Kategori
Tekno WordPress

Cara Mendapat Google Sitelinks

Bimakuru.comCara Mendapatkan Google Sitelinks, 8 Hal Perlu Kamu Tahu. Terkadang saat Anda menelusuri sebuah kata pencarian di Google (seperti “bimakuru“), Anda mungkin melihat bahwa daftar pencarian lebih besar daripada yang lain karena berisi tautan situs ke halaman penting lainnya dari situs web.

Tautan situs di Google ini membantu brand Anda lebih menonjol dan mendapatkan lebih banyak keterpaparan. Pada artikel ini, kami akan membagikan bagaimana Anda bisa mendapatkan tautan situs / Sitelink Google untuk situs WordPress Anda.



Karena ini adalah panduan komprehensif tentang menambahkan Google Sitelinks, kami telah membuat daftar konten untuk memudahkan penjelajahan:

Apakah itu Google Sitelinks?

Google Sitelinks adalah sub-halaman tambahan yang muncul di bawah situs pertama dalam hasil peringkat mesin pencari (SERPs). Ini sering kali berupa tautan internal ke halaman paling populer di situs web itu. Tautan situs Google sering ditampilkan saat Anda mencari kata kunci merek tertentu karena membantu pengguna menavigasi dengan mudah di sekitar situs web.

Jumlah pasti tautan situs Google mungkin berbeda untuk setiap situs web. Pencarian nama merek khas di Google dapat berisi dua, empat, atau enam tautan situs yang ditampilkan di bawah nama situs web.

Berikut adalah contoh tampilan tautan situs Google:

Google Sitelink di Bimakuru.com

Tautan situs Google dipilih oleh algoritme mereka untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik karena memungkinkan pengguna untuk langsung menuju ke halaman teratas tanpa klik tambahan.

Jika situs web Anda baru atau tidak mendapatkan banyak lalu lintas, Google mungkin tidak menampilkan tautan situs apa pun untuk kata kunci Anda.

Jangan khawatir, kami akan membagikan beberapa tips tentang cara memengaruhi sitelink Google untuk situs Anda. Namun sebelum kita melakukannya, mari kita bahas tentang mengapa tautan situs Google itu penting.

Mengapa Google Sitelinks Penting?

Tautan situs Google didambakan oleh pemilik bisnis dan profesional SEO karena membantu merek Anda menonjol. Berikut adalah 5 alasan teratas mengapa tautan situs Google penting.

  1. Google Sitelinks dapat Meningkatkan Rasio Klik-Tayang (CTR)

Studi menunjukkan bahwa 3 tempat teratas di Google mendapatkan klik terbanyak. Saat tautan situs ditampilkan untuk merek tertentu, itu menggunakan jumlah ruang yang sama seperti tiga daftar pencarian biasa.

Ini secara signifikan meningkatkan rasio klik-tayang Anda secara keseluruhan. Sederhananya, lebih banyak pengunjung akan mengunjungi situs Anda dari kata kunci.

  1. Google Sitelinks membantu Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Google Sitelinks tidak ditampilkan untuk semua situs web. Ketika Google menampilkan tautan situs untuk sebuah merek, itu berarti bahwa situs web itu populer, dioptimalkan dengan baik, dan / atau Google yakin hasilnya berguna bagi pengunjung.

Tautan situs Google memakan banyak ruang layar (alias real-estate digital). Ini memberi tahu pengguna bahwa Google percaya hasil # 1 jauh lebih relevan daripada yang lain di halaman.

Di seluler, tautan situs yang sama mengambil lebih banyak ruang layar, lebih jauh menyoroti kredibilitas merek.

  1. Google Sitelinks Dapat Meningkatkan Kesadaran Produk

Tautan situs Google menyorot halaman paling penting di situs web. Ini didasarkan pada apa yang menurut algoritme Google paling relevan dengan maksud penelusuran pengguna.

Untuk laman seperti Adidas ataupun Brodo, ini berhasil dengan baik karena memungkinkan pengguna baru dengan cepat mengetahui produk, fitur, harga, dan bahkan konten website mereka.

Pengguna baru mungkin tidak tahu bahwa blog Adidas dan Brodo seperti gambar di atsa, memiliki kiat pengoptimalan konversi terbaik, karena Google Sitelinks, pengunjung cenderung memeriksanya.

Untuk situs web eCommerce atau toko online, tautan situs Google bahkan dapat menampilkan hasil yang lebih dipersonalisasi untuk membantu pengguna menemukan dan membeli produk yang tersedia dengan cepat.

Misalnya, saat kami mencari Apple, tautan situs Google dipersonalisasi untuk tidak hanya menampilkan produk Apple teratas tetapi juga toko fisik Apple terdekat.

Ini memungkinkan kami dengan mudah menemukan produk teratas Apple, dan bahkan memiliki akses sekali klik ke toko, jam buka, dan petunjuk arah. Ini sangat membantu dan membuatnya lebih mungkin bagi pengguna untuk melakukan pembelian.

  1. Google Sitelinks Memungkinkan Pengguna Menemukan Halaman Teratas

Tautan situs Google juga dapat berfungsi sebagai titik “Mulai di Sini” yang bagus untuk situs web dengan banyak konten. Ini mempermudah pengguna untuk menemukan halaman teratas di situs Anda.

Misalnya, jika pengguna baru mencari WPBeginner, mereka akan melihat konten kami yang paling populer (dan paling bermanfaat) terlebih dahulu seperti halaman Mulai di Sini, panduan kami tentang Cara Memulai Blog, Cara Membuat Situs Web, 200+ WordPress kami kategori tutorial, kategori Panduan Pemula WordPress kami, dan tentu saja blog WordPress populer kami.

  1. Pencarian Google Sitelinks Memungkinkan Pengguna Meramban Halaman Lebih Dalam

Untuk beberapa situs web, tautan situs Google mungkin disertai dengan kotak pencarian khusus situs. Kotak pencarian tautan situs Google ini memungkinkan pengguna untuk mencari di dalam situs web tertentu langsung dari Google.

Ini adalah fitur yang sangat kuat, jadi Google hanya menambahkannya untuk situs web dengan banyak konten karena mereka yakin bahwa memasukkan kotak telusur akan sangat bermanfaat bagi pengguna.

Kotak pencarian Google Sitelink hanya muncul dengan situs yang berisi banyak konten seperti WPBeginner, YouTube, Wikipedia, dll.

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya tautan situs Google, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menambahkan tautan situs Google ke situs web Anda.

Cara Mendapatkan Google Sitelinks untuk Situs WordPress Anda

Tidak ada jaminan cara mendapatkan Google Sitelinks untuk situs web Anda. Tidak seperti fitur SEO lainnya, tidak ada tombol yang dapat Anda klik di Google Search Console untuk mengaktifkan tautan situs untuk situs WordPress Anda.

Tautan situs Google diotomatiskan, dan ditampilkan sepenuhnya berdasarkan algoritme Google. Namun Anda dapat mengikuti praktik terbaik SEO tertentu untuk secara signifikan meningkatkan peluang Anda mendapatkan tautan situs Google untuk situs web Anda.

Mari kita lihat 8 praktik terbaik untuk mendapatkan tautan situs untuk situs web Anda.

  1. Nama Situs Web Anda Harus Unik

Tautan situs Google ditampilkan terutama pada kueri penelusuran khusus merek, dan hanya ditambahkan untuk situs yang menempati peringkat # 1 untuk hasil penelusuran tersebut.

Jika Anda memiliki nama merek umum seperti “Konsultasi Ahli SDM Global”, Anda kemungkinan akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat teratas. Bahkan jika Anda mendapatkan posisi # 1, Google masih kesulitan memutuskan apakah pengguna benar-benar mencari perusahaan Anda atau topik umum.

Inilah mengapa nama merek umum tidak memiliki tautan situs:

Kecuali jika merek Anda menjadi nama rumah tangga seperti Apple, dalam hal ini Google tahu bahwa maksud pencarian adalah untuk orang-orang yang tertarik dengan perusahaan teknologi, Apple, dan bukan buahnya.

Karena sebagian besar perusahaan tidak akan memiliki anggaran pemasaran seperti Apple untuk menjadi merek di seluruh dunia, lebih baik memilih nama yang lebih unik untuk perusahaan Anda seperti WPBeginner, OptinMonster, dll.

Sekarang jika Anda sudah memiliki merek yang mapan, kami sangat tidak menyarankan untuk mengubahnya hanya untuk mendapatkan tautan situs karena ini adalah tugas yang sangat rumit dan memiliki risikonya sendiri. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang: cara memindahkan situs Anda ke domain baru.

  1. Peringkat di Posisi # 1 untuk Nama Merek Anda

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, tautan situs Google hanya ditugaskan ke hasil pencarian pertama, jadi Anda perlu bekerja pada peringkat # 1 untuk istilah merek Anda.

Ini bisa memakan waktu lama untuk perusahaan baru, tetapi dengan promosi yang cukup Anda bisa sampai di sana.

Misalnya, situs web baru kami, WP Mail SMTP, tidak menempati peringkat # 1 untuk kata kuncinya, jadi kami belum memiliki tautan situs Google.

Sedangkan situs web baru kami yang lain, RafflePress menempati peringkat # 1, jadi memiliki tautan situs Google.

Untuk meningkatkan peringkat situs web Anda, Anda perlu mengikuti panduan SEO WordPress kami dan menerapkan praktik terbaik. Anda juga perlu melakukan penelitian kata kunci dan menulis posting blog berkualitas yang dioptimalkan untuk SEO. Setelah itu, Anda perlu mendapatkan backlink ke situs Anda.

  1. Gunakan Data Terstruktur yang Tepat untuk SEO

Mesin pencari menggunakan bot otomatis untuk merayapi dan mengindeks situs web Anda. Bot mesin pencari ini mencari data terstruktur untuk lebih memahami tentang apa itu situs web dan halaman tertentu.

Data terstruktur dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tautan situs Google, cuplikan unggulan, dan bahkan muncul di kotak jawaban.

Anda dapat mengatur ini dengan menggunakan plugin WordPress SEO seperti AIOSEO, atau plugin serupa lainnya yang memungkinkan Anda menambahkan meta data dan elemen skema lainnya.

Sama seperti hal lainnya, markup Skema atau Data Terstruktur tidak menjamin bahwa Google akan menambahkan tautan situs, tetapi ini pasti meningkatkan peluang Anda.

  1. Memiliki Struktur dan Navigasi Situs Web yang Jelas

Sebagai pemilik situs web, tugas Anda adalah memastikan bahwa Google dan mesin telusur lain dapat dengan mudah menemukan jalan mereka di situs web Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan mengatur halaman teratas Anda dalam menu WordPress dropdown hierarkis yang dipikirkan dengan matang.

Anda dapat menambahkan navigasi runut tautan di situs web Anda untuk memudahkan pengguna dan mesin telusur untuk melihat struktur situs.

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki halaman situs web penting seperti Tentang, Harga, Kontak, dll yang dibuat dan ditautkan dari berbagai area situs web Anda.

  1. Buat Peta Situs dan Tambahkan Situs Anda ke Google Search Console

Google dan mesin telusur lainnya mengandalkan peta situs XML untuk menemukan dan mengindeks semua laman dari situs web Anda dengan benar.

Anda perlu membuat peta situs XML, lalu mengirimkannya ke konsol pencarian Google.

Ini akan mempermudah Google menemukan semua halaman di situs Anda, dan ini juga dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tautan situs Google.

  1. Internal Linking hukumnya Wajib

Tautan internal adalah salah satu bagian terpenting dari SEO pada halaman. Anda perlu memastikan bahwa Anda sering menautkan ke laman internal teratas di situs web Anda.

Karena Google menggunakan tautan balik sebagai sinyal peringkat, tautan internal membantu Google melihat halaman mana yang paling penting di situs Anda.

Anda dapat melihat bagaimana kami telah menautkan ke berbagai konten situs web internal kami dari artikel ini.

  1. Tingkatkan Judul Halaman dan Buat Relevan

Judul halaman mungkin adalah elemen SEO pada halaman yang paling penting. Anda perlu memastikan bahwa judul halaman Anda relevan dengan kata kunci yang Anda coba rangking.

Google menggunakan judul halaman untuk menghasilkan sitelink, jadi Anda perlu memastikan bahwa judul halaman Anda relevan.

Tim TrustPulse telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan judul halaman mereka:

Anda dapat menentukan judul posting atau halaman di dalam pengaturan plugin SEO WordPress Anda untuk halaman tersebut.

  1. Tingkatkan Kesadaran Merek Anda

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bahwa tautan situs Google biasanya ditampilkan untuk situs web yang sudah mapan.

Anda tidak harus menjadi merek besar seperti Apple atau WPBeginner, tetapi Anda perlu meningkatkan kesadaran agar Google memperhatikan Anda.

Otoritas dan keberadaan situs web Anda secara online memainkan faktor penting dalam algoritme peringkat Google.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran merek Anda:

  • Buat profil media sosial untuk merek Anda dan pastikan profil tersebut ditautkan ke Anda
  • Dapatkan ulasan bisnis yang positif tentang merek Anda di Facebook, Yelp, Google, dan pengumpul ulasan lainnya.
  • Blog tamu di situs web industri populer
  • Berpartisipasi dalam diskusi komunitas dan / atau berikan wawancara
  • Lakukan siaran pers dan hubungi outlet berita untuk meliput merek Anda

Kesadaran merek membantu meningkatkan jumlah pencarian merek yang merupakan indikator yang digunakan Google untuk menentukan apakah Sitelinks harus ditambahkan untuk istilah tertentu itu.

Cara Menambahkan Kotak Pencarian Google Sitelinks

Sama seperti tautan situs Google, kotak telusur dengan tautan situs juga ditambahkan berdasarkan kebijaksanaan Google. Kotak pencarian tautan situs Google biasanya didedikasikan untuk situs web dengan banyak konten seperti WPBeginner, Wikipedia, YouTube, dll.

Karena itu, Anda dapat menambahkan beberapa cuplikan kode di situs web Anda untuk mendorong Google menampilkan kotak pencarian situs bersama dengan tautan situs Google Anda.

Jika Anda menggunakan plugin AIOSEO, maka itu menambahkan markup JSON + LD untuk pencarian situs secara otomatis.

Jika tidak, Anda dapat menggunakan plugin Kotak Telusur Tautan Situs untuk menambahkan markup skema LD JSON yang relevan.

Pertanyaan Umum terkait Google Sitelinks

Di Grup Facebook dan saluran dukungan kami, kami telah menerima banyak pertanyaan terkait dengan tautan situs Google. Di bawah ini adalah yang teratas.

Bagaimana cara menghapus tautan situs dari Google?

Sebelumnya, Google mengizinkan webmaster untuk “menurunkan” tautan situs dari konsol penelusuran Google. Namun opsi itu telah dihapus untuk menyederhanakan banyak hal. Satu-satunya cara untuk menghapus halaman tertentu dari sitelink Google adalah dengan menghapus halaman atau menyetelnya ke noindex. Tidak ada cara untuk menonaktifkan tautan situs Google setelah ditambahkan kecuali Anda membatalkan indeks seluruh situs web Anda yang tidak disarankan.

Bagaimana cara mengubah Sitelinks di Google?

Tidak ada cara untuk mengubah Sitelinks di Google. Algoritme Google secara otomatis memilih halaman yang relevan di situs Anda dan menambahkannya ke sitelink. Anda dapat menyesuaikan judul halaman, tetapi Google sepenuhnya bergantung pada teks yang ditampilkannya. Tidak ada cara untuk mengedit teks di tautan situs Google karena sudah otomatis.


Referensi:
- https://developers.google.com/search/docs/data-types/sitelinks-searchbox?hl=id
- https://support.google.com/google-ads/answer/2375416?hl=id
- https://www.wpbeginner.com/beginners-guide/how-to-get-google-sitelinks-for-your-wordpress-site/#sitelinks-search-box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *