Kategori
Ragam

Pentingnya Belajar Doa Makan Sejak Dini

Di dalam Agama Islam, setiap segi kehidupan diatur sedemikian rupa. Ada dua hukum dalam Islam yaitu sunnah dan wajib. Dimana ketika kamu mengerjakan yang sunnah maka akan mendapat pahala sedangkan jika meninggalkannya tidak berdosa. Kalau hal yang termasuk hukum wajib maka jika kamu tinggalkan akan mendapat dosa dan jika dikerjakan mendapat pahala.

Bayi yang baru lahir hingga cara pemakaman jenazah semua jelas di dalam Islam dan juga tercantum di Al-Qur’an. Oleh karenanya jika kamu masih bingung mencari tentang hukum Islam maka kamu bisa memperdalam Al-Qur’an. Atau kamu bisa mencoba untuk menanyakannya ke Ustad dan Kyai yang lebih paham tentang Islam.

Belajar Doa Makan Sejak Kecil


Salah satu segi kehidupan yang diatur Islam adalah doa makan. Dimana setiap umat muslim disunnahkan untuk berdoa sebelum makan dan minum. Bahkan doa makan ini juga diajarkan oleh Rasulullah di masa dulu. Ada beberapa doa untuk makan yang bisa kamu pakai namun pastikan sesuai ajaran Rasul. Adapun pentingnya belajar doa makan sejak kecil adalah:

  1. Melatih Keimanan

Iman di dalam hati harus di tanamkan sejak dini agar anak-anak tahu apa arti Islam sesungguhnya. Salah satu caranya adalah dengan belajar doa makan sejak kecil. Jangan pernah beranggapan jika anak kecil tidak harus diajari hal seperti ini. Sebab kebiasaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik begitupun sebaliknya.

Mulai ajarkan anak-anak untuk membaca Basmallah sebelum makan dan Alhamdulillah sesudah makan. Dimana kedua bacaan ini juga di ajarkan oleh Rasul. Sehingga tidak perlu memulai dari doa yang rumit. Namun mulai dari doa yang sederhana dan sedikit-sedikit tambah hafalan anak-anak. Jangan lupa beri media belajar yang menyenangkan.

  1. Menghargai Makanan

Belajar doa makan dari kecil juga bisa mengajarkan anak untuk lebih menghargai makanan. Sebab arti dari doa makan sendiri adalah sebuah rasa syukur atas rizki yang telah Allah berikan. Oleh karena itu saat mengajarkan doa sebelum dan sesudah makan ke anak-anak usahakan untuk mengajarkan juga artinya.

Jadi anak-anak tidak hanya sekedar hafal doanya namun juga tahu arti serta tujuan dari membaca doa tersebut. Namun jangan terlalu memaksakan hafalan jika dirasa anak belum begitu mampu. Sebab hal yang terlalu dipaksakan tidak berimbas baik pada sisi psikologis anak. Ajari anak doa makan sembari bermain.

  1. Bekal Untuk Masa Depan

Pentingnya belajar doa sebelum dan sesudah makan selanjutnya adalah untuk bekal di masa depan. Dimana ketika anak nanti dewasa maka ia tidak perlu belajar dari awal lagi perihal doa ini. Selain itu mengajarkan doa makan sejak dini juga merupakan salah satu cara memanfaatkan usia emas anak. Dimana usia ini hanya terjadi di masa kecil anak-anak saja.

Sehingga ketika dari kecil anak-anak sudah berlatih menghafal doa untuk makan maka kedepannya anak-anak tinggal membedakan mana doa yang boleh dipakai dan mana yang tidak. Mempersiapkan semua hal dari awal adalah satu langkah yang baik.

Membiasakan Doa Makan Sejak Dini

Penutup

Dari informasi diatas, jelas sekali mengajarkan doa makan sejak dini sangat penting. Selain itu, kamu juga bisa lebih dekat dengan anak-anak. Sebab  sudah menjadi kewajiban orang tua untuk selalu mengajarkan anak-anak hal yang baik. Akan tetapi pastikan kamu mengajarkan doa makan yang sesuai dengan ajaran Islam. Jika kamu menemukan doa untuk makan di internet maka ketahui dulu hadist dari doa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *