8 Tips Menulis Artikel Menarik Untuk Freelance Writers

8 Tips Menulis Artikel Menarik Untuk Freelance Writers – Ingat bagaimana Chef Ratatouille, Gusteau berkata: “Semua orang bisa memasak, tetapi hanya yang tak kenal takut yang bisa menjadi hebat”? Anda dapat dengan mudah menulis ulang kata-kata inspirasinya sebagai, “Siapa pun dapat menulis posting blog, tetapi hanya blogger yang tak kenal takut yang bisa menjadi hebat.”

Lihat, ide atau topik yang bagus, ejaan dan tata bahasa yang baik, dan penguasaan yang kuat dari bentuk esai sudah cukup untuk posting blog yang bagus.

Tetapi jika Anda ingin menulis posting blog yang bagus, atau yang membuat orang berkata, “Wow! Saya akan membagikan ini di Facebook!” alih-alih “Meh, ini tidak ada yang istimewa”, Anda harus melangkah lebih jauh dari yang penting.

Inilah cara Anda melakukannya.

Bikin Penasaran di Paragraf Pertama

Memang, ini adalah bagian tersulit dari menulis posting blog. Itu karena kalimat pertama harus dapat menarik pembaca, dan pada saat yang sama, beri mereka gambaran tentang apa postingan Anda nantinya.

Anda dapat memulai dengan:

  • Pertanyaan yang menggugah pikiran – “Apakah Anda tahu apa kesamaan antara posting blog dan sandwich?”
  • Kutipan – “Ernest Hemingway pernah berkata: ‘Tidak ada yang perlu ditulis. Yang Anda lakukan hanyalah duduk di depan mesin tik dan berdarah.’
  • Statistik – “Menurut Federasi Resmi Blogger*, 99,9 persen blogger mengalami writer’s block.”
  • Cerita – “Suatu hari, saya memiliki pengalaman Newtonian. Yaitu, sebuah apel jatuh di kepala saya.”

Maka, bagian pertama dari Tips Menulis Artikel Menarik adalah membuat pembaca berlama-lama membaca dengan membuat awalan yang ‘nendang’.

Perhitungkan Setiap Kata, Frasa & Kalimat

Karena rentang perhatian pengguna internet semakin menyusut dari hari ke hari, Anda harus bekerja lebih keras untuk menarik perhatian pembaca Anda dari awal hingga akhir posting Anda. Untuk melakukan itu, setiap kata, frasa, kalimat, dan bahkan tanda baca harus menambahkan sesuatu ke karya Anda.

Trik praktis adalah membaca draf Anda dengan keras. Jika Anda merasa menjelaskan sesuatu terlalu lambat, atau Anda tertidur dengan suara Anda sendiri (terkesiap!), Anda mungkin perlu mengedit bagian yang tidak relevan. Draf Anda mungkin terasa “tidak lengkap”, dalam hal ini, Anda dapat memasukkan informasi tambahan untuk memperjelas pemikiran Anda atau memperkuat argumen Anda.

Buat Setiap Kalimat Simpel dan Pendek

Sehubungan dengan tip, berikut adalah panduan kasar untuk membantu Anda memutuskan apakah Anda harus mengurangi kalimat kilometer.

Apakah mata Anda berkaca-kaca saat membaca sebuah kalimat? Apakah Anda membaca sebuah kalimat dengan keras, dan kehabisan napas di akhir kalimat? Apakah Anda melihat terlalu banyak kata sifat, kata keterangan, dan kata lain yang tidak menambahkan apa pun ke dalam kalimat?

Jika salah satu dari ini terjadi, persingkat! Kalau tidak, kalimat kilometer itu mungkin baik-baik saja.

Gunakan Kata-kata Sederhana dan Tepat Sasaran

Anda tahu bagaimana “Shift + F7” MS Word menarik kata-kata dari bagian tesaurus yang lebih tidak jelas? Nah, Anda mungkin tidak ingin terlalu mengandalkan fungsi itu. Pembaca membencinya ketika Anda membombardir mereka dengan jargon yang sangat tinggi. Kata-kata ini tidak hanya merusak pengalaman membaca, tetapi juga membuat postingan blog Anda terlihat kaku dan sok.

Alih-alih mencoba terdengar “pintar”, cobalah terdengar masuk akal. Gunakan kata-kata yang paling menyampaikan ide Anda dan dapat dipahami oleh orang awam. Misalnya, “memanfaatkan sumber daya” dapat disingkat menjadi “menggunakan sumber daya”.

Gunakan Analogi

Ngeblog itu seperti pacaran. Tidaklah cukup bahwa Anda membuat kesan yang baik pada kencan pertama. Anda juga harus menunjukkan, lagi dan lagi pada kencan berikutnya, bahwa Anda adalah orang yang layak untuk waktu, komitmen, dan cinta seseorang.

Lihat apa yang saya lakukan di sana?

Sajikan Beberapa Referensi Terpopuler

Referensi budaya pop menambah cita rasa pada posting blog Anda. Mereka memberi pembaca Anda kesan bahwa Anda menyenangkan, dan karena itu disukai.

Karena itu, perhatikan audiens Anda saat menggunakan referensi ini. Anda mungkin berpikir bahwa “The Beatles” adalah band rock terbesar sepanjang masa, tetapi merujuk Fab Four saat menulis untuk penggemar “One Direction” mungkin bukan ide terbaik di dunia.

Buat Postingan Yang Unik

Mari kita hadapi itu: menghasilkan ide posting blog asli 100% sama sekali tidak mudah. Jika Anda menjalankan topik Anda melalui pencarian Google cepat, kemungkinan orang lain telah menulis tentang itu. Jadi, apa yang harus dilakukan seorang blogger dalam skenario ini? Ini sederhana, sungguh.

Temukan Angle Baru

Jika seseorang sudah menemukan “5 Alasan Mengapa Anda Harus Mencoba Freelancing”, Anda dapat menulis posting tentang sisi gelap dari freelance seperti “20 Alasan Untuk Mengatakan ‘Tidak’ Untuk Freelancing”. Atau Anda dapat menjalankan dengan “5 Alasan Lainnya Mengapa Anda Harus Mencoba Freelancing”.

Akhiri Dengan Kesimpulan Yang Menarik

Jadi, Anda sudah selesai dengan perkenalan dan tubuh Anda. Sekarang, saatnya untuk menulis kesimpulan, yang sama sulitnya dengan menulis (jika tidak lebih sulit dari) pendahuluan. Cara termudah untuk keluar dari dilema Anda adalah dengan merangkum semua poin Anda dalam kesimpulan. Lagi pula, itu akan membosankan, karena itulah yang dilakukan kebanyakan blogger.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengakhiri dengan pertanyaan yang menggugah pikiran atau ajakan bertindak; atau nyatakan kembali poin utama Anda, dan bujuk pembaca Anda untuk peduli dengan poin Anda.

Nah, bagian terkahir dari Tips Menulis Artikel Menarik bila di paragraf pertama sudah nendang akan sangat baik jika juga diakhiri dengan kesimpulan yang menarik juga.

Tips Menulis Artikel Menarik

Jadi, Kesimpulannya adalah…

Aturan-aturan ini tidak kaku. Jangan ragu untuk menggunakannya – atau tidak – tergantung pada apa yang sesuai untuk karya Anda. Yang penting adalah secara konsisten menulis posting yang menarik, informatif, dan cukup unik untuk membuat pembaca Anda kembali lagi.

Itu tadi 8 Tips Menulis Artikel Menarik Untuk Freelance Writers yang kami kutip dari Hongkiat.

Apakah anda memiliki tips lain atau ide lain untuk membuat artikel menjadi menarik?

Kami tunggu komentar anda di bawah.

Satu pemikiran pada “8 Tips Menulis Artikel Menarik Untuk Freelance Writers”

Tinggalkan komentar