Obat Ruam Popok Tanpa Efek Samping

Obat Ruam Popok

Kulit merupakan satu bagian paling luar dari tubuh kita. Oleh sebab itu, tak heran jika kulit juga merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap berbagai gangguan. Baik yang disebabkan oleh benda asing seperti bakteri, kotoran dan lain sebagainya maupun yang disebabkan oleh faktor internal atau seperti pertumbuhan sel yang abnormal.

Jenis kulit pada masing-masing orang pun berbeda, diantaranya normal, berminyak, kering dan sensitif. Untuk jenis kulit sensitif sendiri merupakan jenis kulit yang paling rentan terhadap benda asing. Dan jenis kulit ini umumnya dimiliki oleh semua bayi.

Sebagai contoh mudah, seorang bayi yang selalu menggunakan popok akan sangat mudah terkena ruam. Nah ruam akibat popok ini tak lain dikarenakan bakteri yang datang bersama kotoran bayi menempel di kulit dalam jangka waktu tertentu.

Namun sebagai orang tua yang cerdas anda tak perlu khawatir. Karena, obat ruam popok bis anda buat sendiri di rumah. Yaitu menggunakan bahan alami. Selain mudah dan murah, obat ruam popok ini juga aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Apa sajakah bahan yang dapat dijadikan untuk obat ruam popok tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Minyak kelapa dan bawang

obat ruam popok yang pertama terbuat dari minyak kepala yang dicampurkan dengan irisan bawang merah. Namun pastikan anda tidak mencampurkan bawang merah dalam jumlah yang banyak, sebab bawang merah dapat menimbulkan rasa panas dan apabila digunakan berlebihan khawatir akan membuat ruam semakin parah.

  1. Minyak zaitun

Selain menggunakan minyak kelapa dan bawang merah, anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk obat ruam popok. Hanya saja untuk penggunaan minyak zaitun anda tak perlu mencampurkan bahan lain.

Itulah bahan-bahan yang dapat anda gunakan sebagai obat ruam popok. Dan selain itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar ruam tak semakin parah serta lekas sembuh. Berikut diantaranya.

  1. Ganti popok lebih sering

Salah satu penyebab utama ruam adalah orang tua yang malas atau lalai mengganti popok, sehingga bakteri pada popok sampai menimbulkan ruam. Waktu maksimal penggunaan popok adalah 5 jam.

  1. Ganti merk popok

Selain karena kelalaian orang tua, merk popok juga bisa menyebabkan ruam. Hal ini karena beberapa merk popok memang memiliki zat yang kurang tepat untuk kulit bayi.

  1. Gunakan salep

Jika penggunaan obat ruam popok di atas kurang maksimal, anda bisa menggunakan salep khusus bayi. Dan karena merk salep ruam popok sangat beragam, berhati-hatilah dalam memilih.

Semoga dengan ulasan di atas anda dapat belajar sehingga tidak ada lagi masalah yang sebenarnya ringan namun sangat mengganggu ini.

Comments

comments