Bimakuru.com – Laman Netflix sudah dapat diakses di Indonesia per Januari 2016 ini. Penyedia layanan berlangganan untuk streaming Film dan TV tersebut sudah dapat diakses oleh masyarakat Indonesia.

Baca : Awal 2016 Ini Netflix Umumkan Dapat Diakses Dari Indonesia

Netflix Indonesia diberitakan menetapkan biaya bagi pengguna di Indonesia untuk berlangganan akses ke layanannya dalam sebulan mulai dengan tarif Rp 109.000,-

Netflix menyediakan beberapa opsi berlangganan, versi Basic dengan biaya langganan Rp109 ribu, standard (Rp139 ribu), dan Premium (Rp169 ribu), seperti dikutip dari laman Viva.

Menanggapi kehadiran Netflix tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Intitute, Heru Sutadi mengatakan ada dampak yang jelas dari kehadiran layanan tersebut, khususnya bagi TV berbayar di Indonesia. Tapi dia yakin, dengan nilai kurs saat ini, penikmat hiburan digital di Indonesia masih realistis untuk memilih TV berbayar.

“Dampak disruptive technology (teknologi pengacau) pasti ada, namun dengan dolar yang masih mahal, TV berlangganan di Indonesia masih jadi pilihan,” kata Heru kepada VIVA.co.id, Jumat 8 Januari 2016.

Namun demikian, keberadaan Netflix harus direspons oleh penyedia layanan TV berbayar di Indonesia. Sebab, harga langganan yang ditawarkan Netflix di bawah harga langganan TV berbayar di Indonesia pada umumnya. Heru menyarankan agar penyedia TV berbayar mengubah harga paket langganan mereka.

“Sebelum pengguna diakuisisi Netflix, penyedia TV kabel atau TV berlangganan harap segera menurunkan harga dan tidak memecah tayangan utama lewat paket yang ragamnya banyak dan agak tricky (licik),” kata mantan anggota Komite Regulasi Telekomunikasi pada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) tersebut.

Menurutnya, harga langganan TV berbayar di Indonesia untuk menikmati semua tayangan, termasuk tayangan utama adalah Rp200 ribu. Namun dengan munculnya penawaran tertinggi dari Netflix, yaitu Rp169 ribu sebulan, maka sewajarnya penyedia TV berbayar di Indonesia memasang harga di bawahnya.

“Kalau bisa dengan harga sama atau 150 ribuan, maka orang akan tetap menggunakan TV kabel lokal daripada Netflix,” ujar dia.

Seperti diketahui, Netflix resmi hadir di 130 negara baru di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan penambahan tersebut, maka secara total, Netflix hadir pada lebih dari 190 negara di dunia.

Pengumuman kehadiran ini disampaikan langsung oleh salah satu pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Netflix, Reed Hastings, pada perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Comments

comments