Kategori
Tekno

Cara Mempercepat Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10 – Percepat perangkat Windows 10 Anda dengan tips berikut ini. Jika Anda menemukan bahwa perangkat Windows 10 Anda terus-menerus terasa lambat (kinerja) atau membutuhkan waktu beberapa menit untuk melakukan tugas yang seharusnya hampir instan, itu bisa memicu kemarahan.

Windows 10 adalah sistem operasi yang sangat efisien, tetapi masih rentan terhadap perlambatan yang dapat membuat penggunaan laptop atau desktop Anda menjadi tugas.


Itu bisa dimengerti, tentu saja; Windows 10 memiliki banyak sistem yang semuanya bersaing untuk sumber daya perangkat Anda.

Jika Anda menggunakan perangkat Windows 10 setiap hari, kemungkinan besar ada banyak file sementara dan program tambahan yang di samping fungsi inti OS memberikan beban yang signifikan pada mesin Anda.

Ini bahkan lebih menjadi masalah jika Anda menggunakan perangkat keras yang lebih lama atau kurang kuat.

Jangan khawatir, Anda tidak ditakdirkan untuk memuat dan merayapi menu dengan lambat seumur hidup, karena ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat perangkat Anda tersentak.

Anda bahkan tidak perlu menjadi ahli komputasi untuk melakukan sebagian besar hal ini.

Sebagai opsi pertama, Anda bisa boot ke mode aman / safe mode. Jika Anda sudah mencobanya, atau hanya ingin alternatif, di bawah ini Anda akan menemukan beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat Windows 10.

Restart Perangkat, solusi awal Cara Mempercepat Windows 10

Anda akan terkejut betapa banyak pengguna tidak secara teratur me-restart perangkat Windows 10 mereka.

Dengan penyertaan mode tidur dan daya rendah di sebagian besar perangkat modern, mudah untuk pergi berminggu-minggu tanpa melakukan reset penuh perangkat Anda.

Ini dapat secara dramatis memperlambat perangkat Anda karena pada dasarnya tidak pernah terputus dan proses berjalan di latar belakang tanpa henti.

Kami akan merekomendasikan melakukan shutdown penuh setidaknya sekali sehari jika memungkinkan.

Pastikan Anda menutup semua program yang sedang berjalan dan menyimpan pekerjaan yang diperlukan sebelum melakukannya, tentu saja.

Periksa Update Windows 10

Pembaruan konstan mungkin tampak seperti gangguan sial, tetapi Windows 10 meminta Anda untuk memperbarui karena suatu alasan.

Pembaruan ini memperbaiki bug dan masalah umum yang dapat menyebabkan perangkat Anda melambat. Berikut cara memeriksa pembaruan Windows 10:

  1. Buka Pengaturan. Anda dapat dengan mudah menemukan Pengaturan menggunakan bilah pencarian di sudut kiri layar Anda.
  2. Pilih Perbarui & Keamanan. Dari menu Pengaturan, cari submenu Pembaruan & Keamanan, ada bilah pencarian di bagian atas jendela jika Anda kesulitan menemukannya.
  3. Klik Periksa pembaruan. Di bagian atas submenu Pembaruan & Keamanan, perangkat Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda benar-benar terbarui, dan jika tidak, Anda dapat mulai memperbarui secara manual dengan menekan tombol “Check for updates“. Pastikan Anda telah menyimpan semua pekerjaan yang diperlukan sebelumnya, dan bersiaplah untuk proses yang memakan sedikit waktu juga.

Nonaktifkan Aplikasi di Startup

Apakah Anda pernah mem-boot perangkat Anda dan menemukan bahwa beberapa program semuanya secara otomatis memulai sekaligus? Tidak hanya ini agak mengganggu, tetapi juga bisa sangat menguras sumber daya perangkat Anda.

Untuk mempercepat Windows 10 di perangkat Anda, yang terbaik adalah hanya mengatur program penting sebagai aplikasi startup. Berikut cara menonaktifkan aplikasi startup:

  1. Tekan Ctrl+Alt+Del. Tekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard Anda secara bersamaan untuk membuka layar biru (secara resmi disebut layar GINA) dengan beberapa opsi.
  2. Pilih Task Manager dan arahkan ke tab Start-up. Dari layar GINA pilih Task Manager, lalu buka tab Start-up yang terletak di bilah navigasi atas.
  3. Nonaktifkan semua program yang tidak penting. Dari tab Start-up, Anda dapat melihat nilai “Start-up impact” untuk setiap program, apapun yang berlabel “High” kemungkinan akan memperlambat sistem Anda. Jika tidak penting maka klik kanan dan pilih nonaktifkan. Ini tidak akan menghapus program dari perangkat Anda, itu hanya akan menghentikannya agar tidak terbuka secara otomatis setiap kali Anda menyalakannya.

Bersihkan Disk Anda

Tahukah Anda bahwa Windows 10 memiliki kemampuan Disk Cleanup bawaan? Ini memungkinkan Anda untuk menghapus file sementara yang tersisa yang telah terakumulasi, yang dapat terjadi secara teratur karena hal-hal seperti peluncur yang tidak dibutuhkan tetap ada. Berikut untuk membersihkan disk Anda:

  1. Cari Pembersihan Disk. Menggunakan bilah pencarian di sudut kiri layar Anda, cari Disk Cleanup.
  2. Pilih drive yang ingin Anda bersihkan. Jika Anda memiliki beberapa drive di perangkat Anda, maka Anda akan ditanya mana yang secara khusus ingin Anda bersihkan.
  3. Hapus file yang tidak dibutuhkan. Alat Pembersihan Disk akan menawarkan Anda pilihan file apa yang akan dihapus, cukup tandai file yang ingin Anda hapus, lalu tekan “bersihkan file sistem” untuk memulai proses penghapusan.

Pada saat yang sama, mengapa tidak memeriksa folder “unduhan” Anda untuk file yang tidak lagi Anda perlukan, ini sering kali menjadi tempat yang diabaikan pengguna dan dapat menguras memori sistem dan pada gilirannya kinerja.

Uninstall Aplikasi yang tidak Perlu

Banyak PC datang dengan berbagai perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya. Program yang sering tidak diperlukan ini disebut sebagai “bloatware”, dan memilikinya di perangkat Anda dapat memperlambatnya. Berikut cara meng-uninstall software yang tidak dibutuhkan:

  1. Buka Panel Kontrol. Cara termudah untuk membuka Control Panel adalah dengan mencarinya melalui bilah pencarian pojok kiri.
  2. Pilih Program dan Fitur. Setelah berada di Control Panel, Anda perlu menemukan submenu Programs and Features.
  3. Uninstall program yang tidak dibutuhkan. Jendela Programs and Features akan memberi Anda daftar semua program yang saat ini diinstal pada perangkat Anda. Klik kanan pada program apa pun yang Anda anggap tidak diperlukan dan pilih Copot pemasangan. Windows mungkin meminta izin untuk melakukan tugas ini, jadi pastikan Anda menggunakan akun administrator sebelum melakukan ini.

Nonaktifkan Visual Efek

Windows 10 menampilkan banyak visual keren yang berkembang seperti efek transparansi dan animasi. Tentu, ini mungkin terlihat cukup cantik tetapi sebenarnya bisa sangat membebani sumber daya perangkat Anda. Berikut cara menonaktifkan efek:

  1. Tekan Windows+X. Tekan tombol Windows dan X bersamaan untuk membuka menu di sisi kiri layar Anda.
  2. Pilih Sistem. Dari menu ini, pilih opsi Sistem yang terletak di bagian atas daftar.
  3. Gulir ke bawah ke Pengaturan sistem lanjutan. Dari jendela yang muncul setelah memilih Sistem, gulir ke kanan ke bawah dan Anda akan melihat opsi berlabel “Pengaturan sistem lanjutan”. Klik itu.
  4. Buka Pengaturan Kinerja dan nonaktifkan Efek Visual. Dari dalam “Pengaturan sistem lanjutan” akan ada tab yang disebut “Pengaturan kinerja.” Di sana Anda akan melihat tab “Efek Visual” di mana Anda dapat menghapus centang pada efek apa pun yang ingin Anda nonaktifkan. Semakin banyak Anda menyingkirkan dampak yang lebih baik pada kinerja sistem.

Jalankan Pemeliharaan Sistem / System Maintenance

Fitur bawaan Windows 10 lainnya adalah kemampuan untuk menjalankan pemeliharaan sistem rutin. Ini pada dasarnya meminta perangkat Anda untuk memindai pembaruan dan memeriksa malware atau virus apa pun.

Pemeriksaan ini biasanya terjadi di latar belakang secara default, tetapi Anda dapat mengaturnya secara manual jika perangkat Anda benar-benar mulai bekerja. Berikut cara menjalankan pemeliharaan sistem.

  1. Buka Panel Kontrol. Menggunakan bilah pencarian di bilah alat desktop Anda, temukan Panel Kontrol.
  2. Pilih Keamanan dan Pemeliharaan. Dari Control Panel, pilih Security and Maintenance dari daftar opsi.
  3. Klik Mulai Pemeliharaan. Setelah berada di jendela Keamanan dan Pemeliharaan, Anda akan dapat Memulai Pemeliharaan, yang terletak di dalam tab Pemeliharaan. Ini akan memulai pemeriksaan menyeluruh pada sistem Anda dan melaporkan temuan kembali kepada Anda. Perhatikan bahwa ini dapat memakan waktu cukup lama dan kami sangat menyarankan untuk menyimpan file apa pun yang Anda perlukan sebelum melakukan ini.
upgrade ke ssd disk windows 10

Upgrade ke SSD

Yang ini tidak begitu berguna bagi mereka yang menggunakan laptop atau tablet, tetapi jika Anda memiliki PC desktop yang berjalan lambat maka Anda dapat mencari untuk meningkatkan ke solid-state drive (SSD).

Drive ini lebih mahal daripada hard drive tradisional, tetapi jauh lebih cepat dan akan memungkinkan perangkat Windows 10 Anda berjalan lebih cepat bahkan dengan beban yang lebih berat pada sumber dayanya.

Metode mempercepat Windows ini sedikit lebih terlibat karena Anda harus memastikan Anda mendapatkan drive yang tepat agar sesuai dengan PC Anda, dan itu akan dikenakan biaya, tetapi jika Anda memiliki kemampuan, itu sepadan dengan usaha.



Sumber: https://www.tomsguide.com/how-to/how-to-speed-up-windows-10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *