Bimakuru.com –┬áBicara soal budaya, Semestinya kita bangga menjadi bagian dari Indonesia. Mengapa? Indonesia punya banyak sekali keragaman budaya dan tradisi yang masih terjaga, yang tentu berbeda untuk setiap daerahnya.
Keunikan inilah yang mengundang decak kagum masyarakat dunia untuk datang dan mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia. bahkan beberapa di antaranya sudah di tetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Bali, provinsi seluas 5561 km ini tercatat sebagai wilayah dengan peradaban manusia yang menakjubkan. Hal ini didasarkan pada tradisi dan kebudayaannya yang masih lestari sampai sekarang.

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat wisata berlibur syarat edukasi, Bali indonesia recommended banget untuk dikunjungi. Kenapa? Cari tau jawabannya di bawah ini.

Selain menawarkan keindahan alam yang mempesona, Bali Indonesia juga menyuguhkan sisi lain budaya nusantara. Mulai dari pola hidup masyarakatnya, kearifan lokal hingga harmonisasi kehidupan umat manusia yang belum tentu bisa kamu temui dimanapun selain di Bali.

1] Kehidupan religius di Bali
Sebagian besar masyarakat Bali menganut agama Hindu, dengan 3 kerangka dasar yang meliputi filsafat, upacara, dan tata susila. Tradisi-tradisi unik dan eksklusif masyarakat hindu dapat kamu jumpai pada saat perayaan acara tertentu seperti ngaben, upacara nguyen, dan upacara melasti.
Sisi lain Bali Indonesia yang notabene penganut agama Kindu juga hidup harmonis berdampingan dengan penganut agama lain seperti Islam, Kristen, dan Katolik.

2] Pola kehidupan masyarakat
Bali Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang masih memegang tegun nilai-nilai sosial dan norma. Baik dalam konteks sosial maupun agama. Penduduk bali mengenal sistem subak untuk lahan pertanian mereka. Sedangkan untuk sistem kekerabatan, aturan patrilineal masih sangat dominan.

3] Pola pemukiman
Hal lain yang bisa kamu pelajari dari budaya Bali Indonesia ialah pola pemukimannya yang dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu pemukiman konstentris dan pemukiman menyebar. Pada pola kosentris, desa adat menjadi titik sentral. Sedangkan untuk pola menyebar, desa terbagi-bagi kedalam satu kesatuan wilayah yang lebih kecil yang disebut Banjar.

4] Hasil kesenian
Sebagian besar masyarakat Bali adalah seniman yang mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan karya seni artistik bernilai tinggi. Ukiran, lukisan, dan patung adalah contohnya. Selain itu, kesenian tari seperti tari kecak juga masih terjaga dengan baik. Hampir setiap generasi muda di Bali mempunyai kemampuan untuk menari.

5] Tempat wisata
Di sini kamu bisa mengunjungi pantai-pantai eksotis dengan pasir putih, tempat bersejarah, serta wisata kuliner yang lezat.

Demikian sedikit gambaran mengenai budaya Bali Indonesia yang cocok buat kamu jadikan referensi wisata andalan yang edukatif.

Comments

comments