Peran Teknologi Pada Investasi Saham dan Reksadana

Bimakuru.comPeran Teknologi Pada Investasi Saham dan Reksadana. Belakangan ini investasi menjadi hal yang banyak diperbincangkan.

Terlebih sejak pandemi melanda seluruh dunia, hampir semua aktivitas lebih diarahkan ke digital. Mulai dari belajar/kuliah, pekerjaan, ibadah dan jenis kegiatan lainnya yang dapat diganti secara digital lebih diarahkan ke virtual.

Pun demikian, juga berlaku untuk investasi saham dan reksadana.

Nasabah tidak lagi perlu harus hadir dan mengantre ke broker pasar modal untuk jual beli saham atau mengantre di bank untuk dapat berinvestasi di reksadana.

Kini banyak aplikasi yang dibuat untuk memudahkan nasabah dapat melakukan transaksi dan berinvestasi saham ataupun reksadana.

Selain hal terkait infrastruktur investasi saham dan reksadana yang tumbuh, minat masyarakat pun juga meningkat.

Kesadaran dan keinginan untuk menabung dan juga berinvestasi di masyarakat Indonesia mengalami kenaikan yang cukup pesat.

Sebelum lanjut, mungkin kita bahas dulu hal ini…

Apa itu Saham dan Reksa Dana?

Saham adalah surat berharga bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan yang merupakan instrument pasar modal paling dikenal dan paling banyak diperdagangkan oleh para pelaku pasar.

Para pelaku pasar (investor)dapat memperoleh keuntungan melalui potensi apresiasi nilai investasi maupun dividen. Selain itu, saham merupakan salah satu cara bagi investor untuk memiliki berbagai perusahaan ternama yang tercatat di pasar modal.

Sedangkan Reksa Dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Dalam bahasa inggris disebut sebagai mutual funds. Jika diartikan, mutual funds artinya urun dana bersama. Tak jauh beda, pengertian reksa dana dalam Bahasa Indonesia juga diartikan sebagai penghimpunan dana menurut Undang-Undang Pasar Modal Tahun 1995, pasal 1 ayat 27.

Jenis Investasi Reksa Dana
Jenis Investasi Reksa Dana

Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Alasan Berinvestasi

Khususnya untuk anak muda, mereka mulai melek terkait masalah keuangan. Investasi di pasar modal dalam hal ini saham dan reksadana menjadi salah satu pilihan jenis investasi mereka.

5 Alasan Anak Muda Memilih Investasi
5 Alasan Anak Muda Memilih Investasi

Dari gambar diatas, yang kami cuplik dari Katadata, menggambarkan 5 Alasan kenapa Anak Muda Memilih Investasi.

  • Mudah dijual kembali
  • Merasa aman
  • Keuntungan besar
  • Perkembangan nilainya cepat
  • Dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Pandemi yang terjadi lebih dari dua tahun ini menjadi trigger atau salah satu penyebab mengapa banyak orang semakin sadar akan pentingnya memiliki dana darurat dan melakukan investasi.

Karena salah satu sifat dari investasi di pasar modal atau saham adalah liquid, alias mudah untuk diperjualbelikan.

Investasi Saham, Aman, Terpercaya, Profesional, SFAST

Salah satu sekuritas yang dapat digunakan untuk melakukan investasi baik disektor saham dan reksadana adalah Surya Fajar Sekuritas.

Sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal.

Saat ini Surya Fajar Sekuritas memiliki layanan transaksi saham melalui platform konvensional maupun online trading.

Platform digital yang dimiliki sekuritas ini adalah SFAST.

SFAST merupakan Online Trading yang dikembangkan oleh SF Sekuritas. Kehadiran SFAST merupakan pembuktian bahwa SF Sekuritas berkomitmen di dunia pasar modal Indonesia.

SFAST online trading pasar saham investasi

Sekilas Mengenai PT Surya Fajar Sekuritas

PT Surya Fajar Sekuritas memiliki visi Menjadi Perusahaan Sekuritas yang terpercaya oleh para pelaku pasar modal, handal dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Perusahaan sekuritas ini berkedudukan di Kota Jakarta, didirikan berdasarkan Akta Pendirian No. 47, tanggal 18 Januari 2018 (“Akta Pendirian SF Sekuritas”)

Berdasarkan ketentuan Pasal 3 Anggaran Dasar SF Sekuritas, maksud dan tujuan SF Sekuritas ialah berusaha dalam bidang Perantara Pedagang Efek dan Penjamin Emisi Efek.

Mendapatkan Izin Usaha sebagai Perusahaan Efek (Perantara Pedagang Efek) dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal : 08 Oktober 2018 dengan Nomor Izin : KEP-64/D.04/2018

Menjadi Anggota Bursa Efek Indonesia pada tanggal : 03 Desember 2018 dengan Nomor Keanggotaan : SPAB-255/JATS/BEI.ANG/12-2018

Mendapatkan Izin Usaha sebagai Penjamin Emisi Efek dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 28 Juni 2019 dengan Nomor Izin : KEP-42/D.04/2019

Referensi:
- https://sfsekuritas.co.id/tentang-kami
- https://katadata.co.id/yurasyahrul/analisisdata/62012ee2968d8/meneropong-gairah-baru-prospek-investasi-2022
- https://id.wikipedia.org/wiki/Reksa_dana
- https://dailysocial.id/post/reksa-dana
- https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10453
- https://www.idx.co.id/produk/reksa-dana/

Tinggalkan komentar