work from home

5 Hal Penting Saat Work From Home


Bimakuru.com5 Hal Penting Saat Work From Home. Terkait Pandemi Covid-19 yang entah kapan usainya ini, pemerintah selalu menghimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas. Salah satu imbauan pemerintah adalah bekerja di rumah.

Istilah Work From Home menjadi salah satu yang populer saat ini. Namun, keputusan terkait Work From Home tersebut tentu tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih, skema work from home tadi menjadi sebuah hal baru di di Indonesia.

Berikut ini adalah tips terkait 5 Hal Penting Saat Work From Home dari Dave Walters, Peter Coppinger & Jean Hamon. Selamat membaca.


Atur dan Pertahankan Rutinitas Work From Home

Penting untuk memperlakukan hari kerja di rumah sangat mirip dengan hari kerja di kantor. Buatlah jadwal ketika Work From Home. Bangun dan bersiaplah untuk bekerja seperti yang Anda lakukan jika Anda pergi ke kantor (meskipun Anda tidak perlu berdandan sama).

Patuhi jam ‘kantor’ standar. Minimalkan pekerjaan rumah tangga menjadi istirahat makan siang agar tidak terganggu. Dan pastikan Anda log off pada waktu yang wajar. Anda mungkin dapat melakukan lebih banyak pekerjaan tanpa perjalanan itu, tetapi tetap lakukan pengecekan.

Tetapkan pedoman dan harapan khusus untuk diri sendiri dan orang di sekitar Anda.


Ruang kerja khusus untuk Work From Home

Jika Anda memiliki kamar cadangan yang dapat Anda gunakan sebagai kantor rumah, itu bagus. Tetapi tidak perlu terlalu rumit. Siapkan area rumah / apartemen / kamar Anda sebagai ruang kerja yang Anda tentukan.

Mulailah setiap hari kerja di sana. Jika Anda suka berpindah-pindah, Anda dapat melakukannya seiring berjalannya hari dan Anda memasuki alur kerja, tetapi seringkali lebih mudah untuk memulai hari Anda ketika Anda berada di area kerja yang ditentukan.

Dikarenakan ketika WFH terkadang atau malah kebanyakan waktu kita memerlukan kokensi internet yang bagus, misanya untuk Zoom Meeting. Baik jika posisi ruang kerja saat WFH ini tercover oleh signal internet yang memadahi.

Batasan yang Jelas ketika Work From Home

Berada di rumah selama hari kerja membuat garis antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi Anda mudah kabur. Tetapkan pedoman dan harapan khusus untuk diri sendiri dan orang di sekitar Anda.

Diskusikan dengan pasangan Anda, teman sekamar, anak-anak tepat kapan Anda ada dan kapan Anda tidak dan pastikan itu dikomunikasikan dengan jelas setiap saat. Di sisi lain, pastikan untuk mengetahui kapan harus keluar dan menyimpan pekerjaan Anda.

Kebutuhan Pribadi

Apakah Anda menjadi gila? Apakah obrolan ‘watercooler’ membantu Anda menjalani hari? Jika Anda mendambakan sedikit rangsangan ekstra itu, dengarkan diri Anda sendiri alih-alih memaksakannya. Buat daftar putar ‘kerja’ untuk diri Anda sendiri, jadwalkan check-in tim dan 1v1, dan biarkan diri Anda menjauh sepanjang hari ketika Anda merasa lelah.

Pertimbangkan makan siang tim / rekan kerja virtual, dengan konferensi video Zoom / Slack / Google Hangouts aktif, untuk mendapatkan waktu sosial yang lebih ringan. Kuncinya di sini adalah mendengarkan kebutuhan Anda sendiri untuk memastikan Anda tidak kelelahan dan dapat menangani ini sistem kerja jangka panjang.

Selalu Berkomunikasi

Khususnya bagi kita yang terbiasa bekerja di lingkungan kantor, penyesuaian ketika work from home atau bekerja dari rumah bisa menjadi signifikan. Jika Anda bekerja dalam tim atau pekerjaan Anda membutuhkan banyak kolaborasi, ingatlah bahwa komunikasi (lebih) adalah kuncinya. Ini akan menghemat waktu dan energi untuk semua pihak dan membuat seluruh tim Anda lebih efisien.

Jika tim Anda mengikuti latihan Agile, tetap berpegang pada Standup dan rutinitas harian Anda. Bertemu di pagi hari untuk membahas apa yang Anda lakukan kemarin, apa yang Anda rencanakan hari ini, dan penghalang apa pun yang Anda hadapi. Jika Anda tidak mengikuti Agile, sekarang adalah saat yang tepat untuk memasukkan beberapa elemen ke dalam rutinitas Anda untuk membantu meningkatkan komunikasi jarak jauh Anda.

Saat Anda bekerja dari jarak jauh, mudah sekali untuk menjadi semacam gumpalan amorf. Tetapi untuk benar-benar menjadi produktif, sangat penting untuk menjaga rutinitas sebanyak mungkin. Menetapkan waktu mulai dan waktu berakhir untuk hari kerja membantu Anda untuk fokus, menambah struktur, dan memastikan Anda tidak terlalu tersesat dalam tugas yang akhirnya membuat Anda bekerja terlalu keras dan kelelahan.

Sumber: TechLife Australia Issue102 May2020

Tinggalkan Balasan