Hal Unik Piala Dunia 2018

Hal Unik Piala Dunia 2018

Bimakuru.com – Piala Dunia 2018 telah digelar dan pasti membuat penggemar dan pecinta sepak bola terpesona selama beberapa minggu hingga final di Moskow pada 15 Juli. Berikut adalah beberapa Hal Unik Piala Dunia 2018 sejauh ini yang telah terjadi di Rusia.

Pembukaan dan Jari Tengah Robbie Williams – Lebih dari 500 penari lokal, pesenam dan artis bergabung dengan bintang pop Robbie Williams dan soprano Rusia Aida Garifullina di panggung pada upacara pembukaan turnamen. Lebih pendek dari kebanyakan acara seperti itu, layar 15 menit-panjang juga menampilkan pidato dari Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

 

Putin and Stars Hal Unik Piala Dunia 2018

Vladir Putin Di antara para Legenda Sepak Bola – Putin (kedua dari kiri) juga membuat penampilan sebelum pembukaan dengan sejumlah besar sepakbola. Lothar Matthäus (paling kiri), Pele dan Maradona (tengah), Jay Jay Okocha (paling kanan) dan Kanu (kanan belakang) juga hadir. Pembukaan Piala Dunia 2018 dilakukan pada Kamis (14/6) WIB.


Hal Unik Piala Dunia 2018, Sepak Bola dan Politik

Hal Unik Piala Dunia 2018 Rusia Arab Saudi

“El Gasico” Eksportir Gas – Pertandingan pembukaan turnamen tahun ini antara dua eksportir gas terbesar dunia, Arab Saudi dan Rusia, secara ikonik dijuluki “El Gasico” oleh beberapa penggemar. Di sini, Putra Mahkota Mohammad Bin Salman Al Saud berbicara dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin asik menikmati pertandingan.

 

NoBan4Women - Hal Unik Piala Dunia 2018

Pesan Politik #NoBan4Women – Sesaat sebelum pertandingan antara Iran dan Maroko dimulai ada hal menarik. Pemerintah Iran melarang wanita Iran di luar ruangan untuk menonton pertandingan.

Namun di St. Petersburg, mereka yang tidak akan diizinkan memasuki stadion di tanah air mereka, mendapat kesempatan menonton pertandingan secara langsung di Rusia.


Hal Unik Piala Dunia 2018, Rekor dan Fakta Lain

Panama dan Islandia, Dua Debutan di Piala Dunia 2018 – Timnas Islandia akhirnya sukses masuk putaran final Piala Dunia 2018. Empat tahun lalu, tim berjuluk Strakarnir Okkar gagal ke Piala Dunia 2014 setelah kalah dari Kroasia di babak playoff.

Timnas Islandia belakangan merupakan tim Kuda Hitam di Eropa. Pada Piala Eropa 2016 menjadi kali pertama Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan tampil dan melangkah hingga ke babak perempat final kompetisi di Eropa tersebut.

Panama memastikan lolos ke Piala Dunia 2018 usai menempati peringkat ketiga kualifikasi zona CONCACAF pada 10 November 2017. Kontroversi menyelimuti sukses timnas Panama lolos ke Piala Dunia 2018. Pasalnya, pada pertandingan terakhir kualifikasi zona CONCACAF, timnas Panama menang 2-1 atas Kosta Rika lewat ‘gol hantu’ Gabriel Torres.

Menariknya, sejak gelaran Piala Dunia 1930 sampai edisi 1974, Panama tidak pernah sama sekali ikut kualifikasi. Sedangkan pada 1978 hingga 2014, Panama tidak pernah lolos kualifikasi.

Bermain di Lima Piala Dunia – Hal Unik Piala Dunia 2018, rekor bermain di Piala Dunia. Setelah dimainkan sebagai pemain pengganti di menit ke-74 menggantikan Andres Guardado. Rafael Marquez menjadi salah satu pemain yang telah berlaga di lima Piala Dunia berbeda. Prestasi ini juga sejalan dengan kemenangan Timnas Meksiko memukul juara bertahan Jerman dengan skor tipis 1-0.

Selain Rafael Marquez, ada nama lain yang juga berlaga di lima Piala Dunia berbeda. Mereka adalah Antonio Carbajal yang juga dari Meksiko dan Lothar Matthaus dari Jerman.

Pencetak 2 Gol di Laga Pembuka dari Pemain Pengganti – Denis Cheryshev menjadi pemain pertama di Piala Dunia sebagai pencetak dua gol laga pembuka dari banggku cadangan. Masuk di menit ke-24 menggnatikan Alan Dzagoev, pemain bernomor punggung enam ini bermain cemerlang.

Denis Cheryshev berhasil memborong dua dari total lima gol Rusia di laga pembukaan versus Arab Saudi. Masing-masing gol dicetak menit ke-43 dan menit ke-90. Rekor lain di Piala Dunia dapat dilihat di Wikipedia.


Hal Unik Piala Dunia 2018, Perubahan Format di 2026

Peserta menjadi 46 negara – Piala Dunia 2026 akan mengalami sedikit perubahan format kompetisi. Hal tersebut sudah diumumkan oleh FIFA, akan menambah jumlah negara peserta pada Piala Dunia 2026 menjadi 48 negara peserta. Sebelumnya format kompetisi Piala Dunia sudah lama menggunakan format 32 peserta kompetisi.

Comments

comments