibu, kasus Demam berdarah dengue (DBD) terpantau tinggi di seluruh wilayah di Indonesia.

Tak hanya jumlah pasien DBD saja yang tinggi, jumlah kasus kematian akibat DBD-pun dianggap juga tinggi. Dikutip dari Litbang Kompas, provinsi Banten menempati urutan pertama dengan jumlah pasien DBD mencapai 760 pasien dan 25 orang meninggal dunia di awal tahun 2016, diikuti wilayah Jombang – Jatim, dan Pangkep – Sulawesi Selatan.

Pemerintah Indonesia seperti kita ketahui bersama sudah sejak lama menggalakkan program 3M dan fogging untuk melakukan pencegahan mewabahnya DBD. Namun, pastikan selalu waspada agar rumah dan lingkungan anda terbebas. Salah satu caranya dengan semprot HIT obat nyamuk supaya aman dan terlindungi dari gigitan nyamuk.

virus gigitan nyamuk - hit obat nyamuk

Gigitan dari nyamuk dapat menyebabkan efek lebih banyak penyakit yang berujung pada kematian dibanding hewan mematikan lain di bumi. Hal tersebut dapat terjadi karena nyamuk dapat membawa berbagai macam virus penyebab penyakit berbahaya seperti DBD, Malaria, Chikungnya, dan virus Zika yang mudah menular dan mewabah.

Seperti fakta yang didapat dari Mosquito Week, dalam setiap 4 menit diperkirakan jumlah korban meninggal akibat gigitan nyamuk mempunyai jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan korban meninggal karena serangan hiu atau hewan buas lainnya.

Comments

comments