Setiap musim liburan tiba, setiap orang pasti menginginkan pengalaman berwisata yang berbeda. Nah jika anda menginginkan sensasi wisata yang berbeda, anda bisa mencoba wisata orangutans yang berada di Kalimantan.

Tak hanya bisa menikmati liburan bersama keluarga, namun anda juga bisa menambah pengetahuan. Dimana orangutans adalah satu primata yang sudah hampir punah dan merupakan primata yang dilindungi.

Salah satu tempat wisata orangutans yang paling banyak dikunjungi adalah Tanjung Puting. Di daerah yang berlokasi di Kalimantan Tengah ini anda bisa menikmati indahnya hutan yang masih begitu asri dengan begitu banyaknya orangutans yang berkeliaran.

Meskipun begitu, namun anda tak perlu resah sebab orangutans ini tidak akan menyerang pengunjung, dengan satu catatan yaitu pengunjung yang tak menganggunya terlebih dahulu.

Tak hanya berjalan-jalan sambil melihat satwa langka ini, anda juga bisa bermalam di tengah hutan dengan 3 lokasi camp yang begitu strategis. Untuk lokasi pertama yaitu berada di Tanjung Harapan, kemudian untuk camp kedua yaitu berlokasi di Pondok Tangguy dan camp ketiga berlokasi di Camp Leaaky.

Adanya tiga lokasi camp ini menyesuaikan lokasi orangtuans yang dibagi dalam tiga tempat tersebut. Ya, memang orangutans sengaja dipisahkan demi perkembangbiakan dan keseimbangan ekosistem yang lebih baik. Dimana sebenarnya keseimbangan ekosistem ini lebih tertuju pada pencarian makan orangutans yang akan lebih terbagi rata.

Bagi pengunjung yang datang pun bisa memberikan makanan pada orangutans, seperti buah pisang, kacang atau makanan lain yang aman. Namun perhatikan. Sebab sering kali orangutans akan iseng ketika melihat pengunjung menyantap sesuatu dengan cara merebutnya.

Jadi sebaiknya anda menyiapkan makanan khusus untuk diberikan pada primata yang hampir punah ini.

Lalu bagaimana dengan biaya dan transportasi menuju lokasi wisata orangutans Tanjung Puting ini? Bagi anda yang sudah bermukim di Kalimantan Tengah, anda bisa menuju Tanjung Puting dengan menggunakan jalur darat yang kemudian dilanjutkan dengan jalur air, yaitu menggunakan perahu sedang atau kecil.

Dan untuk biayanya sendiri, anda hanya akan dikenakan biaya masuk yang tidak mahal. Tentu biaya ini akan sangat tidak sebanding dengan pengalaman yang akan anda peroleh nantinya.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, tak heran jika wisata orangutans Tanjung Puting banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara.

Jangan sampai anda lewatkan tempat lokasi menarik yang satu ini dan dapatkan pengalaman serta pengetahuannya

Comments

comments