Bimakuru.com – Jerawat tidak hanya menjadi masalah bagi usia remaja, orang dewasa bahkan kadang di ribetkan dengan urusan menghilangkan jerawat khususnya dia area wajah demi mendapat penampilan yang maksimal.

Dikutip dari Wikipedia, Jerawat adalah sebuah keadaan ketika pori-pori kulit kita tersumbat sehingga mengakibatkan kantung nanah yang meradang. Jerawat sendiri adalah penyakit kulit yang cukup besar kategori jumlah penderitanya.

Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya – Kligmann (peneliti)

Penyebab timbulnya jerawat kemungkinan adalah adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, rasa cemas / stres, depresi ataupun kasus ekstrim lainnya.

Acne vulgaris (atau sebutan populernya: jerawat) adalah penyakit kulit jangka panjang yang terjadi ketika folikel rambut menjadi tersumbat oleh karena sel-sel kulit mati dan minyak dari kulit. Jerawat muncul ditandai dengan daerah komedo, bintik putih, jerawat, dan kulit berminyak, dan dapat mengakibatkan jaringan parut.

Selain perubahan hormonal dan pemicu lainnya yang telah disebut diatas, ternyata peran genetika diduga menjadi penyebab tertinggi pada kasus timbulnya jerawat, mencapai angka perkiraan pada 80%. Selain itu efek dari diet, konsumsi rokok serta kebersiahan kulit atau sinar matahari tampaknya juga menjadi sebab pemicu munculnya jerawat.

Jerawat terutama mempengaruhi kulit dengan lebih banyak kelenjar minyak, termasuk wajah, bagian atas dada, dan punggung. Selama pubertas, pada semua jenis kelamin, jerawat sering disebabkan oleh peningkatan androgen seperti testosteron.

Tips Menghilangkan Jerawat Secara Cepat

Berikut ini beberapa tips dalam menghilangkan jerawat yang timbul di kulit anda.

A I R – Minum air putih secara teratur setiap hari dapat bantu pembuangan racun dari tubuh yang dapat juga membantu dalam mengatasi jerawat.

J E R U K  N I P I S – Campur perasan 1 buah jeruk nipis dengan 1 gelas air putih, minum setiap pagi setelah bangun pagi sebelum sarapan pagi. Campuran ini dapat membuang tumpukan minyak berlebih pada sebum yang menyebabkan jerawat.

Selain itu jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Belah dua jeruk nipis/purut menjadi 2 bagian, lalau gosokan pada bagian wajah yang berjerawat selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal. Wajah akan terlihat lebih bersih dan segar.

A S A M  J A W A – Asam jawa sering digunakan sebagai obat anti alergi juga untuk mengobati eksem dan bisul karena kandungannya yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi juga sebagai antiseptik. Oleh karena itu, asam juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Ambil 10 jari buah asam tua, campurkan buahnya yang sudah di buang bijinya dengan ½ sendok the garam, lalu gosokkan pada wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

B E L I M B I N G  W U L U H – Belimbing wuluh selain sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Campurkan 3 buah belimbing wuluh dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan ½ sendok the belerang, tumbuk hingga halus dan aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat. Gunakan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

L I D A H  B U A Y A – Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mencegah peradangan timbul kembali, serta dapat meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Ambil 1 helai daun kulit buaya, kupas kulitnya, potong jadi 2-3 bagian dan oleskan buahnya pada kulit yang bermasalah, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang optimal.

B A W A N G  P U T I H – Bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiseptik alami sehingga salah satu tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan ini dapat juga dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami. Kupas Bawang putih dan tumbuk hingga halus, ratakan pada wajah yang berjerawat (hati-hati jangan sampai terkena mata), diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 1 kali sehari secara teratur untuk hasil yang optimal.

T O M A T – Buah tomat yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ataupun disajikan sebagai jus baik untuk kesehatan mata karena adanya kandungan vitamin A pada buah tomat. Namun selain vitamin A, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang baik sebagai antioksidan serta memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat. Gosokan buah tomat yang sudah di potong-potong pada wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

M A D U – Madu memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiinflamasi sehinnga cocok digunakan untuk mengurangi radang yang ditimbulkan oleh jerawat. Campurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok teh air jeruk nipis, ratakan pada wajah dan diamkan selama 15 – 20 menit, ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

D I E T / Pola Makan Teratur – Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, zinc, dan selenium dapat membantu keseimbangan tubuh sehingga wajah dapat terhindar dari timbulnya jerawat baru.

Hindari Makanan Penyebab Jerawat – Pola makan yang tidak tepat dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu pola makan yang tepat sangat penting untuk membantu menghilangkan juga mencegah timbulnya jerawat. Hindari makanan yang mengandung garam, cabai, gluten (roti, mie, kue), hindari pula makanan-makanan olahan karena nilai gizinya yang sudah terlalu rendah (seperti nugget, sosis, burger) dan hindari pula susu dan produk turunannya.

Sumber :

hxxps://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat

hxxps://en.wikipedia.org/wiki/Acne_vulgaris

hxxp://www.fakta-all.com/2016/04/10-cara-alami-menghilangkan-jerawat.html

hxxp://www.caramenghilangkanmembuat.com/2015/07/10-cara-menghilangkan-jerawat-secara.html

Comments

comments