Singgah di Pulau-pulau Besar Nusantara

Bimakuru – Awal bulan Mei tiga tahun yang lalu menjadi kali pertama aku mendapat tugas kerja kantor ke luar kota, malahan luar pulau. Tak tanggung-tanggung, tugas pertama itu langsung ke Irian, begitu Bapakku menyebutnya. Memang istilah Papua masih asing untuk generasi Orde Lama dan Baru, mereka kadang masih menyebutnya Irian Jaya.

Jadi, pada ulang tahun ke-30 aku melewatinya di Tanah Papua, bersamaan dengan tugas kantor kala itu. Mungkin juga sebagai kado ulang tahun bisa jalan-jalan ke Papua selagi menjalankan tugas kantor.

Tugas kali pertama itu menjadi awal, dimana aku bercita-cita setidaknya bisa menginjakkan kaki di Lima Pulau Besar di Indonesia dengan gratis, alias dalam tugas kantor.

September, 2016…

Tahun berikutnya setelah kali pertama ke Tanah Papua, aku dipercaya membatu sebuah Tim Proyek di kantor yang bekerjasama dengan KPK untuk menggelar Sekolah Politik di 9 Provinsi. Nah, jalan-jalan-ku berlanjut lagi mulai ini.

Nah, pada akhir bulan September hingga awal Oktober 2016 aku mendapat kesempata bertugas di Kepulauan Riau, tepatnya di Kota Tanjungpinang. Ini menjadi kali pertama aku singgah di kawasan Barat Indonesia di Sumatera.

Masih di tahun yang sama dan di Tim Proyek yang sama, 3-7 Oktober aku mendapat tugas di Jawa Timur. Kali pertama menginap dalam waktu yang agak lama di Bagian Timur Pulau Jawa. Sebelumnya juga pernah beberapa hari Backpackeran ke Baluran pada tahun 2010.

Selesai dari Jawa Timur, minggu berikutnya masih dengan tugas yang sama namun berbeda partner lapangan, saya harus bergegas ke Sorong, Papua. Kala itu, rikues tiketnya start dari Jogja. Jadi sempat ke Jogja dulu kurang lebih enam jam, sekedar tukar koper dan menyapa istri di rumah.

Penerbangan malam ke Sorong lebih dari 8 jam, dengan transit dulu di Makassar. Kali ini menjadi kesempatan kedua saya untuk singgah di Tanah Papua. Kalau dulu di bagian Timur, kini di bagian papua Barat, Sorong.

2017…

Pada tahun berikutnya, 2017, kembali lagi dengan proyek kerjaan yang sama pada tahun 2016 sebelumnya. Namun, pada tahun ini dengan tujuan kota yang berbeda. Mulai dengan ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Nah, setelah tugas ini kali pertama saya tepar parah karena Asam Lambung. Seminggu pertama sampai di Jogja langsung bedrest full.

2018…

Masih dalam tugas kantor dengan tugas yang berbeda dari perjalanan-perjalanan sebelumnya, di tahun 2018 saya berkesempatan berkunjung ke Pulau Sumatera. Tepatnya di Medan, Sumatera Utara. Nah, karena tugas kali ini tidak terlalu padat jadwalnya, saya menyempatkan diri untuk juga singgah ke Pulau Samosir di tengah Danau Toba.

Huta Siallagan, Samosir, 2018

Pulau Jawa? Ya, sebagai orang asli Jogja tentu Pulau Jawa sudah pasti menjadi tempat tinggal saya.

Itu tadi cerita singkat pengalaman saya Singgah di Pulau-pulau Besar Nusantara di Indonesia Raya tercinta ini. Semoga masih ada kesempatan lain untuk menjelajah wilayah Nusantara lain di waktu-waktu lain berikutnya, hehehhe… Amin.

Comments

comments