Bimakuru.com – Laman situs web Sekretariat Kabinet (Setkab) diretas, halaman tampilan diubah oleh peretas pada 24 Desember lalu. Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet mengatakan bahwa pelaku yang melakukan peretasan terhadap laman utama situs web setkab.go.id diidentifikasi menggunakan IP China.

Menurut Pramono, pelakunya mengguna alamat protokol internet (Internet Protocol Address/IP Address) dari China. “IP-nya sudah diketahui menggunakan IP China. Kalau (identitasnya) sudah lengkap tentunya akan diambil tindakan terhadap orang-orang yang melakukan itu,” kata Pramono, Senin (28/11).

Namun perlu diketahui, catatan IP Address ini dapat dimanipulasi oleh si peretas sebagai upaya mengaburkan alamatnya di dunia maya.

Tim teknologi informasi Setkab telah berkoordinasi terkait peretasan ini kepada divisi media siber Kementerian Politik, Hukum, dan HAM, serta Lembaga Sandi Negara, untuk “mengejar dan memproteksi terhadap hal tersebut.”

Pramono menduga tak ada motif politik di balik penyerangan ini, semuanya didasarkan atas keinginan pribadi si peretas, seperti diberitakan CNN Indonesia. “Sebenarnya kalau dilihat cara mereka, itu ada main-mainnya. Menunjukkan mereka bisa menembus pemerintahan,” lanjut Pramono.

Comments

comments