Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19


Bimakuru.comMenghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19. Di masa pandemi sekarang ini, semua serba dibatasi. Kita dituntut untuk mengurangi pertemuan offline dalam kelompok besar membuat seluruh aktifitas banyak dilakukan secara online.

Termasuk di dalamnya aktifitas pekerjaan, sekolah/perkuliahan dan kegiatan yang mengumpulkan orang. Banyak aktifitas harus dihindari dan terpaksa dilakukan secara online atau daring.

Pandemi koronavirus 2019 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada 2 Maret 2020. Kala itu dua orang WNI terpapar virus dari WNA Jepang. Pada 9 April, pandemi sudah menyebar ke sebagian besar wilayah di Indonesia. Dengan Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan sebagai provinsi paling terpapar.


Menghabiskan waktu di rumah dan sering bersentuhan dengan internet ada baiknya anda juga membuat peluang baru dalam hal pemasukan. Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19 bukanlah hal yang mustahil.

Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19

Apa saja peluang usaha untuk menambah pendapatan dengan memanfaatkan internet dimasa Pandemi Koronavirus 2019 seperti sekarang ini?

Berikut beberapa hal yang dapat anda coba untuk menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet dikeseharian anda saat ini.


Blogging untuk hobi dan menghasilkan pendapatan di Internet

Apapun passion dan hobby anda, cobalah tulis sesuatu secara digital melalui media blog. Jika dulu kita suka bercerita dalam buku harian, sekarang beralih menggunakan media blog sebagai pengganti buu harian.

Anda dapat membangun blog sendiri atau dapat menggunakan penyedia layanan blog gratis, seperti Blogspot, Tumblr, WordPress.org, dll. Namun, tidak semua layanan blog gratis dapat dikustomisasi sehingga dapat menampilkan iklan.

Anda dapat lebih leluasa dan dapat juga menghasilkan pendapatan dengan menulis online di blog. Jika Anda memiliki blog sendiri, Anda dapat: (1) Pasang iklan online melalui Google Adsense atau (2) Penjualan layanan program affiliasi.

Untuk membuat blog anda dapat memilih berbagai layanan Hosting Terbaik Indonesia sesuai kebutuhan anda masing-masing, salah satunya adalah Exabytes Indonesia.

Tentu saja juga dipengaruhi oleh usia blog, aktif update tulisan dan konten serta keunikan konten yang dihasilkan atau diproduksi.

Makin unik konten dan banyak dibaca atau diakses pengguna, tentu pengunjung blog tinggi. Dengan trafik pengunjung yang tinggi dan stabil tentunya dapat dimanfaatkan. Blog tersebut dapat dikonversi menjadi pendapatan online ketika blog sudah dapat memasang iklan. Baik itu iklan online dengan Google Adsense atau yang sejenis lainnya.

Penjualan Produk Affiliate

Masih bagian dari aktifitas Blogging juga menurut saya, model bisnis online ini dikenal sebagai pemasaran afiliasi. Prosesnya adalah sebagai berikut:

Kita mengiklankan atau memasarkan produk orang lain. Jika ada yang membeli rekomendasi dari kita tersebut, maka kita mendapat komisi atas penjualan tersebut. Karena masih bagian dari kegiatan blogging, ada baiknya jika menjalankan program affiliasi ini anda juga perlu memiliki website sendiri agar terlihat profesional.

Maka anda dapat mencari penyedia Domain Murah di internet. Juga selain domein mungkin anda juga membutuhkan Hosting WordPress Terbaik jika ingin membangun sebauh website atau blog dengan CMS WP.

Dalam Produk Affiliasi ini kita hanya membuat konten rekomendasi bagi calon pembeli. Selanjutnya proses transaksi terjadi langsung antara pembei dan penjual, kita sebagai affiliate akan menerima komisi dari proses transaksi yang sudah terjadi. Sehingga kita sebagai affiliate tidak berurusan langsung dengan pembeli.

Kelebihan dari Program Affiliasi ini biasanya adalah Nilai Komisi Tinggi jika dibandingkan dengan komisi iklan per klik (seperti adsense). Jadi, jika dihitung pada kunjungan trafik yang sama, komisi affiliasi lebih tinggi dibanding klik iklan. Dengan jumlah pengunjung yang sama, Anda dapat menghasilkan lebih banyak dengan model afiliasi.

Namun juga ada kelemahan, tidak ada produk mitra affiliasi yang pendapatannya stabil dapat dijamin. Karena kada produk yang banyak terjual tergantung trend dan musim.

Menjual Produk secara Online

Berniaga dengan barang fisik juga dapat anda lakukan secara online. Bila anda memiliki produk yang dapat dipasarkan anda dapat menjualnya secara online dengan menawarkan dan menajang katalog produk anda di internet.

Jika anda memiliki kemampuan blogging sebelumnya, anda tentu akan mudah membuat katalog online produk anda di website atan blog anda. Namun, jangan juga putus asa juga anda belum memiliki kemampuan dalam mengelola website atau blog untuk menampilkan katalog online anda. Anda dapat memanfaatkan pasar online atau marketplace yang sudah ada dan populer saat ini.

Beberapa marketplace populer saat ini seperti tokopedia, shopee, bukalapak, olx, dll. Setiap layanan pasar online tadi memiliki karakteristik masing-masing, baik dari segi konsumen, produk unggulan maupun event promosi dan diskon online mereka.

Menjual Produk dengan sistem Dropshipper

Dropshipping atau Dropshipper ini adalah metode manajemen rantai pasokan di mana pengecer tidak menyimpan atau menyetok barang namun sebaliknya mentransfer pesanan pelanggan dan rincian pengiriman ke produsen, pengecer lain, atau pedagang besar, yang kemudian mengirimkan barang langsung ke pelanggan. Seperti dalam bisnis ritel, sebagian besar pengecer mendapat untung dari perbedaan harga grosir dan eceran.

Sistem dropship ini cocok bagi anda yang belum memiliki produk unggulan sendiri atau produk yang memang anda produksi secara mandiri. Dropship cocok bagi anda yang ingin mencoba belajar dan memulai menjual produk secara kulakan.

Menjual Foto di Microstock

Bagi anda yang hobi foto-foto setiap kali bepergian atau kulineran atau apapun itu mungkin saat ini perlu dicoba untuk menjualnya di microstock. Bagi yang belum tahu apa itu Microstok adalah sebuah portal layanan untuk mempertemukan antara fotografer dengan kliennya.

Daripada koleksi foto anda hanya mangkrak di laptop atau di hardisk eksternal saja, mending dijual di microstock aja. Foto-foto yg idle tersebut bisa dijadikan lebih menghasilkan uang dengan memajangnya/menjualnya di microstock.

Tentu tidak sembarang foto yang diterima, pastinya ada beberapa syarat dan ketentuan teknis foto yang diterima. Dan masing-masing microstok memiliki syarat masing-masing.

Content Creator – Vlogger

YouTube sekarang sedang menjadi salah satu aplikasi sosial media berbagi video yang populer. Bahkan kini dimasa Pandemi Covid-19, dimana job siaran berkurang banyak artis dan public figure yang beralih menjadi vlogger. Banyak orang kini membuat channe youtube probadi dan komunitasnya masing-masing.

Terlebih membuat akun YouTube gratis dan dapat di pasang iklan Google Adsense, membuat YouTube menjadi salah satu pilihan alternative untuk Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19.

Tentu tidak secara langsung begitu akun dibuat langsung dapat dipasangi iklan adsense. Beberapa syarat dan ketentua juga harus dipenuhi agar sebuah akun youtube dapat menampilkan iklan.

Syarat Daftar Adsense YouTube, antara lain: Pertama, akun harus terverifikasi untuk dapat mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 menit. Kedua, total video anda harus sudah mencapai 4000 Jam Tayang. Ketiga, channel anda harus memiliki minimal 1000 Subscriber. Terakhir, sebisa mungkin hindari atau jika perlu hapus saja Hindari Komentar Spam, karena bisa jadi pengajuan akun YouTube AdSense ditolak.

Menjual Pulsa Elektronik dan Paket Data Internet

Banyak aplikasi e-commerce ataupun marketplace yang juga menyediakan fasilitas jual pulsa elektronik dan paket data internet. Tentu ini dapat ada manfaatkan untuk berniaga, karena mungkin belum banyak orang yang memanfaatkannya.

Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak menyediakan menu/fasilitas pembelian pulsa diaplikasi mereka masing-masing. Aplikasi lain seperti OVO, Linkaja dll. juga menyeduakan fitur serupa untuk pembelian pulsa dan paket data internet. Nah, anda dapat memanfaatkan menu dan fitur-fitur tersebut untuk berniaga seperti memiliki counter pulsa semcam itu.

Tidak hanya pulsa dan paket data internet, beberapa e-commerce tadi juga menyediakan fitur pembayaran online. Seperti untuk Tagihan dan Pembayaran Listrik, BPJS, Air PDAM, Asuransi, Pajak dan Donasi ataupun Zakat.

Kesimpulan, Menghasilkan Pendapatan Dengan Internet

Di bagian akhir ini saya ingin mencoba membahas dan merangkum dari bacaan di atas. Tentunya terkait Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19. Pertama, sebaiknya tentukan dulu kemampuan anda sampai di level mana? Itu akan menentukan pilihan teknologi dan jenis kegiatan yang akan diambil atau digunakan.

Kedua, baru selanjutnya menetukan jenis produk apa yang akan diambil untuk mendukung mendapat pendapatan dengan internet ini. Ketiga, jalani dulu aja yang bisa, selebihnya sambil belajar sambil mencoba. Kesimpulan, menindaklanjuti penjelasan atau teori-teori dengan latihan dan praktek langsung adalah kunci untuk menguasai suatu keterampilan.

Satu pemikiran pada “Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19”

Tinggalkan Balasan