Yang Harus Diketahui tentang Investasi

Bimakuru.comYang Harus Diketahui tentang Investasi – Sebelum masuk ke pembahasan, ada sebuah pertanyaan yang perlu kita jawab. Apa satu hal sama yang kita miliki dan paling berharga dari seluruh perjalanan hidup kita masing-masing?

Jawabannya adalah …

Waktu.

Sekarang Anda mungkin berpikir, “Bagaimana waktu bisa lebih berharga daripada uang?” Nah, ada dua alasan.

Pertama, waktu adalah sesuatu yang tidak akan pernah bisa kita dapatkan kembali, tidak seperti uang. Anda selalu bisa mendapatkan lebih banyak uang, tetapi Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan kembali waktu setelah itu hilang.

Kedua, waktulah yang memungkinkan uang Anda tumbuh untuk Anda sehingga Anda dapat menciptakan kekayaan dan kebebasan finansial. Fenomena ini disebut time value of money (TVM), dan ini adalah prinsip terpenting yang harus Anda pahami untuk menjadi investor yang sukses.

Time Value of Money (TVM)

Nilai waktu dari uang berarti bahwa satu dolar hari ini bernilai lebih dari satu dolar di masa depan. Bagaimana cara kerjanya? Mari kita mulai dengan contoh dasar. Berpura-pura Anda memiliki dua pilihan. Entah saya memberi Anda $100 sekarang atau saya memberi Anda $100 tahun depan. Yang mana yang Anda pilih?

Jelas, semua orang lebih suka uang cepat daripada nanti. Tetapi perbedaan utama di sini adalah bahwa $100 yang saya berikan kepada Anda saat ini tidak akan langsung dihabiskan. Itu karena Anda akan menginvestasikannya. Dan di situlah TVM masuk.

Jika Anda mengambil $100 saya sekarang, Anda dapat memasukkannya ke dalam rekening bank Anda dan memperolehnya, katakanlah, bunga 2% per tahun.

Jadi setelah satu tahun, $100 Anda menjadi $102. Itu berarti Anda mendapat untung 2% karena $2 dibagi $100 sama dengan 2% (Gambar 1).

Tetapi bagaimana jika Anda menerima $100 saya setahun dari sekarang dan menginvestasikannya di rekening bank yang sama? Anda masih mendapat untung 2%, tetapi itu terjadi setahun kemudian. Dengan kata lain, Anda melewatkan pertumbuhan uang Anda lebih cepat daripada nanti, sehingga Anda berakhir dengan lebih sedikit uang (Gambar 2). TVM berarti semakin cepat Anda menginvestasikan uang, semakin besar pertumbuhannya.

Sekarang mari kita melangkah lebih jauh. Jika Anda segera mengambil $100 saya dan memasukkannya ke dalam rekening bank penghasil bunga 2%, Anda akan memiliki $102 setelah satu tahun, bukan? Jadi, apa yang akan terjadi jika Anda menyimpan $102 di rekening bank Anda selama satu tahun lagi? Yah, itu akan tumbuh bahkan lebih dari $2 karena bunga majemuk.

Bunga Majemuk

Bunga majemuk adalah bunga yang diperoleh dari pokok Anda dan bunga yang diperoleh sebelumnya. Di Tahun 1, Anda hanya memperoleh bunga sederhana karena bunga hanya berlaku untuk pokok Anda sebesar $100. Di Tahun 2, bunga 2% diterapkan ke pokok Anda dan bunga $102 ($100 pokok ditambah bunga $2).

Perhitungan cepat menunjukkan bahwa $102 × 1,02% = $104,04. Apakah Anda melihat keajaiban bunga majemuk sekarang? Saldo $104,04 berarti Anda telah menghasilkan keuntungan 4,04% dalam dua tahun hanya dengan tidak melakukan apa-apa.

Karena bunga majemuk berlaku untuk pokok Anda dan diperoleh bunga, Anda menghasilkan lebih banyak uang hanya dengan membiarkan uang Anda tetap berada di akun Anda. Bunga Anda dari Tahun 1 menghasilkan keuntungan tambahan 4 sen untuk Anda.

Itu mungkin bukan uang dalam jumlah yang banyak, tetapi seiring waktu, bunga majemuk tumbuh sangat cepat, terutama pada tingkat bunga yang lebih tinggi dan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sekarang bayangkan Anda ingin terus berinvestasi, jadi Anda meninggalkan $104,04 di akun yang sama dan membiarkannya bertambah (tumbuh) dengan bunga 2% setiap tahun selama 10 tahun. Dengan menggunakan kalkulator keuangan, masukkan $100 untuk nilai sekarang (atau PV) atau Pokok Awal, 2 untuk bunga (atau INT), 10 untuk jumlah periode (atau N), dan 0 untuk pembayaran (atau PMT).

Sekarang pilih nilai masa depan (atau FV) atau Hitung. Hasilnya menunjukkan bahwa setelah 10 tahun, $100 awal yang Anda investasikan sekarang bernilai $121,90. Jadi dalam 10 tahun, Anda telah menghasilkan $21,90 dengan tidak melakukan apa pun—pengembalian investasi (ROI) sebesar 21,90%. Ini karena $21,90/$100 = 21,90%.

Sekarang mari kita asumsikan Anda menyimpan $100 di akun yang sama selama 20 tahun. Masukkan angka yang sama seperti sebelumnya (100 untuk PV, 2 untuk INT), tetapi masukkan angka 20 untuk N. Sekarang pilih FV. Itu berarti bahwa setelah 20 tahun dengan bunga 2%, $100 Anda sekarang bernilai $148,59—ROI 48,59%.

Mari kita melangkah lebih jauh dan menganggap Anda meninggalkan $100 di sana selama 30 tahun. $100 Anda berubah menjadi $181,14—ROI 81,14%.

Dan akhirnya, katakanlah Anda meninggalkan $100 di akun selama 40 tahun. Apa yang terjadi kemudian? $100 Anda menjadi $220,80—ROI 120,80% (Gambar 3).

Apakah Anda memperhatikan pola pada contoh sebelumnya? Semakin lama kamu menyimpan uang di akun Anda karena mendapat bunga, semakin banyak uang Anda berakhir dengan. Itulah nilai waktu dari uang. Pada dasarnya, waktu lebih berharga daripada uang bagi seorang investor
karena waktu adalah faktor terpenting dalam menghasilkan uang tumbuh.

Tapi tunggu. Apakah Anda memperhatikan hal lain dalam contoh-contoh itu? Melihat seri ROI lagi. Apa yang kamu lihat? Tidak hanya ROI Anda
tumbuh seiring berjalannya waktu, tetapi setelah Tahun 40, ROI Anda melebihi 100%. Ini membawa kita ke konsep kunci lain: Dengan waktu yang cukup, bunga majemuk berarti sebagian besar keuntungan investasi Anda akan berasal dari bunga, bukan pokok.

Itulah kekuatan waktu dan bunga majemuk. Tapi TVM dan bunga majemuk tidak hanya berlaku untuk meninggalkan uang Anda di bank. Mereka juga berlaku saat Anda berinvestasi di saham, reksa dana, dan instrumen serupa, yang akan segera kita bahas. Dan karena investasi lain ini dapat memberi Anda rata-rata lebih dari 2%, uang Anda dapat tumbuh jauh lebih cepat daripada dalam contoh yang baru saja kita bahas.

Sebelum kita beralih ke konsep lain, saya ingin menunjukkan yang menyenangkan (meskipun tidak masuk akal) latihan hanya untuk menunjukkan betapa pentingnya waktu dalam menumbuhkan uang Anda. Anda mungkin akrab dengan TV animasi seri Futurama, di mana seorang pengantar pizza muda bernama Fry adalah secara tidak sengaja diangkut 1.000 tahun ke depan. Di salah satu episode awal pertunjukan, Fry menyebutkan bahwa dia memiliki kurang dari 1 dolar di rekening banknya 1.000 tahun yang lalu. Jadi, dia menuju ke bank dan terkejut menemukan bunga majemuk yang masih harus dibayar 1.000 tahun telah membuatnya kaya di luar mimpi terliarnya.

Jadi inilah latihan berdasarkan Futurama. Di bagian keuangan situs kalkulator, masukkan $100 untuk pokok Anda, 2% untuk tahunan bunga, dan 0 untuk PMT, sama seperti sebelumnya. Sekarang memasuki 1.000 tahun untuk jumlah periode (N) dan pilih nilai masa depan (atau FV) atau Menghitung. Dalam 1.000 tahun, penghasilan $100 Anda 2% setahun akan menjadi senilai $39.826.465.165,84! Andai saja mesin waktu itu nyata, siapapun bisa menjadi miliarder!

Rule of 72

Sekarang kembali ke kenyataan. Bagaimana jika Anda hanya ingin mengetahui berapa lama? akan mengambil uang Anda untuk dua kali lipat? Dengan kata lain, berapa lama yang dibutuhkan untuk membuat keuntungan 100%? Ada perhitungan sederhana untuk yang disebut Aturan 72. Aturan 72 menyatakan bahwa nomor tahun (atau periode) yang diperlukan untuk menggandakan nilai investasi adalah dihitung dengan membagi 72 dengan pengembalian investasi tahunan pada investasi (ROI).

Ini contohnya. Anda memasukkan $1.000 dalam investasi tertentu yang memiliki ROI rata-rata 6% per tahun. Jadi, bagi 72 dengan 6 dan apa? Anda mendapatkan? 12. Itu berarti jika Anda menginvestasikan $1.000 dalam sesuatu yang memiliki ROI rata-rata 6% per tahun, dibutuhkan 12 tahun untuk menggandakannya uang Anda menjadi $2.000. Aturan praktis yang sangat sederhana untuk diingat adalah ini: Semakin tinggi ROI Anda, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk menggandakan uang. Misalnya, jika investasi yang sama memiliki ROI 10%, maka membagi 72 dengan 10 menghasilkan 7,2—Anda akan menggandakan $1.000 dalam baru 7,2 tahun. Sederhana, bukan?

Nilai Sekarang vs Nilai Masa Depan

Sekarang mari kita lihat konsep nilai sekarang (PV) dan nilai masa depan (FV). Bayangkan Anda ingin menghemat $10.000 untuk keliling dunia
liburan lima tahun dari sekarang. Anda memiliki sejumlah uang yang disimpan, dan Anda ingin menginvestasikannya dalam sesuatu dengan ROI tahunan 4% jadi bahwa itu bernilai $10.000 dalam lima tahun. Berapa banyak uang yang Anda inginkan? perlu berinvestasi hari ini sehingga Anda memiliki $10.000 yang Anda butuhkan untuk perjalanan dalam lima tahun?

Untuk menemukan jawabannya, masukkan informasi berikut ke dalam laporan keuangan kalkulator: 5 untuk jumlah tahun (atau N), $10.000 untuk masa depan nilai (atau FV), 0 untuk PMT Anda, dan 4 untuk ROI (atau INT). Kemudian pilih PV (nilai sekarang) atau Hitung, dan hasilnya adalah $8,219,26.

Jadi apa artinya ini? Pada dasarnya, jika nilai masa depan Anda adalah $10.000 (jumlah yang Anda butuhkan di masa depan), Anda membutuhkannya dalam lima tahun, dan Anda ingin berinvestasi dalam sesuatu dengan ROI tahunan 4%, maka Anda perlu menginvestasikan $8,219,26 hari ini. Nomor ini adalah hadiahmu nilai, yang merupakan nilai saat ini dari sejumlah uang di masa depan. Jadi jika Anda memiliki tujuan keuangan tertentu (nilai masa depan) dan Anda tahu jangka waktu (jumlah periode) dan Anda mengetahui ROI (bunga) investasi Anda, sangat mudah untuk mengetahui berapa banyak yang Anda perlukan berinvestasi hari ini—nilai Anda saat ini.

Proses menemukan nilai Anda saat ini dikenal sebagai diskon. Itu karena Anda mengabaikan masa depan yang diketahui nilai saat ini untuk menemukan nilai sekarang yang lebih kecil yang Anda butuhkan hari ini.

Rumusnya juga bekerja dalam arah yang berlawanan. Katakanlah kamu punya $8,219,26 di rekening bank Anda sekarang. Anda ingin menginvestasikannya sesuatu dengan ROI tahunan 4%, dan Anda ingin tahu berapa banyak akan bernilai dalam lima tahun. Pada kalkulator keuangan, masukkan $8,219,26 untuk nilai Anda saat ini, 5 untuk jumlah periode Anda, 0 untuk PMT Anda, dan 4 untuk ROI (atau INT) Anda. Sekarang pilih FV (nilai masa depan).

Mendapatkan apa? $10.000. Proses menemukan nilai masa depan ini dikenal sebagai peracikan. Itu karena Anda mengambil yang dikenal
nilai sekarang dan menggabungkannya dengan ROI dan waktu tertentu periode untuk menemukan nilai masa depan yang lebih besar. Penggabungan adalah kebalikannya dari diskon.

Faktanya, selama Anda mengetahui tiga dari empat nilai ini—N, INT, FV atau PV—Anda dapat menemukan nilai keempat yang hilang dengan keuangan Anda Kalkulator. Ingat, N adalah jumlah tahun atau periode yang akan Anda jalani berinvestasi, INT adalah tingkat bunga atau tingkat pengembalian yang akan Anda investasikan di, FV adalah nilai masa depan uang Anda di akhir investasi periode, dan PV adalah nilai sekarang dari uang yang akan Anda investasikan hari ini.

Cobalah sendiri. Masukkan $8,219,26 untuk nilai Anda saat ini, $10.000 untuk nilai masa depan Anda, 0 untuk PMT Anda, dan 4 untuk ROI Anda.
Sekarang hitung N (jumlah periode) dan apa yang Anda dapatkan? Lima bertahun-tahun! Dengan kalkulator keuangan, sangat mudah untuk mengetahuinya informasi yang relevan untuk rencana keuangan Anda.

Pembayaran Konsisten / Consistent Payments (PMT)

Mari kita ambil pengetahuan ini selangkah lebih maju. Pada keuangan apa pun kalkulator, ada nilai kelima yang terkadang dimasukkan atau adalah
diturunkan dari keempat nilai lainnya. Ini adalah nilai pembayaran, sering disingkat PMT, seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Nilai ini umumnya mengacu untuk simpanan berkelanjutan yang Anda buat di saham, reksa dana, atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Mari kita berpura-pura bahwa Anda menginvestasikan $1.000 sekarang di salah satu dari ketiganya kendaraan investasi dan Anda menganggapnya akan memiliki ROI tahunan sebesar 3%. Anda akan menyimpan $1.000 Anda diinvestasikan selama 20 tahun. Jadi Anda akan cukup masukkan $1.000 untuk nilai sekarang, 3 untuk ROI, dan 20 untuk jumlah periode, yang memberi Anda nilai masa depan $1,806,11. Jadi jika Anda menginvestasikan $1.000 dan memiliki ROI tahunan 3%, Anda akan memiliki $1,806,11 dalam 20 tahun, bukan? Tapi ingat: nilai masa depan dari $1,806.11 mengasumsikan Anda tidak menginvestasikan uang tambahan sama sekali melampaui $1.000 pertama itu.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin menyetor lebih banyak uang ke dalam investasi ini? untuk membuat nilai masa depan lebih besar? Sebenarnya, bagaimana jika Anda mau menyetor sejumlah uang tertentu secara berkala? Nah, itu di mana nilai PMT masuk.

Ambil informasi asli yang kami miliki: nilai sekarang $1.000, 3% ROI tahunan, dan jangka waktu 20 tahun. Sekarang katakanlah Anda ingin menginvestasikan tambahan $200 setiap tahun selama 20 tahun ke dalam saham ini, reksa dana, atau ETF. Pada kalkulator keuangan Anda, masukkan $1.000 untuk nilai sekarang, 3 untuk ROI, 20 untuk jumlah periode, dan akhirnya 200 untuk PMT. Sekarang pilih nilai masa depan. Mendapatkan apa? $7.180.19.

Apakah Anda melihat bagaimana tindakan sederhana menginvestasikan tambahan $200 setiap tahun selama 20 tahun telah menghasilkan nilai masa depan yang jauh lebih besar? Itu hampir empat kali lipat nilai masa depan dalam perhitungan awal di mana Anda tidak menginvestasikan apa pun di luar $1.000 awal.

Dan yang harus Anda lakukan adalah melakukan satu deposit sebesar $200 setiap tahun selama 20 tahun. Ini membawa kita kembali ke nilai waktu dari uang. Waktu (jumlah periode) dapat menumbuhkan uang, tetapi tingkat pertumbuhan juga tergantung pada ukuran ROI Anda dan ukuran pokok Anda. Dengan cara yang sama bahwa ROI yang lebih tinggi dan jumlah periode yang lebih tinggi menyebabkan a
nilai masa depan yang lebih tinggi, begitu juga prinsipal yang lebih tinggi.

Mengapa? Karena $200 yang Anda tambahkan setiap tahun meningkatkan ukuran pokok Anda, yang pada gilirannya tunduk pada ROI 3% tersebut. Dan karena pokok yang semakin besar menghasilkan bunga dan kemudian menghasilkan lebih banyak bunga di atas itu, investasi Anda akan tumbuh jauh lebih besar.

Itu membawa kita kembali ke konsep yang sekarang sudah dikenal—bunga majemuk. Jadi sekarang kita telah membahas konsep keuangan dasar, mari kita pelajari lebih jauh untuk melihat bagaimana kita dapat menerapkan konsep-konsep ini ke beberapa orang
investasi yang berpotensi lebih menguntungkan.


Penafian (Disclaimer)

Berinvestasi di pasar saham adalah usaha yang secara inheren berisiko, apa pun jenis investasi yang Anda lakukan. Setiap keputusan investasi di pihak Anda harus dilakukan dengan berkonsultasi dengan penasihat keuangan profesional. Berinvestasi dapat menyebabkan kerugian finansial, hingga dan termasuk seluruh modal yang Anda investasikan. Artikel ini semata-mata sebagai hiburan dan bukan sebagai rekomendasi untuk membeli atau menjual keamanan finansial tertentu atau untuk berinvestasi di sektor, industri, atau kelas aset tertentu. Investasikan dengan risiko Anda sendiri.

Diterjemahkan dari buku One Hour Investor A Beginners Guide to Investing Wisely in Stocks, Mutual Funds, and Bonds karya Vishal Reddy.

Tinggalkan komentar