Kategori
Tekno

Google Tips dan Trik untuk Pemula

Bimakuru.com – Saat ini Google lebih dari hanya sekadar mesin pencari. Di artikel ini akan membantu anda menemukan apa yang dapat anda lakukan dengan aplikasi, produk, dan layanan gratis berbasis browser ini.

Memulai Menggunakan Google


Ada banyak alasan (semoga semuanya tercakup dalam artikel ini) untuk mempelajari berbagai aplikasi Google.

Namun sebelum anda mulai menjelajahi alat-alat luar biasa ini dan menemukan seberapa banyak yang dapat anda lakukan dengannya, anda harus memahami dasar-dasarnya.

Simak beberapa penjelasan berikut untuk mengatur akun google yang sangat penting dan juga menginformasikan kepada anda beberapa tips untuk memastikan semua petualangan daring anda bersama Google anda aman.

Menyiapkan Akun Google

Di masa lalu, menggunakan beberapa aplikasi Google yang berbeda berarti juga memiliki beberapa nama pengguna dan kata sandi yang berbeda.

Untungnya, google mengambil langkah untuk menggabungkan semua akun yang berbeda ini menjadi satu akun google utama.

Ini berarti Anda hanya tidak suka mengingat satu nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses hampir semua produk Google, ditambah lagi jauh lebih mudah untuk membagikan informasi, gambar, dan data lain di antara perangkat Anda.

Salah satu pertanyaan umum terkait aplikasi Google adalah:

Dapatkah saya menggunakan detail akun Google saya untuk Login / Sign In di smartphone dan juga komputer saya sekaligus?

Untungnya, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah YA, ikuti informasi di bawah ini untuk mengatur detail akun google Anda dan kemudian Anda akan dapat menggunakan di semua perangkat dan aplikasi yang kompatibel.

Membuat Akun Google

Tahap-1. Gunakan browser apapun, tapi kalau ada Google Chrome juga lebih oke. Akses ke www.accounts.google.com dan Klik di bagian Create Account di sebelah Kiri Bawah. Selanjutnya ada pilihan, untuk menyiapkan akun perorangan atau bisnis. Jika email tersebut untuk diri anda sendiri ya pilih perorangan (individual).

Tahap-2. Isi kolom-kolom data diri anda sesuai pada kolom yang disediakan. Pada bagian username, isikan alamat email untuk akun gmail.com anda. Bebas, sesuai keinganan anda. Username ini dapat berupa huruf dan angka. Jika username yang anda isikan tidak tersedia, google akan memberikan beberapa alternatif nama, tapi juga anda dapat menggantinya yang lain.

Tapi perlu diingat, sekali didaftarkan username ini tidak dapat diganti.

Selanjutnya isikan password untuk gmail.com anda tersebut. Jangan sampai lupa, password sangat penting untuk dapat mengakses akun google anda. Jika perlu, catat di buku/kertas anda.

Jika sudah semua kolom terisi dengan benar, Klik Lanjutkan/Next.

Tahap-3. Lengkapi semua isian kolom terkait infromasi data anda. Termasuk nomor telepon dan alamat email alternatif; ini berguna jika anda perlu memulihkan info login Anda.

Anda juga perlu melengkapi seluruh formulir dan menyetujui Persyaratan Layanan Google untuk dapat melanjutkan.

Tahap-4. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran awal, Anda akan dibawa ke halaman inti akun saya.

Dari halaman ini Anda dapat menyesuaikan seluruh pengalaman pengguna google Anda sebagai berikut

Tahap-5. Dimulai dengan opsi yang dilindungi akun, Anda dapat, dari sini, memeriksa aktivitas akun Anda, mengonfirmasi bahwa Anda adalah satu-satunya pengguna, membuat daftar perangkat yang masuk melalui akun Anda dan menjelajahi opsi pemulihan

Tahap-6. Ada area utama dari opsi keamanan yang tersedia yang dapat dengan cepat memberi Anda wawasan tentang penggunaan akun Anda. Dimulai dengan opsi perangkat Anda, yang sangat penting.

Tahap-7. Tautan ini menunjukkan perangkat apa pun yang memiliki, atau sedang, mengakses akun Anda. Jika detail ini tidak cocok dengan catatan Anda, Anda dapat mengubah kata sandi menggunakan tautan info pribadi

Tahap-8. Kembali ke halaman akun google di mana opsi ext, privasi & tautan personalisasi, memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengedit semua data dan detail Anda yang digunakan selama proses penyiapan awal ini

Tahap-9. Tautan info pribadi, bilah sisi kiri, membuka halaman yang menyimpan catatan lengkap informasi yang telah Anda bagikan dengan google. periksa untuk memastikan apakah sudah benar. masalah apa pun ditampilkan sebagai simbol segitiga yang berisi “!” ikon, klik atau ketuk untuk memperbaikinya.

Tahap-10. Untuk saat ini, kita akan melewati pilihan privasi dan personalisasi karena, karena kepentingan dan kompleksitasnya, mereka dibahas secara lebih mendalam dalam panduan ini

Tahap-11. Pilih opsi data & personalisasi untuk melihat daftar akses cepat dari semua penggunaan Google Anda saat ini dan yang bersejarah. setiap bagian bertindak sebagai tautan pintasan ke aplikasi itu sendiri, seperti gmail

Tahap-12. Personalisasi iklan tidak dapat sepenuhnya memblokir iklan apa pun dari pengalaman Google Anda, tetapi Anda dapat mengedit jenis iklan yang Anda lihat, dengan memilih topik yang Anda suka atau tidak suka dari daftar

Tahap-13. Anda dapat mendownload atau mentransfer konten akun google Anda seperti bookmark internet, konten, file yang disimpan di google drive, dll, jika Anda ingin menutup akun google Anda

Tahap-14. Meskipun lebih cocok untuk pengguna jangka panjang, bahkan sebagai pengguna baru disarankan untuk menyimpan arsip terbaru dari data dan file Google Anda jika hal terburuk terjadi pada perangkat keras Anda

Tahap-15. Terakhir, kami memiliki opsi hapus layanan atau akun Anda. di sini Anda dapat menyesuaikan semuanya mulai dari cara Anda menggunakan akun Google hingga akhirnya menghapus akun Google Anda sepenuhnya

Tahap-16. Anda dapat mengubah bahasa akun Anda menggunakan Bahasa & Alat Masukan dan mengubah cara Google ditampilkan melalui alat Aksesibilitas, dari kontras yang ditingkatkan menjadi pembacaan teks

Tahap-17. Jika Anda ingin menyerah pada Google, kami menyarankan Anda untuk tidak melakukannya, Anda dapat menghapus aplikasi dan akun Anda sendiri dengan mencentang dua kotak Ya di bagian bawah halaman ini

Tahap-18. Terakhir, kembali ke halaman utama Akun Google. Dengan mengetuk ikon di kanan atas, Anda dapat menambahkan gambar profil jika Anda mau. Memiliki foto profil diri Anda akan membantu teman dan keluarga menemukan Anda di Google Apps mereka sendiri.

Tahap-19. Setelah menyiapkan Akun Google Anda, Anda dapat kembali untuk memeriksa / mengubah setelan apa pun melalui beranda akun yang berada di: myaccount.google.com.

Beberapa Akun Google (sekaligus)

Dimungkinkan untuk memiliki lebih dari satu Akun Google dan kemudian menyinkronkan akun tersebut di Ponsel atau Tablet Android Anda.

Menambahkan dan menyinkronkan akun kedua tidak akan menggabungkan kedua akun tersebut di mana pun kecuali di ponsel Anda (dan bahkan di sini, hanya di aplikasi tertentu). Tidak ada yang pernah disinkronkan antara akun Google Anda, memungkinkan Anda untuk memisahkan hal-hal dengan baik untuk akun pribadi dan kantor, misalnya.

Untuk menambahkan akun lain melalui ponsel atau tablet Anda, buka Pengaturan >> Akun lalu ketuk tombol Tambah Akun.

Layar ini menunjukkan semua akun yang terkait dengan perangkat. Pilih jenis akun yang ingin Anda tambahkan dari opsi di layar; seperti yang Anda lihat, bukan hanya beberapa akun Google yang dapat Anda tambahkan.

Meningkatkan Keamanan Akun Google

Menjaga diri Anda dan keluarga Anda tetap aman saat menggunakan Google Apps sama pentingnya dengan saat Anda berbagi detail dan file Anda secara online.

Meskipun demikian, tidak perlu sulit. Meskipun menggunakan internet dan jejaring sosial dapat menimbulkan masalah, Anda dapat menguranginya ke tingkat minimal dengan mengikuti beberapa saran sederhana.

Password (Kata Sandi)

Jika Anda seperti kami, jumlah kata sandi yang perlu Anda ingat bertambah hampir setiap hari dan karena itu, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan kata sandi yang sama atau serupa untuk beberapa situs web yang berbeda.

Ini ide yang buruk, apalagi jika kata sandi yang Anda pilih adalah sesuatu yang mudah ditebak seperti nama atau tanggal lahir Anda.

Berikut beberapa tip yang perlu dipertimbangkan saat membuat kata sandi.

Password Unik

Memiliki kata sandi unik untuk setiap situs web yang harus Anda masuki adalah ide yang sangat bagus, terutama untuk hal-hal seperti email dan perbankan online.

Meskipun keamanan di situs web bank dengan keamanan yang kurang ketat, Anda berisiko disusupi di salah satunya dan digunakan untuk mendapatkan akses ke situs lainnya. Bukan hal yang aneh bagi penjahat untuk mengambil kata sandi dari situs web mingguan dan kemudian secara acak mencobanya di situs yang lebih aman.

Password Acak

Cobalah untuk menghindari apa pun yang mudah ditebak, termasuk informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, atau alamat Anda.

Semua hal ini sangat mudah ditemukan dan seringkali merupakan hal pertama yang akan dicoba seseorang untuk masuk ke akun Anda.

Juga hindari, jika mungkin, menggunakan kata-kata nyata atau rangkaian angka yang berurutan, misalnya 123456789.

Semakin Panjang, Semakin Baik

Kata sandi yang pendek jauh lebih mudah diretas daripada kata sandi yang panjang, jadi pastikan untuk menghindari kata sandi yang kurang dari delapan karakter dan, jika mungkin, gunakan kata sandi yang setidaknya terdiri dari sepuluh karakter.

Ada 4000 kali lebih banyak kemungkinan kombinasi dari sepuluh huruf dan angka, dibandingkan delapan huruf dan angka.

Saat ini, sebagian besar situs web yang bagus memerlukan setidaknya kata sandi delapan karakter.

Password Kombinasi

Setelah Anda mulai menambahkan simbol dan campuran huruf besar, bersama dengan angka, ke dalam kata sandi, variasi yang mungkin meningkat hingga lebih dari enam kuadriliun (untuk kata sandi delapan karakter).

Kata sandi A1z7yDbP ribuan kali lebih aman daripada a1z7ydbp.

Pengelola Kata Sandi Pengguna

Bagi kebanyakan orang, menyimpan daftar kata sandi mereka secara tertulis tidak apa-apa selama Anda memastikan bahwa itu tidak tertinggal di meja Anda, dll.

Bahkan menyimpan dokumen teks di komputer Anda dengan kata sandi yang terdaftar biasanya tidak berisiko. Hanya saja, jangan panggil file ‘Kata Sandi’ dan tinggalkan di desktop.

Namun, cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan Pengelola Kata Sandi yang baik. Perangkat lunak sederhana ini memungkinkan Anda menyimpan sandi dalam file terkunci di komputer Anda.

Selama Anda memiliki kata sandi yang sangat bagus untuk masuk ke pengelola, kata sandi Anda yang lain akan aman.

Anda hanya perlu mengingat kata sandi, bukan 10 atau 20.

Cookies di Chrome

Apa itu Cookies?

Cookies (atau HTML Cookies) adalah file kecil yang digunakan oleh situs web untuk mengenali pengguna individu (atau lebih tepatnya, mengenali komputer mereka).

Saat Anda mengunjungi situs web, cookie disimpan dalam folder sementara di komputer Anda.

Ketika Anda mengunjungi situs itu lagi, cookie Anda akan diperiksa.

Situs yang berbeda menggunakan cookie untuk menyimpan informasi yang berbeda tetapi contoh yang baik adalah informasi dalam formulir yang secara otomatis diisi ketika mengunjungi situs yang Anda gunakan baru-baru ini untuk memesan sesuatu.

Hampir semua browser modern, termasuk Internet Explorer, Chrome dan Safari, memungkinkan Anda memblokir cookie agar tidak diunduh.

Namun, perlu diingat bahwa banyak situs web sekarang membutuhkan cookie agar berfungsi dengan baik, sehingga memblokirnya dapat berarti pengalaman menjelajah Anda membuat frustrasi.

Cookie tidak perlu ditakuti, cookie hanya digunakan untuk membuat internet berfungsi lebih baik.

Pengaturan Cookie

Untuk menonaktifkan cookie di browser web Chrome, klik ikon Tiga titik atau tombol Menu di pojok kanan atas browser.

Pilih Pengaturan, gulir ke bawah dan klik Pengaturan lanjutan. Sekarang klik Pengaturan situs, di bagian Privasi, lalu Cookie.

Pilih Izinkan data lokal disetel untuk mengizinkan cookie pihak pertama dan ketiga. Jika Anda hanya ingin menerima cookie pihak pertama, centang kotak di samping “Blokir semua cookie pihak ketiga tanpa pengecualian”.

Melindungi Privasi Anda di Google

Privasi Online adalah masalah yang sangat penting saat menggunakan aplikasi Google Anda. Google telah menyertakan alat privasi yang komprehensif untuk membantu Anda mengendalikan, dan memantau, bagaimana perusahaan menggunakan informasi Anda. Panduan ini akan memperkuat aturan privasi Anda saat menggunakan Google.

Langkah-1. Mulailah dengan membuka halaman utama Akun Google Anda, ini dapat diakses dengan memasukkan https://myaccount.google.com ke dalam browser. Dari halaman beranda akun utama, Anda dapat memeriksa tingkat privasi saat ini, informasi, dan keamanan Anda.

Langkah-2. Kotak Taje the Privacy Check-Up, yang terletak di kanan bawah dari empat kotak yang tersedia, adalah tempat yang baik untuk memulai. Cukup klik tautan Memulai, di bagian bawah kotak, untuk memulai panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda memilih pengaturan privasi yang benar.

Langkah-3. Bagian Pemeriksaan Privasi dibagi menjadi beberapa sub-kategori, menawarkan Anda kesempatan untuk meninjau pengaturan utama yang menentukan bagaimana Google mengontrol aktivitasnya terhadap Anda, iklan apa yang ditampilkan, bagaimana orang lain akan terhubung dengan Anda, apa pengaturan Foto Google tersedia dan apa yang Anda bagikan di YouTube. Klik kategori YouTube, misalnya.

Langkah-4. Opsi kategori ditampilkan sebagai kotak centang, jadi, dengan menggunakan kategori YouTube sebagai contoh, Anda dapat mengontrol bagaimana video YouTube Anda suka, daftar putar yang disimpan dan langganan tetap pribadi, atau tersedia untuk dilihat orang lain ketika mereka mengeklik Anda Akun YouTube / Google. Baca setiap elemen kategori dengan cermat untuk meningkatkan atau menurunkan privasi online Anda.

Langkah-5. Kembali ke beranda utama Akun Google, dengan terlebih dahulu mengeklik panah kembali dan Beranda di kolom kiri, luangkan waktu sejenak untuk melihat opsi lain yang tersedia.Centang di kotak Privasi & Personalisasi; klik tautan Kelola Data & Personalisasi Anda di bagian bawah kotak.

Langkah-6. Kategori Data & Personalisasi cukup mahal dan mencakup banyak konten yang terjadi antara Anda dan banyak layanan dan aplikasi Google. Setiap area dalam kategori ini dapat diperluas lebih jauh, seperti Aktivitas Web & Aplikasi, Histori Lokasi, dan sebagainya. Penting untuk meluangkan waktu menjelajahi bagian-bagian ini untuk menyempurnakan pengaturan privasi Anda.

Langkah-7. Di sebelah kiri Anda akan melihat kolom akses cepat, tempat Anda dapat menavigasi kembali ke halaman Beranda Akun; klik pada tautan Keamanan. Ini akan membuka halaman Keamanan di mana, jika seseorang mendapatkan akses ke kata sandi Google Anda, Anda dapat mengunci akun Anda. Di sini Anda dapat memilih Verifikasi 2 Langkah, membuat opsi pemulihan Akun, dan melindungi akun Anda dan privasinya.

Langkah-8. Opsi People & Sharing, yang ditemukan melalui kolom kiri lagi, juga patut diselidiki. Di sini, Anda dapat menentukan kontak Anda, memblokir semua pengguna dan, yang terpenting, mengelola berbagi lokasi Anda, serta memilih informasi pribadi apa tentang Anda yang dapat dilihat oleh orang lain di seluruh layanan Google.

Langkah-9. Saat berurusan dengan privasi Anda melalui aplikasi dan layanan Google, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, yang tidak mengherankan mengingat jangkauan Google di seluruh internet secara keseluruhan. Jika Anda pernah merasa bingung dengan pertanyaan apa pun, atau tidak tahu harus bertanya ke mana selanjutnya, opsi Bantuan akan memandu Anda melalui masalah umum dan menawarkan langkah-langkah terpandu tentang cara melanjutkan.

Langkah-10. satu aspek terakhir dari privasi yang perlu diperhatikan adalah Google Privacy & Terms. Ini selalu dalam keadaan flu dan akan berubah tergantung pada undang-undang negara tempat Anda tinggal saat ini. Kunjungi https://policies.google.com/privacy, untuk melihat Kebijakan Privasi Google terbaru dan lihat pengaruhnya terhadap Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *