Sektor Pertanian Saat Ini

Sektor Pertanian Indonesia
Sektor Pertanian Indonesia

Bimakuru.com –┬áSebagian besar warga Indonesia memiliki pekerjaan sebagai petani, ini dikarenakan Indonesia mempunyai banyak areal persawahan. Hamper di setiap daerah memiliki areal persawahan yang luas dan para petani yang mengurus sepenuh hati. Semakin berkembangnya zaman, pembangunan rumah dan gedung-gedung semakin banyak, hal ini berdampak dengan sektor pertanian saat ini.

Coba kawan-kawan bayangkan, jika [pembangunan rumah dan gedung-gedung semakin bertambah tiap tahunnya, berapa jumlah tanah yang dibutuhkan? Karena kebutuhan lahan yang besar untuk pembangunan gedung-gedung inilah yang membuat lahan untuk pertanian berkurang. Hal ini berdampak sangat besar untuk sektor pertanian saat ini.

Dengan semakin berkurangnya lahan pertanian membuat hasil dari sektor pertanian semakin kecil pula. Jika hal ini berlanjut terus menerus tidak bisa dipungkiri jika semakin hari lahan pertanian akan semakin sedikit karena tergerus dengan pembangunan-pembangunan gedung mewah. Jika hal ini didiamkan, pasti kawan-kawan tahu, masyarakat semua yang akan dirugikan.

Mengapa? Dengan semakin berkurangnya lahan pertanian membuat hasil dari pertanian itu sedikit, sedangkan kebutuhan akan hasil panen semakin hari semakin meningkat dan hal ini akan membuat para petani menaikkan harga dari hasil pertanian mereka. Mungkin bagi kawan-kawan yang mampu masih bisa membeli, namun untuk kawan-kawan yang kurang pasti akan merasa keberatan dengan harga segitu.

Keadaan ini akan membuat kemiskinan di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya karena setiap tahun bukannya lapangan pekerjaan semakin bertambah namun semakin berkurang, sedangkan jumlah pencari kerja setiap tahunnya akan semakin bertambah. Permasalah yang terjadi pada sektor pertanian saat ini bukan hanya melibatkan para petani itu sendiri melainkan semua hal yang menyangkut dengan pertanian.

Dan karena pertanian sangat penting untuk manusia, dengan adanya permasalahan ini membuat semua kegiatan manusia khususnya untuk makanan menjadi terganggu. Dengan harganya yang naik akan membuat orang yang kurang menjadi tidak mampu membeli, hal ini bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit bahkan bisa menyebabkan kematian karena kelaparan.

Untuk itu dengan kondisi sektor pertanian saat ini yang sedang memprihatinkan, akan memiliki dampak panjang yang sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia. Alangkah lebih baiknya jika kawan-kawan para petani tidak menjual tanahnya untuk pembangunan gedung atau rumah, manfaatkan lahan tersebut untuk mengembangkan pertanian di Indonesia.

Tidak perlu malu untuk menjadi petani, jika tidak ada petani manusia tidak bisa hidup atau menikmati makanan yang ada untuk saat ini. Berbanggalah untuk menjadi petani, karena kawan-kawan memiliki andil di dalam sumber kehidupan manusia.

Comments

comments