Kategori
Tekno WordPress

Apa itu Sistem Manajemen Konten / Content Management System (CMS), 5 hal penting wajib dibahas

Bimakuru.comSistem Manajemen Konten membangun Website dan Blog. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya terkait Apa itu Website? dan Apa itu Blog? pada artikel saya sebelumnya. Baik itu website dan blog keduanya menyebut terkait Sistem Manajemen Konten untuk membangun laman online.

Sistem Manajemen Konten atau dalam bahasa inggris Content Management System (CMS) adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun situs web dan membuat konten untuk dipublikasikan di internet. Biasanya CMS memungkinkan anda membuat situs web secara instan tanpa menulis kode (pemrograman) apa pun.


Di masa-masa awal web, Anda perlu mengetahui HTML agar dapat membuat kode situs web dan menerbitkan konten Anda secara online. Itu dulu sulit, tetapi CMS membuatnya lebih mudah. Alih-alih menulis kode situs web Anda dari awal, perangkat lunak CMS melakukannya untuk Anda.

Anggap saja seperti mengendarai mobil. Anda tidak perlu memahami mekanisme di balik cara kerjanya. Sebagai gantinya, Anda menggunakan dasbor dan pedal yang disederhanakan untuk memberi tahu mobil apa yang harus dilakukan.

Analogi lain adalah ibaratnya sebuah mie instan, adalah CMS-nya masakan. Hanya perlu meracik dan memasaknya sesuai aturan standart, maka anda akan dapat dengan mudah membuat sebuah masakan mie. Tanpa perlu meracik bumbu dan mengolah tepung menjadi mie.

Begitu juga dengan Sistem Manajemen Konten. Tanpa perlu membuat dan menulis kode-kode pemrograman dari awal, anda sudah dapat membangun sebuah website dengan menggunakan atau menginstall sebuah Sistem Manajemen Konten.

Manfaat Menggunakan Sistem Manajemen Konten / Content Management System (CMS)

Sistem Manajemen Konten memudahkan pemula untuk membuat website. Tanpa kemampuan menulis kode programpun pengguna Sistem Manajemen Konten dapat merancang sites web atau blog mereka sendiri, menerbitkan konten serta dapat membangun bisnis online tanpa mempekerjakan pengembang website.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS) untuk membangun situs web atau blog anda.

  • Tidak perlu repot menerbitkan: CMS memungkinkan mereka yang tidak memiliki keahlian teknis untuk mempublikasikan konten, membuat situs web, dan mengedit konten menggunakan dasbor sederhana.
  • Penjadwalan konten yang nyaman: Sistem manajemen konten memungkinkan administrator situs untuk mempublikasikan konten dengan satu klik tombol. Anda dapat menjadwalkan postingan untuk dipublikasikan untuk memenuhi tenggat waktu kalender, acara bisnis, atau peluncuran produk.
  • Berfungsi dengan bisnis ukuran apa pun: Baik Anda membuat situs web untuk merek ternama, atau baru memulai bisnis, Anda dapat menggunakan CMS. Dengan CMS dan paket hosting web yang tepat, Anda dapat membuat jenis atau ukuran situs web apa pun.
  • Terjangkau dan mudah dikendalikan: CMS memungkinkan para pemula untuk mengelola situs dari semua ukuran tanpa bergantung pada pengembang web berharga tinggi untuk melakukan pemeliharaan situs atau membuat perubahan rutin. Sistem manajemen konten memungkinkan Anda memilih siapa yang memiliki akses ke situs Anda.
  • Kemampuan untuk Menyesuaikan: Mudah untuk mengubah desain situs web Anda atau menyesuaikannya dengan logo, warna, dan gaya Anda sendiri. Anda juga dapat menggunakan plugin untuk menambahkan lebih banyak fitur.
Fitur Sistem Manajemen Konten (CMS)

Fitur-fitur Sistem Manajemen Konten / Content Management System (CMS)

Seperti perangkat lunak apa pun, ada banyak opsi berbeda di luar sana terkait platform CMS. Kami telah membandingkan semua platform CMS terbaik di pasar.

Meskipun ada banyak variasi perangkat lunak CMS di luar sana, mereka semua menggunakan fitur tertentu. Berikut ini beberapa yang paling umum.

  • Dasbor Situs Web. Sistem manajemen konten yang baik memungkinkan Anda menggunakan antarmuka pengguna yang sederhana untuk membuat situs web. Sebagai pemilik situs web, Anda dapat masuk ke dasbor situs web untuk menyesuaikan situs web Anda. Dasbor juga bisa disebut area backend atau admin situs web.
  • Tema untuk Menyesuaikan Desain. Platform CMS biasanya memungkinkan Anda mengubah tampilan situs web Anda dengan memilih template atau tema. Tema adalah templat yang dirancang sebelumnya yang memungkinkan Anda mengubah tata letak, warna, font, dan aspek desain lain dari situs web. WordPress memiliki ribuan tema gratis dan premium yang tersedia. Kami telah membuat pilihan ahli kami dari tema WordPress terbaik.
  • Editor Konten. Platform CMS menyertakan editor konten yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan menerbitkan halaman web Anda. Editor teks terkadang disebut editor WYSIWYG, yang merupakan singkatan dari What You See Is What You Get. Saat Anda mengedit teks, Anda dapat melihat persis seperti apa tampilannya di situs web Anda, alih-alih melihat kode. Anggap saja seperti menggunakan editor seperti Microsoft Word. CMS juga memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar dan file media lainnya ke situs web Anda.
  • Plugin dan Ekstensi. Banyak platform CMS memungkinkan Anda menambahkan fitur baru dan memodifikasi situs Anda dengan cara lain dengan menambahkan plugin. Plugin di situs web seperti aplikasi di smartphone. Anda dapat dengan mudah menginstalnya untuk menambahkan fitur dan fungsi baru ke situs web Anda. Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan fitur baru seperti formulir kontak atau integrasi media sosial. WordPress hadir dengan lebih dari 57.000 plugin gratis. Kami telah membuat daftar plugin WordPress yang harus dimiliki.
  • Manajemen pengguna. Dengan CMS yang baik, Anda dapat dengan mudah memberi orang lain akses untuk mempublikasikan konten di situs Anda. Anda bahkan dapat menetapkan peran pengguna yang berbeda untuk mengontrol akses yang mereka miliki.

Sistem Manajemen Konten / CMS Terbaik

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai situs web atau meningkatkan versi yang sudah Anda miliki, Anda harus melihat biaya, kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan skalabilitas CMS Anda.

Ada banyak pilihan CMS di luar sana untuk membuat situs web. Anda mungkin pernah mendengar tentang platform seperti Sistem Manajemen Konten WordPress, Drupal, Joomla, Squarespace, Weebly, Wix dan banyak lagi.

WordPress adalah sistem manajemen konten paling populer di dunia. Ini memberdayakan lebih dari 38% dari semua situs web di internet.

Kami percaya bahwa WordPress adalah CMS terbaik yang tersedia.

Tidak seperti beberapa alternatif lain, WordPress memiliki variasi terbaik dari pembuat halaman drag-and-drop, memiliki plugin gratis dan premium, terintegrasi dengan ratusan aplikasi lain, ribuan tema gratis dan premium untuk dipilih.

Baik Anda mencari pembuat situs web sederhana atau platform blog terbaik, Anda tidak bisa salah dengan WordPress. Anda dapat menggunakannya untuk semua jenis situs web termasuk blog, situs web bisnis kecil, perusahaan, dan bahkan toko eCommerce.

Karena WordPress digunakan oleh lebih dari sepertiga web, ada banyak sumber daya di luar sana untuk membantu Anda membuat situs web.

WPBeginner adalah situs tutorial WordPress gratis terbesar di web, dan Anda bisa mendapatkan bantuan dari video YouTube dan grup Facebook kami (lebih dari 65.000 anggota).

Untuk memulai, lihat panduan utama kami untuk membuat situs WordPress.

Apa yang bisa dilakukan CMS untuk saya?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan CMS untuk Anda. Meskipun fungsionalitas tertentu bervariasi berdasarkan sistem mana yang Anda pilih untuk bekerja, ada beberapa fitur yang harus Anda temukan di hampir setiap CMS, baik sebagai fungsionalitas standar atau melalui beberapa plugin atau modul tambahan.

  • Kemampuan Blogging
  • Penerbitan Media
  • Pendaftaran pengguna
  • Pembuatan Formulir Kontak
  • Manajemen Buletin
  • Sistem Kalender
  • Pengaturan acara
  • Pembuatan Formulir Online
  • Kemampuan Forum

Dan daftarnya terus bertambah. Nah, inilah alasan sebenarnya Anda tertarik untuk menggunakan CMS. Backend Administratif yang kita bicarakan sebelumnya memungkinkan Anda untuk mengontrol dan menginstal semua fitur ini di situs web Anda tanpa menjadi programmer! Seberapa hebat itu?

Contoh Sistem Manajemen Konten Populer

WordPress, yang kami tunjukkan di atas, adalah contoh terbaik dari sistem manajemen konten populer. Meskipun ada sistem manajemen konten lain yang ada, WordPress mempertahankan lebih dari 38,8% pangsa pasar di situs web dengan sistem manajemen konten yang dikenal.

Perhatikan bahwa saat kami menyebut “WordPress”, kami tidak berbicara tentang WordPress.com. Alih-alih, kami berfokus pada WordPress.org, yang merupakan situs web tempat penyimpanan sistem pengelolaan konten WordPress sumber terbuka sebenarnya.

Di luar perangkat lunak WordPress yang dapat dihosting sendiri, sistem manajemen konten populer lainnya meliputi:

  • Joomla
  • Drupal
  • Magento (untuk toko eCommerce)
  • Squarespace
  • Wix
  • TYPO3

Ada juga banyak sistem pengelolaan konten lain yang kurang terkenal yang menargetkan diri mereka sendiri ke perusahaan besar (dengan harga yang sesuai).

Referensi:
hxxps://kinsta.com/knowledgebase/content-management-system/
hxxps://www.bluehost.com/blog/all-about-content-management-systems/
hxxps://www.wpbeginner.com/glossary/content-management-system-cms/
8 Top CMS Website Builders 2021
What is a CMS?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *