Perbedaan antara Tujuan – Sasaran – Hasil (Objective – Goal – Outcome)

Ilustrasi Target Sasaran
Ilustrasi Target Sasaran

Bimakuru.com – Setiap program harus tahu di mana itu berasal dari (tujuan dan sasaran) dan apa yang ingin dicapai (hasil). Tanpa arah tujuan dan sasaran tidak ada hasil karena hasil aspek-aspek spesifik dan terukur dari tujuan dan sasaran organisasi Anda. Semua barang-barang terukur harus ditentukan selama proses perencanaan organisasi Anda. Lihat kami FAQ & Sumber Daya: Halaman Perencanaan.

Evaluasi adalah proses cairan dan berkelanjutan terjadi sepanjang umur organisasi Anda dan program Anda. Dimulai dengan gol yang berasal dari pernyataan misi Anda akan membantu Anda menetapkan arah untuk program Anda. Setelah gol didefinisikan, tujuan akan membantu Anda memakukan apa yang harus benar-benar dicapai untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil adalah bagian ketiga dari teka-teki ini, memberikan efek terukur program akan capai. Ketika hasil yang dicapai tujuan atau sasaran baru mungkin perlu diatur, tapi ketika hasil tidak tercapai mungkin sudah saatnya untuk menilai kembali. Pada akhirnya, praktek yang paling penting tetap setia kepada misi Anda dan memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan klien Anda.

Mengapa kita Perlu Hasil?

Fakta ini tak terhindarkan: pemangku kepentingan ingin hasil! Penyandang dana ingin tahu uang mereka membuat perbedaan, relawan ingin mengubah dunia, karyawan ingin melihat kerja keras mereka terbayar, dan klien ingin pelayanan yang efisien dan efektif. Tujuan dan sasaran yang sangat penting, tapi bagaimana organisasi Anda akan tahu itu telah, sedang, dan akan terus mencapai tujuannya untuk eksistensi? Jawabannya terletak pada hasil.

Hasil datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan sementara beberapa yang cukup umum (jumlah yaitu orang yang dilayani) lain yang sangat unik. Hasil dapat kuantitatif atau kualitatif, dan satu-satunya pembatasan menciptakan hasil yang terukurnya dan imajinasi. Jangan menghindar dari hasil kreatif selama Anda dapat mengembangkan metode untuk mengukur mereka. (Lihat Dashboard (SAMPLE)).

indikator hasil adalah alat berharga yang membantu menentukan kapan tolok ukur untuk hasil terpenuhi. Ini adalah ukuran kuantitatif tertentu seperti jumlah, persen, dan sebagainya; Namun, mereka dapat digunakan untuk mewakili hasil kualitatif (lihat Mengukur Hasil). Misalnya, jika Anda mengoperasikan program setelah-sekolah tentang bullying dan ingin mengukur peningkatan persen pada pengetahuan siswa tentang bullying, indikator hasil Anda bisa mencakup persen siswa yang mencapai skor tertentu pada kuis tentang bullying. indikator hasil juga dapat dipisahkan menjadi unit demografis yang berbeda untuk membantu organisasi Anda lebih memahami jika hasil dipenuhi dalam unit yang berbeda dari konstituen Anda.

Ini artikel, sampel, dan sumber daya yang ditawarkan untuk tujuan informasi saja dan tidak boleh dianggap sebagai nasihat profesional. Jika digunakan, organisasi Anda harus menyesuaikan sampel terbaik sesuai keadaan tertentu organisasi. Kami mendorong organisasi Anda untuk mencari bantuan profesional yang sesuai yang diperlukan.

Sumber :

http://www.coloradononprofits.org/what-is-the-difference-between-an-objective-goal-and-outcome/


Baca artikel saya yang lain seperti Vivagoal Situs Berita Bola Terkini, Toko Cat Terlengkap dan Toko Cat Online. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, kritik dan saran anda terhadap blog ini.

Comments

comments