Perkembangan Janin Di Trimester Pertama

Perkembangan Janin Trimester Pertama
Perkembangan Janin Trimester Pertama

Bimakuru.com – Menjadi seorang ibu yang tengah merasakan nikmatnya kehamilan adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Oleh karena itu tak jarang pada awal masa kehamilan atau pada masa-masa trimester awal seorang ibu hamil akan sangat intens menjaga kehamilannya.

Di balik kebahagiaan ibu dan keluarga, janin dalam rahim ibu juga tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat pada trimester awal ini. Perkembangan janin di trimester pertama adalah dengan dimulainya pembentukan embrio.

Dimana embrio ini terbentuk karena sel sperma yang berhasil menembus ovum atau sel telur pada rahim ibu. Dari pertemuan ini, nantinya akan membentuk sebuah DNA baru yang berasal dari DNA ibu dan ayah.

Setelah itu, DNA baru ini akan membentuk sebuah kromosom yang terdapat pada zigot. Peristiwa ini sering kali disebut dengan pembuahan yang terjadi pada saluran telur.

Pertemuan sel sperma dan sel telur yang terjadi pada saluran telur ini kemudian akan membawa zigot ke rahim sang ibu. Perjalanan zigot dari saluran telur ini terjadi selama 7 hari. Dan pada masa inilah sel juga akan membelah menjadi 16 sel yang disebut dengan tahap Morula.

Jika sudah demikian kemudian embrio akan berbentuk bulat lonjong dengan ukuran hanya sebesar biji apel. Pada minggu masa-masa inilah akan terbentuk air ketuban yang mengelilingi embrio.

Baru pada minggu ke lima, perkembangan janin di trimester awal mencapai tahap pembentukan lempeng saraf, dimana lempeng saraf yang nantinya akan membentuk sebuah tabung bernama tabung saraf yang akan menjadi cikal bakal dari otak besar.

Tak hanya otak, namun perkembangan janin di trimester awal minggu kelima ini mencapai tahap pembentukan tulang, sumsum tulang belakang, sel-sel, rambut, saraf-saraf, rambut serta kelenjar susu.

Memasuki minggu keenam, perkembangan janin di trimester awal mulai lebih signifikan dengan mulai terbentuknya organ lain seperti ginjal, jantung serta usus. Bagian usus janin inilah yang akan menjadi penghubungnya dengan ibu, dimana usus bayi akan tepat berada di pusar sang ibu.

Setelah itu, memasuki minggu ketujuh janin mulai lebih terbentuk dengan adanya tangan yang bisa menekuk. Dan janin pun sudah mulai bergerak, hanya saja sang ibu belum bisa merasakan gerakan janinnya.

Pada minggu berikutnya, janin sudah mulai nampak lebih detail dengan wajah yang mulai jelas dan organ-organ lain hingga benar-benar sempurna. Tahap ini akan terus berlangsung sampai janin dilahirkan dengan selamat dan fisik serta mental yang sempurna.

Comments

comments