Bimakuru.com –┬áMemilih usaha pertanian merupakan ide yang bagus dan sangat cocok untuk di jalankan di tanah air kita.Ya, Indonesia dikaruniai kekayaan alam berupa tanah yang subur. Apalagi di daerah pegunungan dan pedesaan, bercocok tanam merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Kamu tergiur untuk mencoba peluang usaha pertanian ini?Berikut adalah beberapa usaha pertanian yang bisa kamu coba :

  1. Menanam rempah-rempah

Rempah-rempah merupakan kebutuhan pokok bagi ibu rumah tangga, tanpa adanya rempah-rempah ibu rumah tangga tidak dapat menghasilkan masakan yang enak-enak.Selain itu peluang usaha pertanian ini sangat diminati oleh negara-negara lain. Mengingat begitu pentingnya rempah-rempah dan juga banyak peminatnya, cobalah untuk menekuni bisnis menguntungkan ini.Banyak sekali rempah-rempah yang dapat dijadikan usaha yaitu bawang merah, jahe, bawang putih, dan sebagainya.Usaha ini juga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas, seperti restoran-restoran mewah.

  1. Fokus pada satu produk pangan

Untuk memulai peluang usaha pertanian, sebaiknya kamu berfokus terlebih dahulu pada satu produk pangan.Ini bertujuan agar usaha kamu bisa berjalan maksimal.Misalnya saja usaha yang akan kamu tekuni adalah bisnis sayuran, tekunilah bisnis tersebut sampai kamu benar-benar mendapatkan sebuah nama dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Memang ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun dengan begitu kamu akan banyak dicari oleh pasar bukan kamu yang mencari pasar. Ide yang bagus bukan?

  1. Bisnis tanaman hias

Tanaman hias memang sedang mengalami penurunan harga akhir-akhir ini. Namun kamu juga harus berpikir kritis kedepan, pasalnya semakin hari zaman semakin modern dan pastinya mereka berlomba-lomba untuk menciptakan hunian yang modern. Untuk dapat mewujudkannyabanyak orang yang memilih tanaman hias sebagai pelengkap hunian mereka.Jadi tidak ada salahnya jika mencoba bisnis ini.

  1. Menjual bibit unggul

Peluang usaha pertanian ini agaknya sedikit sulit jika dijalankan oleh pemula, namun kamu juga jangan berkecil hati.Dengan tekad dan keahlian yang kamu miliki, bisa saja kamu menyaingi perusahaan-perusahaan besar yang telah lama berdiri.Kuncinya adalah tekun, teliti, dan juga kerja keras. Hampir semua kalangan petani memerlukan bibit ini untuk lahan mereka, jadi kamu tidak usah khawatir akan prospek dari usaha ini. Untuk memajukan usaha ini buatlah bibit yang unggul dan gunakanlah strategi pemasaran yang terbaik.

Itulah empat peluang usaha pertanian yang sayang jika tidak dicoba.Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan kamu.

Comments

comments