Kategori
Tekno WordPress

Apa itu Blog?

Bimakuru.comApa itu Blog? Blog sendiri adalah sebuah singkatan dari Web Log. Weblog, secara harfiah, adalah “log” (rangkaian catatan) di website – situs bergaya buku harian, di mana penulis (“blogger”) menautkan ke halaman web lain yang menurutnya menarik menggunakan entri yang diposting dalam urutan kronologis terbalik.

*terbalik maksudnya entri terbaru ada dibagian paling atas, atau paling depan.


Terlepas dari apakah anda tahu apa itu blog atau bukan, anda pasti pernah membahasnya satu per satu. Mungkin anda pernah juga menemukan blog saat mencari sebuah kata kunci di mesin pencari, misalnya “Filter Gmail“. Di sisi lain, mungkin anda memanfaatkan blog untuk mendapatkan lebih banyak tips mengenai “Contoh Alamat Email“. Juga ketika anda sedang membaca artikel ini, laman ini juga bentunya adalah sebuah Blog.

Pada dasarnya, blog dapat membantu membangun eksistensi online anda. Memperkuat anda sebagai spesialis dalam suatu industri, dan menarik prospek berkualitas lebih tinggi ke semua halaman situs web anda. Jika Anda berpikir untuk membuat blog untuk bisnis anda, atau hanya ingin tahu apa itu blog?, silahkan lanjut membaca Apa itu Blog?.

Dulu, blog adalah buku harian online individu di mana seseorang dapat berbagi data atau wawasan mereka tentang berbagai macam tema bahasan. Data diposting terbalik secara berurutan, sehingga postingan terbaru akan muncul lebih dulu.

Saat ini, blog adalah situs atau halaman yang diperbarui secara rutin, dan dapat digunakan untuk penggunaan individu atau untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Konten blog secara teratur disebut sebagai entri atau “posting blog”.

Blog biasanya dijalankan oleh individu atau sekelompok orang untuk menyajikan data dalam gaya bahasa percakapan sederhana. Namun, saat ini ada sejumlah besar situs web perusahaan yang menghasilkan banyak konten gaya pendidikan dan administrasi pemikiran dalam blog mereka.

Sejarah Blog

Blog populer digunakan sebagai jurnal online dan juga buku harian online di pertengahan tahun 90-an. Sekitar saat itu, pengguna web pada saat itu menjalankan situs individu tempat mereka berbagi pembaruan tentang kehidupan, ide, dan pandangan sosial mereka sendiri.

Istilah web log pertama kali digunakan pada akhir tahun 90-an, yang kemudian menjadi weblog, pada titik penyebutan we blog ini, kemudian hanya disebut sebagai istilah blog.

Karena berkembangnya jumlah halaman situs semacam itu, beberapa alat mulai bermunculan, yang mempermudah pengguna untuk membuat buku harian dan jurnal web online. Instrumen ini mempromosikan blogging dan membuatnya tersedia untuk pengguna non-teknis.

Pada tahun 1999, situs Blogger.com yang dikenal luas dibuat, yang kemudian dibeli oleh Google pada bulan Februari 2003.

Selain blogspot, situs WordPress.com juga menjadi salah satu instumen atau penyedia blog yang cukup populer hingga saat ini.

Kegunaan / Fungsi Blog

Blog adalah metode mudah untuk menyampaikan pesan Anda sepanjang waktu. Spekulasi utama, dan ini tidak boleh diabaikan, adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat posting Blog.

Ini memberi tahu publik apa identitas Anda. Terlepas dari apakah Anda adalah organisasi perusahaan besar, bisnis kecil hingga menengah, atau “pasukan satu orang” yang bekerja dari kenyamanan kamar Anda, dengan memiliki blog, Anda memperbaiki citra Anda. Banyak situs melelahkan. Mereka tidak berbicara tentang pandangan dan kepribadian cemerlang dari pengusaha atau pengusaha di belakang mereka. Blog memungkinkan pandangan dan kepribadian tersebut menyebar.

Ini memberi motivasi individu untuk kembali. Sebuah blog memungkinkan Anda untuk memberi tahu orang banyak tentang apa yang sedang terjadi saat ini dan lebih penting lagi bagaimana hal itu akan memengaruhi mereka.

Ini membantu meningkatkan peringkat mesin pencari. Google mengontrol siapa dan tujuan apa yang dipilihnya untuk mengirimkan lalu lintas webnya. Anggap saja seperti rujukan.

Setiap blogger memiliki inspirasi sendiri untuk ngeblog. Banyak dari mereka yang menggunakannya sebagai pilihan berbeda dengan membuat jurnal atau buku harian. Blogging memberi mereka platform untuk membagikan imajinasi dan pemikiran mereka ke kerumunan yang lebih luas.

Merek dan organisasi teratas membuat blog untuk memberi instruksi kepada klien mereka, berbagi berita, dan menghubungi kerumunan yang lebih luas. Blogging adalah bagian dasar dari prosedur pemasaran berbasis web untuk beberapa organisasi.

Keuntungan menjadi Blogger atau Ngeblog

  • Ini memberi jalan untuk memilah ide dan pemikiran Anda.
  • Blogging memungkinkan Anda untuk menunjukkan kemampuan, daya cipta, dan keterampilan Anda.
  • Blog membantu orang untuk mengubah diri mereka menjadi ahli dalam industri mereka.
  • Ini membantu Anda bergaul dengan individu yang berpikiran serupa di web
  • Banyak blogger menghasilkan pendapatan dari situs web mereka menggunakan metode monetisasi yang berbeda
  • Organisasi menggunakan blog untuk meyakinkan klien potensial ke situs web utama mereka
  • Organisasi nirlaba dapat memanfaatkan blog untuk mengungkap masalah, menjalankan Kesadaran berbasis web, dan memengaruhi pemirsa umum.

Contoh Blog

Sejumlah besar orang maupun komunitas dari mana saja di seluruh dunia memiliki blog ataupun jurnal online. Ini menyiratkan ada banyak blog tentang hampir semua tema atau subjek yang dapat ditemukan.

Berikut beberapa topik blog menarik yang mungkin anda baca. Saya telah memilih sendiri blog online berikut dari berbagai topik untuk memberi anda gambaran tentang cara kerja berbagai situs blog ini.

Agusmulyadi.web.id

Blog ini adalah tempat si penulis berbagai kisah kesehariannya. Ditulis dengan bahasa yang ringan dan renyah, sesekali disisipi unsur humor. Si penulis yang juga dikenal dengan nama Agus Magelangan ini pernah viral karena gemar mengutak-atik foto dengan photoshop. Kini ia menjadi koordinator unit editor di Mojok.co.

Dailysocial.id

Blog bertema tekno ini cukup populer dan menjadi rujukan bagi mereka yang ingin mengupdate info terkait teknologi. Rama Mamuaya adalah pendiri blog tekno ini. Rama telah berbicara di banyak panggung internasional untuk membahas masalah kebijakan teknologi, kewirausahaan, dan inovasi.

Dianarikasari.blogspot.com

Ngeblog sejak 2007, Diana adalah salah satu influencer populer yang sering berbagi foto penuh dengan warna dan modis serta narasi sehari-hari tentang kehidupannya yang eksentrik. Blognya yang diberi judul Hot Chocolate and Mint banyak menulis mengenai pengalaman terutama terkait pernaik-pernik dan style fashionnya yang unik.

Thetraveljunkie.org

Dari nama blognya sudah ketahuan, jika laman ini membahas mengenai perjalanan atau wisata. Selain tentang travel, Bowie Holiday si penulis juga membahas mengenai desain, mode, musik serta gaya hidup.

Pada Oktober 2010, Bowie merilis blognya di Bali. Berasal dari Indonesia, Bowie kini berbasis di Melbourne, Australia. Bowie telah tampil sebagai blogger dan ahli perjalanan oleh majalah nasional Indonesia dan internasional, serta media besar lainnya.

Anakjajan.com

Satu ini juga sudah keliatan blog tentang apa dari namanya. Ya, blog yang dikelola oleh Marius dan Julia ini membahas mengenai kuliner. Mereka menuliskan pengalaman mereka di blog ini tidak hanya kuliner di Indonesia namun juga manca negara.

Anak Jajan menampilkan foto-foto khas yang menggiurkan dari berbagai makanan yang ditemui pasangan tersebut selama perjalanan dan penjelajahan kota sehari-hari. Dari berburu makanan hingga rekomendasi restoran, resep masakan hingga belanja, blog peraih penghargaan ini kerap menjadi referensi saat mencari sesuatu yang menarik terkait makanan.

Bimakuru.blogspot.com

Nah, kalau yang ini ada blog saya. Berisi mengenai apapun yang ingin saya tulis. Mulai dari opini, kuliner, review film, review buku dan juga hanya sekedar posting foto.

Iwanbanaran.com

Blog iwanbanaran.com ini katanya pernah mencapai angka 1,7 Juta tampilan halaman per bulan dan menghasilkan uang melalui penawaran bersponsor, dan komisi afiliasi. Blog ini mengulas mengenai berbagai macam topik terkait otomotif khususnya motor roda dua alias sepeda motor.

Tema atau Topik Blog Populer

Dari beberapa contoh blog dan blogger yang populer di Indonesia di atas dapat dilihat beberapa tokpik blog yang mereka bahas.

Dan juga ditambah dengan sepengamatan saya selama ngeblog, berikut adakah beberapa topik blog yang banyak dicari atau dibaca subsribernya.

  • Teknologi
  • Lifestyle (Gaya Hidup)
  • Otomotif (dan juga racing/balapan)
  • Kuliner
  • Wisata
  • Kesehatan
  • Olahraga (Sepakbola)

Platform Blog Populer

Berikut beberapa penyedia fasilitas blog yang populer dan paling sering digunakan.

  • WordPress.org
  • WordPress.com (gratis dan berbayar)
  • Blogger (Blogspot)
  • Tumblr
  • Medium
  • Squarespace
  • Wix
  • Weebly
Pendapatan dari Blog

Apakah blogger dibayar?

Salah satu cara yang paling dikenal luas bagi blogger untuk mendapatkan bayaran adalah dengan memasang iklan di halaman web mereka. Ada dua jenis iklan yang terkenal:

  • Iklan PPC/CPC (Pay Per Click / Cost Per Click), penyedia iklan akan menyediakan banner/gambar iklan yang dapat anda pilih untuk ditampilkan di blog anda. Setiap kali pengunjung atau pembaca blog anda mengeklik iklan, anda akan dibayar untuk setiap klik yang ada.
  • Iklan CPM (Cost Per Mille), adalah biaya yang dikeluarkan per 1000 impression. Impression atau impresi sendiri adalah jumlah tampilan iklan yang muncul di news feed ataupun mobile news feed. CPM cocok digunakan jika anda sudah memiliki pengunjung blog yang tinggi. Jika CPM anda bernilai $1 maka anda akan mendapat $1 untuk setiap 1000 impression/penayangan dari iklan tersebut.

Bisa dibilang, sistem yang paling terkenal untuk memasang jenis iklan ini adalah Google AdSense. Dengan program ini, Anda tidak perlu berhubungan langsung dengan pengiklan. Anda pada dasarnya hanya perlu menempatkan iklan di blog Anda, Google akan memilih iklan yang akan tampil di blog anda secara otomatis dengan sistem mereka. Google Adsense termasuk pada jenisnya iklan PPC atau CPC.

Ada banyak proyek perbandingan yang tersedia jika blog anda tidak masuk kriteria untuk menampilkan AdSense. Misalnya, Chitika, Infolinks, dan Media.net.

  • Afiliasi adalah cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang dari situs blog Anda. Afiliasi mempromosikan produk orang lain dengan ibalan komisi. Jadi jika saya mempromosikan sebuah produk di blog ini dan jika anda (sebagai pembaca/pengunjung) membelinya dari tautan kami maka kami berkesempatan mendapat komisi dari produk (jasa/barang) yang anda beli tersebut.

Perbedaan Blog dan Website

Nah, Blog adalah juga sejenis website. Perbedaan utama antara blog dan berbagai jenis situs web adalah bahwa blog secara rutin disegarkan dengan konten baru, yang ditampilkan dalam permintaan berurutan mundur (lebih banyak postingan terbaru muncul lebih dulu).

Website (Situs Web) bersifat statis, di mana substansi tersusun dalam halaman, dan tidak terlalu sering diperbarui. Sebaliknya, blog diperbarui terus-menerus, dan biasanya diperbarui setiap hari. Kebanyakan blogger mendistribusikan beberapa artikel dalam seminggu dan blog populer dapat memposting lebih dari 20-30 posting blog sehari jika mereka memiliki sesuatu untuk ditulis.

Blog bisa menjadi bagian dari situs yang lebih besar. Seringkali organisasi memiliki area blog tempat mereka biasanya membuat pengumuman, berita, dan memandu klien mereka.

Ada banyak cara untuk memulai blog dan banyak platform juga, tetapi yang paling populer adalah wordpress. Anda dapat memanfaatkan WordPress untuk membuat keduanya, situs atau blog atau keduanya, itulah alasan mengapa banyak pengusaha menggunakan WordPress untuk membuat situs bisnis mereka. Singkatnya, semua Blog bisa menjadi situs atau bagian dari situs. Tetapi Anda tidak dapat menyebut setiap situs web sebagai blog.

Anda juga dapat mengatakan bahwa Blog memiliki artikel yang disusun berdasarkan klasifikasi dan label. Kemudian lagi, situs menggunakan halaman untuk memilah dan menampilkan konten.

Blogger dengan bayaran tertinggi

  • Huffington Post– $ 41,6 juta per bulan
  • Endgadget– $ 3,95 juta per bulan
  • Moz– $ 3,74 juta per bulan
  • Perez Hilton– $ 3,44 juta per bulan
  • Mashable– $ 3,33 juta per bulan
  • CopyBlogger– $ 2,75 juta per bulan
  • TechCrunch– $ 1,87 juta per bulan
  • Tuts + – $ 833 ribu per bulan
  • Smashing Magazine– £ 425 ribu per bulan
  • Gizmodo– $ 400 ribu per bulan

Tidak ada lari dari fakta bahwa membangun kepopuleran blog membutuhkan investasi (Waktu). Tuts + sudah berjalan lama, The Huffington Post selama empat belas, CopyBlogger dua belas dan Mashable selama tiga belas. Gizmodo sudah ada sejak 2002!

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk membuat blog yang populer dan menjad irujukan bagi masyarakat luas, intinya di sini adalah anda harus melakukannya untuk waktu yang lama.

Mengatakan ini tidak berarti anda tidak dapat mencapai banyak hal dalam jangka menengah. Mashable mendapatkan 2 juta penonton hanya dalam kurun waktu satu setengah tahun – namun pendirinya, Pete Cashmore, menghabiskan waktu 20 jam sehari untuk menulis artikel teknologi sepanjang tahun pertama di blog!

Berikut ini tautan lain jika anda ingin memulai sebuah blog.

Menulis Blog - Blogging
Menulis Blog – Blogging

Menulis vs Blogging

Jadi, apa perbedaan antara menulis dan ngeblog, dan bagaimana hal itu bisa mengubah kebiasaan pembaca? Menulis untuk publikasi cetak dan blog, keduanya bergantung pada konten yang sangat menarik dan ditulis dengan baik sebagai dasar untuk sukses.

Apa yang membedakan blog adalah sejauh mana seorang blogger dapat membuat dan mengontrol tindak lanjut mereka sendiri, daripada bergantung pada departemen pemasaran penerbit dan kritik untuk promosi, dan kesempatan blogger untuk berinteraksi secara langsung dan segera dengan pembaca.

Blogging membutuhkan tulisan yang bagus dan kemudian meningkatkannya untuk beberapa tujuan:

  • Pertama, untuk mempromosikan dirinya secara implisit di Internet dengan mengoptimalkan konten untuk rasio klik-tayang yang tinggi di mesin pencari,
  • Kedua, membuat tulisan Anda menjadi sumber yang lebih besar bagi pembaca dengan menautkan ke konten terkait yang berharga, dan terakhir dengan mengundang keterlibatan langsung dan hampir secara real-time dengan pembaca Anda.

Di sinilah banyak penulis cetak benar-benar gagal menjadi blogger – mereka hanya memposting materi yang ditulis dengan gaya cetak biasa mereka untuk berdiri sendiri, konsumsi satu arah oleh pembaca, dan tidak berusaha membuat komunitas bagi pembaca untuk berbagi pemikiran mereka.

Tips Blogging

Anda harus membuat strategi penting sebelum memulai blog Anda.

  1. Pilih ceruk blog di mana Anda ahli dalam menulis. Ini adalah keputusan penting dalam karier blog Anda.
  2. Anda harus mendaftarkan nama domain yang sederhana dan mudah yang harus diingat oleh sebagian besar orang dengan mudah. Ini harus hampir sekitar 8-12 karakter maksimal.
  3. Pilih paket hosting web yang andal dan efisien untuk menghosting situs web Anda.
  4. Anda harus memilih WordPress sebagai CMS untuk blog Anda karena ini adalah CMS ramah pengguna terbaik hingga saat ini.
  5. Tema WordPress yang memuat cepat lebih baik untuk Peringkat Mesin Pencari Anda.
  6. Sekarang Anda harus memiliki beberapa taktik SEO untuk meningkatkan popularitas situs web Anda.
  7. Tulis konten unik. Jangan menyalin dari sumber lain.
  8. Anda harus membuat jaringan yang bagus di sekitar ceruk blog Anda. Ini akan meningkatkan kehadiran online blog Anda secara efektif.
  9. Jangan memulai blog lain sebagai gantinya posting artikel secara teratur di blog Anda. Terus perbarui secara rutin setiap hari.
  10. Untuk meningkatkan lalu lintas ke blog Anda, Anda harus memulai dengan posting tamu atau komentar blog di beberapa blog lain dengan ceruk yang sama atau ceruk terkait.
  11. Tetapkan tujuan sederhana dan bekerja keras untuk mencapainya.
  12. Anda harus mencoba membuat topik sendiri daripada mendapatkan topik dari blog lain.
  13. Buat daftar email baru untuk memberi tahu pelanggan Anda tentang konten yang diperbarui.
  14. Jaga agar postingan Anda tetap sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.
  15. Selesaikan masalah pembaca Anda dengan berdiskusi dengan mereka di komentar.
  16. Mintalah pendapat pembaca tentang posting Anda dan juga minta mereka untuk menilai itu.
  17. Cobalah untuk membangun backlink blog Anda di blog lain dengan niche yang sama untuk memperoleh lalu lintas.
  18. Bersikaplah tenang dan sabar karena ngeblog bukanlah kesuksesan dalam semalam.
  19. Gunakan tema premium di blog Anda dan coba buat blog Anda ramah SEO.
  20. Balas setiap komentar di blog Anda.
  21. Jangan pernah menempatkan terlalu banyak widget di blog Anda. Terkadang sepertinya cukup mengganggu.
  22. Cobalah untuk menggunakan sedikit iklan di blog Anda sebanyak mungkin.
  23. Jangan pernah menyalin gambar dan konten dari blog lain, coba edit ulang sepenuhnya dan kemudian publikasikan ke blog Anda.
  24. Tambahkan beberapa halaman berguna ke blog Anda seperti privasi, beranda, tentang saya, dll.
  25. Anda harus menunggu hasilnya dan tidak pernah berhenti bekerja di blog Anda.

Ikuti langkah-langkah tadi di atas dan lihat perubahan drastis dalam perjalanan blog anda. Namun, yang pasti anda harus tetap sabar untuk melihat pertumbuhannya, serta harus rutin dalam update dan memposting konten-konten baru di blog anda.

Blog Informatif vs Blogmercial

Banyak yang memulai blog, melakukannya untuk menghasilkan uang. Alhasil, uang kerap menjadi fokus blog. Mereka menempatkan iklan di header, sidebar dan di dalam atau di antara posting. Terkadang mereka melakukan ulasan berbayar. Dan terus mencari opsi menghasilkan uang yang dapat ditambahkan ke situs. Masalahnya adalah terlalu sering, blog-blog ini kehilangan tampilan seperti strip Las Vegas dan berhenti memberikan nilai kepada pembacanya.

Orang yang membaca blog melakukannya untuk mendapatkan informasi, nasihat atau hiburan. Meskipun mereka tidak keberatan dengan ulasan atau iklan, mereka tidak ingin dijual sepanjang waktu. Untuk memastikan blog Anda menarik pembaca dan menghasilkan uang:

  1. Ingatlah pembaca blog anda setiap saat. Apakah konten Anda menambah nilai bagi kehidupan pembaca Anda? Apakah konten mudah ditemukan dan dipahami?
  2. Periksa kembali konten blog anda. Apakah para pembaca mempercayai konten anda. Jangan merusak kepercayaan itu dalam upaya hanya untuk menghasilkan uang. Pengikut yang setia dan tetap bernilai banyak uang. Jangan sampai kehilangan dia karena ada sampah di situs Anda.
  3. Jujurlah dengan pembaca anda. Jika Anda mendapatkan sesuatu secara gratis, katakan saja. Jika Anda merekomendasikan produk dan akan dibayar jika pembaca Anda membelinya, katakan saja. Sekali lagi, ini tentang kepercayaan.

Menghasilkan uang dengan blog Anda tidaklah buruk. Mirip dengan bagaimana majalah menghasilkan uang dengan iklan, Anda dapat melakukan hal yang sama. Tetapi pikirkan tentang majalah yang memiliki begitu banyak iklan sehingga Anda tidak dapat menemukan kontennya. Atau isinya mencurigakan seperti advertorial.

Semakin banyak nilai yang anda tawarkan kepada pembaca blog anda, semakin mereka akan terus kembali, semakin banyak mereka mengakses blog anda dan semakin banyak yang anda hasilkan.


Referensi: 
hxxps://www.seekahost.com/top-indonesian-bloggers-blog-list/
hxxps://theculturetrip.com/asia/indonesia/articles/the-10-best-indonesian-bloggers/
hxxps://aseanup.com/top-50-blogs-indonesia/
hxxps://www.webprotime.com/what-is-a-blog/

3 tanggapan untuk “Apa itu Blog?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *