Install WordPress di Server Localhost

Install WordPress di Server Localhost

Bimakuru.com – WordPress menjadi salah satu atau bahkan yang paling populer untuk membangun sebuah website atau blog. Saya sendiri sudah mulai mengenal WordPress sejak masih nyambi menjadi Operator Warnet sekitar tahun 2008. Kala itu juga sudah muai mencoba-coba install cms tersebut di server local.

Nah kebetulan, beberapa hari yang lalu adik saya tanya tentang desain website dan saya sarankan untuk coba mengenal wordpress dulu. Juga ternyata di blog ini sepertinya belum pernah membahas cara install wordpress di server localhost. Maka, saya coba berbagi langkah-langkahnya disini.

[1] Siapkan bahan-bahannya

Langkah pertama, silahken unduh aplikasi WampServer dan Wodpress. WampServer ini adalah aplikasi server local untuk diinstal di laptop atau PC anda. Selain WampServer terdapat berbagai aplikasi lain serupa, seperti XAMPP, Mamp Server, dll. Namun beberapa referensi menyebutkan bahwa Wampp lebih ringan dibanding Xampp. Unduh WampServer.

Sedangkan WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System) untuk membangun website atau blog anda. Selain WordPress beberapa CMS populer lainnya adalah Drupal, Joomla, Htmly. Namun, saya lebih memilih WordPress selain karena sudah sejak lama memakain Wp juga karena terdapat banyak pengembang WordPress di Indonesia maupun luar negeri. Maka, banyak referensi dan aplikasi yang dapat dipakai untuk mengembangkan WordPress anda nantinya. Unduh WordPress.

[2] Install WampServer dan WordPress

Lebih dulu anda harus menginstall WampServer di laptop atau PC anda. Berikut ini caranya.

Setelah proses install WampServer berhasil, coba aktifkan aplikasi tersebut di laptop atau PC anda. WampServer dalam posisi aktif jika logo berwarna hijau. Jika WampServer sudah aktif baru anda bisa melakukan proses install Wordpres di Localhost.

Untuk memastikannya, buka browser dan akses url http://localhost. Jika berhasil maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

[3] Install WordPress di Server Localhost

Hasil unduhan WordPress.zip, silahkan di extract terlebih dahulu. Hasilnya adalah sebuah folder bernama “wordpress”. Copy dan paste folder “wordpress” hasil extract tersebut ke C:\wamp64\www. Jika, anda menginstal WampServer 32bit, copy ke folder C:\wamp\www.

Anda dapat me-rename nama folder “wordpress” tadi dengan nama lain sesuai keinginan anda. Biasanya saya mengganti dengan nama proyek yang sedang saya kerjakan. Misalnya, bisa ganti nama dengan bimakuru, cobalagi, nama lain terserah anda. Penamaan tersebut akan memudahkan dalam integrasinya dengan database nanti.

Ok, sebagai contoh saya akan mengganti nama folder tadi dengan nama baru, yaitu “bimakuru”. Lalu cek folder kerja anda di http://localhost bagian bawah. Pada bagian Your Projects jika sudah muncul folder “bimakuru”, maka satu step sudah anda lalui.

[3.1.] Buat database di WampServer

Selanjutnya anda harus menyiapkan database di WampServer yang akan terkoneksi di proyek website/blog anda. Untuk memudahkan nantinya, namai database tersebut dengan nama yang sama dengan folder projek anda tadi. Akses di http://localhost/phpmyadmin/, dengan  username: root dan password: dikosongi saja.

Lalu jika sudah berhasil masuk ke halaman admin phpmyadmin, klik New di sebelah kiri. Akan muncul form Create database di sebelah kanan. Isikan bagian Database name dengan nama sesuai folder projek anda, saya menamainya “bimakuru”. Klik Create.

Jika proses berhasil, maka di sebelah kiri akan muncul database baru bernama “bimakuru”. Sampai proses ini berhasil, anda dapat melanjutkan proses penginstallan wordpress di server localhost.

[3.2.] Install WordPress

Kembali buka browser anda, dan akses http://localhost/<nama folder proyek>, maka untuk kasus saya ini saya harus mengakses http://localhost/bimakuru.

Pilih bahasa. Saya lebih pilih English, karena terjemahan Bahasa Indonesia kandang malah membingungkan. Klik Continue.

Klik Let’s go.

Selanjutnya setting koneksi database. Isikan Database: bimakuru (sesuai nama database tadi di poin 3.1); Username: root; Password: (dikosongkan saja); Database Host: localhost (jangan diubah); Table Prefix: _wp (jangan diubah). Klik Submit.

Klik Run the Installation.

[3.3.] Proses Install WordPress Selesai

Untuk akses tampilan WordPress dapat akses di http://localhost/bimakuru.

Sedangkan untuk masuk ke halaman admin akses di http://localhost/bimakuru/login.

Comments

comments