Tips Memilih Sepatu Casual Pria

Sepatu Casual Pria

Bimakuru.com – Sepatu kini tidak hanya sekedar sebagai alas kaki atau penutup kaki saja. Pergeseran mode fashion membuat sepatu kini juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam berpakaian. Bahkan pembuatan sebuah sepatu bisa saja dilakukan dengan analisis yang lama dan menggunakan teknologi canggih. Misalnya, sepatu untuk atlet olahraga ternama.

Seperti dijelaskan di laman Wikipepdia, sepatu adalah sebuah item alas kaki yang dimaksudkan (berfungsi) untuk melindungi dan membuat nyaman kaki manusia saat melakukan kegiatan.

Diluar sebagai fungsi utamanya diatas tadi, sepatu juga dapat digunakan sebagai item hiasan/dekorasi (dalam hal fashion). Desain sepatu telah sangat bervariasi dari waktu ke waktu dan dari budaya ke budaya, dengan penampilan awalnya terikat fungsi utama sepatu seperti dijelaskan diatas. Model sepatu sekarang sangat bervariasi baik dari jenis, model, dan juga bahan bakunya.

Selain itu, fashion sering didikte banyak elemen desain, seperti apakah sepatu memiliki heels yang sangat tinggi atau yang datar. Alas kaki kontemporer bervariasi dalam desain dan bentuk gayanya, serta juga dalam hal kompleksitas dan biayanya. Sandal dasar mungkin hanya terdiri dari tali tunggal dan sederhana tipis. Sepatu fashion kelas tinggi dapat dibuat dari bahan yang sangat mahal dalam konstruksi kompleks dan dijual dengan harga yang tinggi untuk sepasangnya.

Sebelumnya mari kita mengenal jenis-jenis sepatu yang ada saat ini. Dari berbagai sumber yang kami dapat di internet, sepatu dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan jenisnya.

Berikut jenis-jenis sepatu pria :

  • Sneaker : sepatu ini awalnya didesain terutama untuk aktifitas olahraga atau bentuk lain dari latihan fisik. Sneakers telah berevolusi untuk digunakan untuk kegiatan sehari-hari dalam acara santai. Sepatu jenis ini umumnya didesain dengan sol fleksibel yang terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau bahan sintetis. Merek sepatu jenis sneaker yang populer secara global, antara lain : Adidas, Nike, New Balance, Asics, Onitsuka Tiger, Air Jordan, Brooks, Converse, Vans, DC, Dunlop, Ethletic, Feiyue, Fila, K-Swiss, Keds, Lescon, Macbeth, Merrell, Mizuno, PF Flyers, Pro-Keds, Puma, Reebok, Skechers, Under Armour and etc.

Sepatu Pria Sneaker

  • Slip-onsSlippers, Loafers : sepatu jenis slip-ons biasanya didesain lebih rendah dari jenis lainnya, atau juga disebut memiliki konstruksi moccasin. Dari namanya, Slip langsung On, sepatu ini didesain sederhana dan simpel. Tanpa tali dan hanya terdapat lubang untuk kemasukan kaki saja. Sedangkan sepatu jenis Loafers, awalnya diperkenalkan di London oleh Wildsmith Loafer. Loafers juga diperuntukkan untuk jenis kasual. Sedangkan di Norwegia dikenal sebagai Aurlandskoen sejak awal abad ke-20. Perbedaan ketiganya adalah : Dibading ketiganya Slippers memiliki ujung yang lebih runcing, sedangkan Slip-ons dan Loafers memiliki ujung yang belih lebar. Loafers biasanya memakai tali walaupun hanya sedikit, dan berbahan dasar kulit ataupun suede.

Sepatu Casual Slipons-Slippers-Loafers

  • Boots : Sepatu Boots biasanya memiliki bentuk menutupi seluruh kaki hingga diatas mata kaki, bahkan ada yang hingga ke bagian betis. Alas sepatu boots biasanya lebih tebal dati jenis lain, terutama pada bagian tumit kaki. Secara tradisional terbuat dari bahan dasar kulit atau karet, sepatu boots modern terbuat dari berbagai bahan. Sepatu Boots awalnya dikenakan untuk melindungi kaki dari air, suhu dingin yang ekstrim, lumpur atau bahaya lainnya (misalnya, sepatu bot dapat melindungi pemakai dari bahan kimia atau bahan logam keras seerti baja atau besi) atau memberikan dukungan pergelangan kaki tambahan untuk aktivitas berat (misalnya, hiking/mendaki gunung) – dan untuk saat ini bahkan dipakai untuk alasan gaya mode-fashion.

Sepatu Casual Pria Boots

  • Sport : Sudah jelas dari namanya saja, sepatu jenis ini digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga. Sepatu sport tentu saja tidak cocok untuk aktifitas sehari-hari selai lahraga itu sendiri, berbeda dengan casual. Kenapa tidak cocok? Karena, bagian alas kaki/sol dari sepatu sport biasanya lebih tebal dan keras. Contoh sepatu sport adalah sepatu futsal, sepatu badminton, sepatu basket, sepatu volley, dll.

Sepatu Pria Sport

  • Sepatu Formal (Pantofel / Monk-strap / OxfordWingtips) : Sepatu formal umumnya terbuat dari bahan kulit baik asli ataupun sintetis, sehingga warnanya mengkilap. Sepatu formal memiliki varian beragam, pada umumnya adalah pantofel. Selain itu ada Monk-strap, Oxford dan juga Wingtips. Dua jenis terakhir sangat mirip, saya sendiri susah mencari perbedaanya. Sepatu Pantofel biasanya memiliki desain sepatu yang elegan dan formal dan juga sepatu pantofel tidak terlalu banyak asesorisnya selain tali sepatu (jika ada).

Sepatu Formal Pria Casual

Dari kegunaanya-pun sepatu juga dapat digolongkan kembali. Berikut ini jenis-jenis sepatu berdasarkan event/acara:

  • Formal : Pantofel, Monk-strap, Oxford, Wingtips masuk dalam kategori sepatu formal
  • Semi-formal : Oxford, Wingtips, boots dari bahan suede dapat dikategorikan dalam sepatu semi-formal
  • Casual : sepatu casual pria biasanya adalah sneakers, slippers slip-ons.
  • Sport

Nah, dari penjelasan jenis-jenis sepatu diatas selanjutnya anda dapat menentukan sendiri sepatu casual atau sepatu trend pria mana yang rencananya akan anda beli.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli sepatu casual pria, ada baiknya anda membaca dulu Panduan Tips Memilih Sepatu Casual Pria berikut ini:

  • Ukuran & kenyamanan penting. Pastikan ukuran sepatu cocok dan pas dengan ukuran kaki anda. Karena kesesuaian ukuran berkaitan dengan kenyamanan menggunakan sepatu. Jangan korbankan kenyamanan anda dengan model atau gaya-gayaan semata.
  • Ada Harga – Ada Kualitas. Beli yang original! Meski mahal, ada baiknya anda sedikit berkorban dengan membeli sepatu asli daripada replikaya karena sepatu yang asli atau original pastinya memiliki kualitas yang jauh lebih baik.
  • Pelajari cara merawat sepatu. Setiap sepatu pasti unik. Baik dengan merek yang sama, namun bila berbeda bahan dasarnya pastinya akan berbeda perawatannya. Rawatlah sepatu anda demi kenyamanan ketika kaki anda sedang memakai sepatu tersebut.
  • Sepatu Tepat untuk Acara Tepat. Belilah sepatu dan pakailah dalam acara yang tepat. Pastinya akan norak ketika anda memakai sepatu futsal ketika sedang bekerja di kantor.
  • Sesuaikan jenis sepatu dengan aktifitas. Ketika pekerjaan anda menharuskan anda bertemu dengan klien dalam rapat, sepertinya sepatu formal (pantofel lebih cocok). Sedangkan bila pekerjaan anda membutuhkan mobilitas tinggi, sepatu casual sneakers atau sepatu casual boots lebih sosok bagi anda.
  • Minimal sepasang sepatu wajib (formal/pantofel). Meskipun anda jarang rapat dan menghadiri acara formil lainnya, keharusan memiliki sepasang sepatu formal adalah mutlak. Adakalanya anda mendadak mendapat undangan rapat dengan atasan atau mendapat undangan pernikahan sahabat anda, sepatu formal akan menyelamatkan penampilan anda.
  • Beli sepatu pada malam hari. Ketika sudah beraktifitas seharian, katanya bentuk ukuran kaki akan lebih besar dibandingkan ketika saat bangun tidur. Maka, dengan membeli sepatu ketika ukuran kaki anda dalam keadaan maksimal, pastinya anda akan mendapatkan ukuran sepatu yang cocok anda gunakan baik itu di pagi hari maupun malam hari selama seharian penuh beraktifitas.

 

5 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Pria

 

5 Sepatu Sneakers yang Cocok dipadukan dengan Celana Jeans

 

Sepatu Casual untuk aktifitas Kantor dan Bisnis

Keywords lain : sepatu converse pria, sepatu kerja casual pria, sepatu casual pria nike, sepatu pesta pria, sepatu kerja keren

 

Comments

comments